Friday 11 September 2015

pengertian sehat




Pengertian sehat menurut para ahli

Jumat 11/oktober 2015, Ini adalah artikel pertamaku diblog baruku bertema tentang kesehatan. Karena mengingat kondisi cuaca yang sering berubah dan dapat mempengaruhi status kesehatan kita, Karena itulah saya memilih blog tentang kesehatan. Seperti kata pepatah, roda selalu berputar adakalanya kita akan sakit dan ada kalanya kita akan sehat. pada saat tubuh tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan lingkungan maka tubuh kita akan sakit, begitu pula sebaliknya.
Ada perbedaan pandangan tentang kapan seharusnya dikatakan sakit dan kapan dikatakan sehat. Untuk itu yuk.. kita simak sama-sma. Pengertian dari sehat mungkin temen-temen pasti udah tau apa itu sehat?

Menurut logika/konsep masyarakat sehat dapat diartikan sebagai: kondisi seseorang yang dapat bekerja atau menjalankan pekerjaannya sehari-hari, dan tidak merasaka sakit di tubuhnya. Pengertian sakit pasti temen temen juga udah tau kan apa itu sakit?
 
Sakit adalah suatu keadaan tidak nyaman yang dirasakan oleh seseorang. misalnya tidak dapat bangkit dari tempat tidurnya dan tidak dapat menjalakan pekerjaan sehari-hari. kalau dalam pembahasan formal atau dari berbagai sudut pandang, sehat dapat diartiakn sebagai berikut:

1. Menurut WHO {world health organizations/organisasi kesehehatan dunia}

kesehatan/sehat adalah: suatu keadaan yang sempurna baik fisik,mental dan sosial, dan tidak hanya terbebas dari penyakit ataupun kelemahan. jdi dpat disimpulkan menurut WHO keempat komponen ini tidak terganggu: *jasmani *rohani{mental} *spiritual *sosial{kesejahteraan sosial}

 2. Sehat menurut Undang-Undang Kesehatan RI No. 23 tahun 1992

Sehat adalah keadaan: sejahtera tubuh, jiwa, sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. maksudnya, orang dikatakan sehat jika tubuh dan keadaan soialny berjalan sebagaimana mestinya.

 3. Sehat menurut parson

Sehat/kesehatan adalah: kemampuan optimal/sepenuhnya dari indiidu/seseorang dalam menjalankan tugasnya secara efektif.

4. Sehat menurut MUI {majelis ulama Indonesia}

MUI mendefinisikan kesehatan/sehat itu sebagai kemampuan/ketahanan jasmaniyah,ruhaniyah,dn soasial yang dimiliki individu sebagai karunia yang diberikan Alloh SWT yang harus disyukuri,dijaga,dipelihara,dan diamalkan sesua dengan tuntunan-Nya. Sekian artikel tentang pengertian kesehatan ini dan semoga dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment