Friday 25 December 2015

Cara menjodohkan kenari dengan cepat

cara menjodohkan kenari


campusternak blog


Cara Menjodohkan Kenari dapt diartikan sebagai proses mengenalkan antara burung ketani jantan dengan burung kenari betina agar melakukan proses perkawinan untuk menurunkan keturunannya. Ketika usaha beternak kenari langkah-langkah yang harus kita ketahui diantaranya adalah cara menjodohkan kenari betina dan jantan.

Meskipun di Indonesia harga burung kenari anjlok dibandingkan tahun-tahun sebelumya namun brung ini masih menjadi primadona oleh para pecinta burung. Atas kepopuleran nya tersebut banyak para pembisinis atau bahkan para pecinta kenari meraup untung dari beternak burung kenari. Jika anda ingin berbisnis kenari maka tata cara dalam penjodohan burung kenari harus anda pahami dengan baik agar proses penjodohan bisa segera terjadi.

lalu bagaimanakah cara mejodohkan kenari dengan cepat tersebut


 Sumber: cara menjodohkan kenari

Cara-cara dibawah ini harus dilakukan dengan sabar tentunya, dan cara-cara ini sudah dilakukan oleh kebanyakan orang dan hasilnya sangat memuaskan. berikut tahap-tahap dalm proses penjodohan:

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mendekatkan sangkar indukan pejantan dengan betina secara rutin, Hal ini  bertujuan agar kedua burung tersebut saling kenal terlebih dahulu.

2. Setelah keduanya saling kenal, jangan terburu-buru untuk segera menyatukan kedua kenari tersebut

3. Masih berbeda sangkar, mandikan kedua kenari tersebut sambil dijemur agar poses pengenalan atau perjodohan burung semakin cepat dan mudah.

4. Selain itu selam proses penjodohan jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan seperti telur puyuh agar kenari tersebut birahi, namun perlu diingat pemberian telur puyuh jangan berlebihan {berikan 1 telur puyuh saja untuk kedua kenari}

5. Jika kenari sudah berjodoh maka akan memberikan tanda-tanda seperti ketika penjantan berkicau panjang dan kenari betina memungkuk sambil menurunkan sayapnya, tanda lain dapat dilihat seperti kedua indukan saling meloloh walaupun dari luar kandang yang terpisah.

6. Jika kedua kenari sudah menunjukan tanda tanda tersebut atau sudah terlihat jodoh segera ambil dan masukan indukan kenari pejantan ke dalam sangkar indukan betina. satukan kedua kenari tersebut di saat pagi dan sore hari.

7. Ketika pertama kali di satukan dalam satu sangkar maka kita harus mengawasinya, karena ditakutkan kedua kenari tersebut saling menyerang, namun jika kedua kenari tersebut tidak saling serang maka biarkanlah dalam satu sangkar agar melakukan perkawinan.

8. Kalau memang sudah berjodoh dan sudah sama sama memasuki masa birahi maka kedua kenari tersebut akan segera kawin.

9. Jika kenari sudah melakukan perkawinan 3-4 kali maka pejantan haruslah segera diambil.

10. Lakukan tahapan tersebut sampai induk betina bertelur 3- 4 butir. Dan jika sudah bertelur 3 -4 butir maka segeralah menjauhkan kenari jantan agar proses pengeraman tidak terganggu.

Itulah tahapan-tahapan cara menjodohkan burung kenari, selain itu kita juga harus mengetahui ciri-ciri kenari siap kawin. Karena apa? Karena jika kita menjodohkan kenari yang belum masuk masa siap kawin maka hasilnya akan sia-sia.

Berikut ini ciri-ciri kenari siap kawin


Jantan

- Sering berkicau terus menerus atau selalu berkicau dengan gaya khasnya yang selalu menari ke kanan dan kekiri sambil menurunkan kedua sayap nya.
- Pejantan akan sering terlihat melompat lompat di dasar kandang atau sangkar dan sering menabrak nabrak jeruji sangkar sambil berbunyi ngerol.
- Burung pejantan yang siap kawin akan mengeluarkan kicauan yang lebih keras dari hari hari biasanya.


Betina

- Dilihat dari fisik di bagian kelamin/dubur burung di terlihat bengkak dan berwarna merah serta basah.
- Sering mengelepek kan kedua sayapnya dan sambil berbunyi kecil ketika burung pejantan berkicau.
- Sering mengangkut kertas ataupun serabut untuk dibawa ditempat bertelur.



Demikian lah tips dan cara menjodohkan kenari yang bisa saya sampaikan kepada anda selaku pembisnis dan pecinta kicauan lain nya, semoga dalam pembahasan kali ini dapat bermanfaat, selamat mencoba semoga berhasil, salam kicau mania.

No comments:

Post a Comment