Wednesday 16 September 2015

Manfaat olahraga

http://egafarizi.blogspot.com

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan tubuh

 pasti semua udah tahu kan..? semua orang baik tua,muda maupun anak-anak bahwa olahraga menjadi salah satu kebutuhan hidup yang harus dibiasakan agar tubuh tetap sehat dan bugar, karena olah raga sendiri mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.
Dan jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan damapak yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Walaupun banyak manfaat dan dapt dilakukan dengan gratis, masih banyak juga yg tidak melakukanya. salah satunya saya.hhe.. dengan membaca artikel ini tentang manfaat berolahraga dan dampak jika kita tidak berolahraga, mudah_mudahan bisa menjadi motivasi agar kita bisa membiasakan diri meluangkan waktu untuk berolahraga.

kita mulai dari dari manfaatnya, berikut beberapa manfaat berolahraga bagi kesehatan jasmani:

1. Menambah Kebugaran dan Energi Tubuh

Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang utama adalah mampu meningkatkan kebugaran dan energi tubuh kita. Walaupun dilakukan cm 15 menit dalam sehari dan rutin, bisa mengembalikan kebuguran tubuh kita. Tubuh yang bugar akan membuat kita tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. dam bekerja ataupun sekolah kita mampu berkonsentrasi,tidak mudah lelah dan tidak mudah ngantuk.

2. Meningkatkan Imunitas dan kekebalan tubuh

Mens sana in corpore sano {a healthy mind in a healthy body} atau dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, kurang lebihnya sich artinya kayak gitu. Jadi bagi siapa yang tidak pernah berolahraga, penyesalan pasti diakhir. Berolahraga selain meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan-serangan penyakit, jiwa/rohani kita juga pasti sehat tentunya.

3. dapat mempercepat diet anda

Banyak orang yang pengen diet tetapi malas untuk berolahraga, sebenarnya diet yag sehat itu salah satunya dengan berolahraga. Walaupun kita makan dengan porsi yang normal asalkan kita rutin berolahraga pasti badan kita akan terjaga/tidak kegemukan.  ketika kita sedang beristirahat otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh kita. Dengan demikian, walaupun kita diet tanpa berolahraga hasilnya percuma. dan ada juga yang berhasil tetapi perutnya masih gendut. diet dikatakan berhasil jika badan dan perut kita langsing.

4. memperlancar peredaran darah

Berolahraga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh kita, seperti yang kita ketahui jika peredaran darah didalam tubuh kita tdk lancar atau ada penyumbatan-penyembatan tentunya dapat beresiko penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, dan stroke. Penyakit ringan semacam flu juga dapat dicegah karena imunitas tubuh yang meningkat. sedangkan timbunan lemak jahat dalam tubuh kita pun bisa dibakar melalui olahraga, mengingat kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit.

5. menangkal radikal bebas dalam tubuh

Sebelumya apa sich radikal bebas itu?? Radikal bebas adalah suatu molekul yang terpisah dari molekul pasangannya sehingga pemisahan ini menyebabkan molekul ini kehilangan salah satu elektron yang disediakan oleh molekul pasangan bebasnya. Karena setiap elektron harus berpasangan agar nilainya seimbang. Jika terjadi pemisahan, maka molekul radikal menjadi tidak stabil dan biasanya akan mudah sekali bereaksi dengan molekul bebas lainnya dan terbentuklah molekul radikal baru.

Radikal bebas dapat disebabkan oleh metabolisme tubuh kita dan dapat terjadi dalam tubuh kita. Agar lebih paham apa itu radikal bebas berikut Faktor dari luar yang dapat menyebabkan radikal bebas. Radikal bebas dapat terjadi karena disebabkan oleh zat radikal yang terdapat pada makanan{makanan yang mengandung pengawet,pemanis,pewarna dan pengkristal dan dikonsumsi terus menerus} , polusi, asap rokok, penyinaran ultra violet, dan lain \-lain. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh adanya radikal bebas di dalam tubuh kita.

Kebanyakan penyakit tersebut adalah penyakit kronis, yaitu penyakit yang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk berkembang. contohnya seperti, gagal ginjal,jantung,gula dan hipertensi.
Mungkin itu aja yg bisa saya sampaikan tentang manfaat dari berolahraga, Dan selanjutnya kita perlu tahu juga tentang dampak jika kita tidak berolahraga:

Akibat kurang olahraga:

1. Tingkat stres yang tinggi,

seperti yang saya tulis diatas bahwa Mens sana in corpore sano {didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula}. kesimpulanya jika kita rutin berolahraga maka maka badan kita akan sehat, dengan demikian jiwa pun aka mengikuti dalam artian jiwa kita juga akan sehat dan stress pun berkurang.

2. Mengundang Penyakit berbahaya

Kurang berolahraga juga berpotensi mengundang berbagai penyakit berbahaya contohnya stroke dan diabete. Karena seseorang yg tidak pernah olahraga maka lemak jahat akan tertimbun an dapat menyebabkan penyakit tersebut.

3. Mudah capek/lemas

Mudah capek salah satu dampak jika tidak berolahraga, jika temen-temen srg mengalami hal tersebut cobalah untuk melakukan olahraga. Karena jarang berolahraga membuat anda tidak terbiasa pada kondisi capek, sehingga saat anda melakukan aktivitas yang berat anda terasa berat melakukannya.

4. Obesitas {kegemukan}

Kegemukan menjadi salah satu hal yang tidak disukai oleh semua orang. Mungkin itu akibat jarang berolahraga, diet tanpa diimbangi olahraga adalah hal yang kurang efekif. karena dengan berolahraga dapat membakar lemak jahat dan mengeluarkannya melalui keringat.

5. Menurunkan stamina

Langsung aja ya kecontohnya. Mungkin kita kuat berlari dengan jarak 100m, Tapi cobalah berlari dengan jarak 2km. apakah anda sanggup ? Yang harus kita ketahui, jarangnya melakukan aktivitas fisik/berolahraga dapat menurunkan stamina dan kebugaran tubuh kita

5. Susah tidur
Dengan aktifitas yang padat dikeseharian kita pasti ada rasa stres atau kepikiran tentang kerjaan kita, entah itu masalah target kerja atau yang lainya. Hal-hal tersebut yang biasanya membuat kita susah tidur. Maka cobalah untuk berolahraga, karena dengan olahraga kita akan merasa fress dan lelah dan membuat kita mudah untuk tidur.

Cukup sekian artikel tentang manfaat dan dampak jika kita tidak berolahraga, walaupun cuma sederhana mudah-mudahan bisa bermanfaat buat temen-temen semua.


  

No comments:

Post a Comment