Sunday 17 January 2016

cara meningkatkan birahi burung kenari

Pada artikel sebelumnya saya telah merangkun tentang cara merawat kenari agar cepat gacor maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tata cara meningkatkan birahi pada burung kenari. Sebagai seorang peternak kenari pastinya kita sering menjumpai atau mengeluhkan tentang hal-hal seperti, kenari sukar dijodohkan, kenari tidak kunjung birahi, telur yang tidak menetas dan lain sebagainya.

Jika kita salah satunya orang yang menjumpai masalah tersebut marilah kita bersama sama membahasnya, namun kali ini yag akan saya bahas mengenai cara meningkatkan birahi pada burung kenari. Mungkin kita sudah membayangkan apa saja yang bisa menjadikan kenari kita cepat birahi dan segera bertelur. Faktor utama yang harus kita cermati untuk membuat burung kenari kita cepat birah adalah, Umur burung kenari, pakan burung kenari dan cara merawat perawatanya.

Cara perawatan untuk meningkatkan birahi pada kenari


1. Selalu bersihkanlah sangkar burung kenari tersebut setiap hari di pagi hari sebelum burung dimandikan dan dijemur

2. Setelah kandang dibersihkan, mandikanlah burung kenari jika cuaca menukung, setelah itu jemurlah burung tersebut kurang lebih 2 jam. penjemuran yang baik itu harus disesuaikan dengan cuacany

3. Disaat penjemuran, berikanlah pakan seperti biasa, biji-bijian dan pakan pendamping yang dipercaya mampu merangsang agar burung kenari segera birahi. Pakan tersebut antara lain

-Telur puyuh rebus

Telur puyuh adalah sumber protein pengganti serangga dialam liar yang dapat kita manfaatkan untuk merangsang agar burung kenari cepat birahi. karna kita tahu sendiri bahwa telur puyuh sendiri mengandung protein yang sangat berkhasiat untuk merangsang birahi pada burung tersebut

- Sayuran

Sayur mengandung banyak sumber vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan burung kenari. Selain sebagai sumber vitamin, ada beberapa sayur dipercaya oleh para peternak sebagai sumber untuk meningkatkan hormon estrogen dan progesteron. Hormon tersebut adalah hormon untuk merangsang birahi pada kenari. Sayur-sayur tersebut adalah sawi hijau, sawi putih, daun ginseng, gambas, jagung manis.

- Buah

Dan yang terakhir adalah buah apel, buah apel sering dipakai oleh peternak disaat mereka menjodohkan burung kenari. Hal itu dikarenakan buah apel banyak mengandung senyawa yang dapat nerangsang birahi pada kenari tersebut..

4. Setelah proses penjemuran selesai segera ambil kenari tersebut dan taruhlah ditempat yang teduh sambil diangin-anginkan.

5. Disaat burung tersebut diangin-anginkan, dekatkanlah sangkar jantan dan betina agar kedua kenari tersebut saling mengenal dan muncul birahinya

6. Lakukan cara-cara diatas hingga kenari tersebut segera kunjung birahi, berjodoh dan bertelur.


Itulah beberapa tips agar kenari cepat birahi yang sudah terbukti dan dipercaya oleh para peternak. Dan yang perlu diingat cara-cara diatas haruslah dilakukan dengan sabar, telaten dan teratur..

No comments:

Post a Comment