Thursday 12 May 2016

pakan apakah yang baik untuk kenari mabung?

Pakan apakah yang baik untuk kenari mabung? Berbicara masalah burung kenari saat mengalami proses/fase mabung banyak hal yang perlu kita perhatikan, mulai dari perawatan mapun pemberian pakanya. Perawatan yang baik serta pemberian pakan yang tepat dapat mempercepat proses mabungnya akan segera tuntas.

Apabila  mabungnya segera tuntas maka proses produksinya pun akan segera dimulai lagi, selain perawatan kenari mabung yang baik seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, pakan kenari disaat mabung juga sangat berperan membantu mempercepat proses mabung yang kenari alami. Berikut adalah daftar daftar makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kenari yang sedang mengalami masa mabung:


Artikel terkait: perawatan kenari mabung yang benar
    BIJI BIJIAN BERKECAMBAH
    Biji bijian yang terlebih dahulu direndam dengan air agar tumbuh kecambahnya.
    BEE POLLEN
    Bee Pollen Salah satu sumber protein yang paling lengkap, Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu. Istilah yang sering digunakan oleh para

peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya
TELUR REBUS
Telur rebus adalah sumber protein yang baik, rebus telur hingga matang lalu berikan setelah kondisi telurnya dingin. hati hati jangan memberikan telur rebus yang masih panas atau hangat.

SAYUR SAYURAN
Sayur sayuran yang diutamakan adalah sayuran yang berwarna hijau gelap karena sayuran yang demikian ini mengandung protein lebih tinggi dari yang selama ini anda pikirkan.
GRIT YANG MENGANDUNG MINERAL
Grit adalah sebuah sumber mineral yang sepenuhnya dicerna dalam lambung burung untuk kebutuhan kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu.

KULIT TIRAM
adalah sumber utama dari kalsium dan yodium
TULANG SOTONG
banyak mengandung kalsium dan mineral
SPIRULINA
tumbuhan mikroganggang yang hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu, merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap bila dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada. (baca informasi mengenai spirulina disini )
BIRDMOLT ( BMT )
BirdMolt/BMT terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk mendorong pelepasan bulu lama dengan cara menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.Produk ini bisa anda dapatkan disini

VITAMIN

Vitamin tambahan untuk mendukung kesehatan ,pertumbuhan dan mengembalikan kondisi burung setelah masa mabung, contohnya BirdVit
Cara lain untuk membantu burung kenari melewati proses mabungnya adalah meberinya latihan dan mandi, dengan menyediakan sangkar yang luas dengan jumlah tangkringan yg berjauhan agar burung bisa terbang dengan leluasa serta Mandi setiap hari juga membantu mendorong bulu bulu tua agar cepat rontok dan mempercepat tumbuhnya akar bulu, akar bulu ini akan menyebarkan minyak ke bulu keseluruhan yang bisa menyehatkan bulu dan sekaligus membuatnya berkilau.

Itulah sedikit informasi singkat mengenai pakan yang baik untuk kenari mabung. semoga bermanfaat..

sumber: www.agrobur.com

baca juga: cara beternak kenari untuk pemula

No comments:

Post a Comment