Monday 28 September 2015

cara menghilangkan jerawat

Pengertian jerawat,penyebab jerawat,jenis-jenis jerawat,cara mengobati jerawat secara alami.

cara menghilangkan jerawat

Artikel kali ini saya akan membahas tentang masalah jerawat, Yang akan saya mulai dari pengertian penyebab dan diakhiri dengan pengobatan.Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang membengkak. Masalah jerawat merupakam suatu kendala yang cukup besar dalam hal kepercayaan diri seseorang,
apalagi dialami oleh kalangan remaja. Karena memang pada masa-masa remaja/puber perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit meningkat dan menimbulkan jerawat. Ok langsung saja, apa sich penyebab jerawat itu?

Penyebab timbulnya jerawat

- Sebenarnya sampai sekarang belum ada yang tahu pasti tentang penyebab jerawat, tapi para ahli percya bahwa penyebab utama timblnya jerawat adalah kadar hormon androden yang meningkat. Kapan waktu kadar hormon androgen meningkat? kadar hormon androgrn meningkat ketika kita remaja.

- Yang kedua para pakar kesehatan juga menunjukan adanya faktor keturunan yang dapat memicu timbulnya jerawat.

- Penyumbatan pori-pori wajah disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang berlebihan juga diduga penyebab jerawat

- Dan yang terakhir perubahan hormon pada masa kehamilan juga dapat memicu bertambahnya minyak pada wajah yag juga diyakini penyebab jerawat

- Bakteri juga termasuk salah satu pemicu jerawat. ketika kita sedang menelpon contohnya, dari situ bakteri menmpel diwajah kita dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Jenis-jenis jerawat

cara menghilangkan jerawat

1. Jerawat biasa

Jerawat biasa adalah jerawat yang ukurannya kecil kadang orang menyebutnya seperti nasi. Jerawat ini biasanya menyebar atau jumlahnya banyak diarea wajah. hal itu dikarenakan minyak diwajah yang meningkat dan kurang bersih saat cuci muka.





cara menghilangkan jerawat
2. Jerawat batu

Jerawat batu adalah jerawat yang ukurannya besar jika dipegang rasanya sakit dan lama sembuhnya. Jerawat batu ini muncul di kulit wajah dan jika sering dipencet akan menimbulkan bekas di wajah. Inilah yang paling ditakutkan semua orang, terutama wanita. Karena bekasnya yang sulit untuk dihilangkan.

cara menghilangkan jerawat

3. Komedo 

komedo merupakan salah satu dari jenis jerawat, dan disebabkan oleh oleh sel-sel kulit matti dan kelenjar minyak yang berlebih. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam cirinya seperti tonjolan kecil berwarna hitam. Dan komedo putih cirinya seperti pori-pori kulit yang kasar dan jika dipencet keluar putih-putih.

cara menghilangkan jerawat

4. Jerawat juvenil

Biasanya jerawat ini timbul pada masa remaja antara umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormon yang brlebih dalam memproduksi sebum { zat berminyak pada kulit yang terdiri dari lemak dan keratin}

cara menghilangkan jerawat

5. Jerawat rosacea

Jerawat ini biasanya timbul saat berusia 30-50 tahun. Awalnya, jerawat ini akan tampak kemerahan dan lama kelamaan akan  menimbulkan peradangan seperti pada gambar

Bahan dan cara mengobati jerawat secara alami


1. Lidah buaya

Selain sebagai tanaman hias ternyata lidah buaya bermanfaat untuk mengobati jerawat, karena mempunyai kandungan anti bakteri dan menenangkan serta mempunyai sifat anti inflamasi/peradangan.
Caranya cukup mudah, siapkan satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, Lakukan dengan rutin tiap bangun tidur/sebelum tidur. Jika cara ini dilakukan dengan rutin dan sabar, Insya Alloh dalam 3 hari jerawat dapat mongering dan mengelupas.

2. Jeruk nipis/lemon

Jeruk adalah buah yang banyak manfaatnya. bukan hanya buahnya, daunya pun juga bisa untuk bumbu masakan. Selain itu jeruk juga dapat menyembuhkan jerawat, khusus untuk jeruk nipis/lemon.
langsung aja mengenai caranya, siapkan air hangat dan jeruk nipis/lemon. Potong jeruk menjadi dua bagian, lalu peraskan jeruk tersebut ke air hangat yang telah disiapkan tadi. Lakukan cara ini dengan rutin sebelum tidur dan sehabis tidur

3. Mentimun

Mentimun mempunyai kandungan zat aktif seperti antioksidan, mineral, vitamin C, asam amino, dan air sehingga menghilangkan racun-racun dalam kulit. Jika anda seorang yang sibuk dan mempunyai jerawat, mungkin mentimun bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat anda, karena caranya cukup mudah.
Siapkan mentimun dan iris tipis-tipis lalu tempelkan ke area wajah anda yang timbul jerawat, jika dilakukan dengan rutin insya Alloh dalam beberapa hari jerawat anda akan berkurang.

4. Kulit pisang

Tidak disangka-sangka ternyata kulit pisang mempunyai kandungan yang dapat menghilangkan jerawat. kandungan itu antara lain anti oksidan, kalium, lutein, vitamin c, vitamin b kompleks, minyak nabati,serat, serotonin dan air.

Cara penggunaany pun cukup mudah seperti mentimun, siapkan pisang {boleh pisang apa aja} makan buahnya, kemudian kulit pisang tersebut boleh langsung dioles-oleskan pada muka yang terkena jerawat. lakukan secara rutin sebelum tidur dan ulangi pada pagi harinya setelah bangun tidur, tungggu samapai kurang lebih 3o menit kemudian basuh dengan air hangat.

5. Tomat

 Kandungan air dan vitamin C yang sangat tinggi, ternyata mampu menghilangkan jerawat. Caranya sama persis dengan cara-cara diatas.

Jerawat merupakan suatu masalah ringan tetapi bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Dengan rajin membersihkan wajah dan tidak memencet-mencet jerawat tersebut mungkin adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah ataupun menghilangkan jerawat tersebut. Cukup sekian dan semoga artikel ini bermanfaat agar kita selalu ingat untuk melakukan perawatan kulit secara teratur dan terhindar dari jerawat.

No comments:

Post a Comment