Thursday 12 May 2016

Kapan dan berapa lama kenari mabung

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna. {duniakicau.wordpress.com}.

Itulah sedikit gambaran mengenai pentingnya kebutuhan protein ketika kenari mabung, karena disaat kenari mabung memang benar memerlukan protein dengan jumlah yang cukup, oleh karena itu selama burung kenari mabung kita harus memberikan kebutuhan protein supaya proses mabungnya bisa segera tuntas. Karena jika kenari tersebut berlama-lama dimasa mabungnya maka produktifitasnya akan terhenti. Lantas kapan dan berapa lama burung kenari mabung?

Kapan dan berapa lama kenari mabung itu?


Untuk burung kenari proses mabung akan terjadi pertama kali pada usia 4 bulanan, untuk proses mabung yang kedua akan terjadi pada umur kurang lebih 1 tahun, dan setelah itu proses mabung akan terjadi lagi ketika burung kenari berumur kurang lebih 2 tahun atau atau sekitar 7 bulan dari mabung yang kedua, untuk proses mabung yang ke 4 dan seterusnya akan terjadi selang waktu kurang lebih 7 bulan dari mabung sebelumnya.

Berapa lamakah kenari mabung tidak bisa atau tidak ada patokanya, ada yang berlangsung 2 bulan ada yang berlangsung 1,5 bulan, ada yang berlangsung 1 bulan 3 minggu, karena lama tidaknya proses mabung itu berlangsung dikarenakan perawatan disaat kenari mabung, selain perawatan yang baik ketika mabung, pemberian pakan yang cukup akan protein serta gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulunya juga sangat berperan unuk mempercepat proses mabungnya agar segera tuntas.

Baca juga:pakan untuk kenari mabung

No comments:

Post a Comment