Monday 21 September 2015

Penyebab ambeien dan cara mengatasinya

http://www.egafarizi.blogspot.com

Ambeyen {wasir} adalah sebuah penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah yang terdapat di bagian bawah poros usus, baik itu didalam maupun di sebelah luar lubang dubur, dimana bibir anus akan mengalami bengkak yang kadang juga disertai dengan pendarahan pada stadium tertentu.
Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa nyaman bagi sipenderita, mau duduk susah berdiri trs juga leleh.
Penderita penyakit ambeien harus memperhatikan makanan yang dimakan. Dilarang/hrs menjauhi makanan dengan citarasa pedas, menjauhi minuman yang mengandung alkohol, serta pantang menyantap makanan yang mengandung banyak lemak.

Karena lemak sendiri dapat mengakibatkan bagian–bagian dinding usus mengendor. Dalam aktifitas keseharian penderita penyakit ambeien juga harus menghindari pekerjaan yang berat seperti mengangka barang yang berat. Dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah -buahan serta sayuran. Selain itu, olah raga ringan seperti jalan-jalan atau senam juga disarankan karena bisa mempercepat proses penyembuhan.

Ambeyen dpat menyerang orang dewasa ataupun anak-anak baik di perkampungan,perkotaan maupun pegunungan. Gejala yang tampak pada penderita ambeyen stadium lanjut ditandai oleh adanya darah yang menetes ketika sedang buang air besar,bisa juga muncul tonjolan dan rasa panas di sekitar dubur setelah buang air besar. Untuk lebih jelasnya berikut ciri-ciri penyakit ambeien:

Ciri/gejala penyakit ambeien

* Merasakan sakit yang luar biasa saat buang air besar
* Kadang terjadi pendarahan saat buang air besar
* Timbul rasa panas di dubur
* Muncul tonjolan / benjolan di sekeliling liang dubur
* Kadang Sulit buang air besar
* Pengen buang air besar terus/Rasa buang air besar tidak tuntas
* Rasa Gatal pada dubur
* Adanya lendir dalam tinja/kotoran

Pola hidup masyarakat jaman sekarang seperti kurang bergerak, makan kurang serat, atau kurang minum air sangat riskan untuk terkena wasir. Lebih baik mencegah daripada mengobati, seperti halnya penyakit ambeyen/wasir, Ada beberapa hal atau kiat yang dapat kia lakukan untuk mencegah penyakit wasir. sebenarnya dapat dicegah. Berikut beberapa kiat yang dapat kita lakukan untuk mencegah sakit wasir:

Cara mengatasi/menghindari ambeien 

1. Hindari terlalu banyak duduk

Banyak orang yang tidak tahu kalau Duduk terlalu lama dapat menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu wasir. jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk seperti kerja kantoran, usahakan menyempatkan berdiri  minimal 2 jam sekali. Dan cobalah melakaukan aktifitas harian jika aktifitas itu dirasa bisa dilakukan dengan berdiri, misalnya menelpon,ngobrol dan lain-lain.

2. biasakan buang air besar dengan teratur

Buang air besar dengan teratur akan mengurangi resiko terkena wasir, hal itu dikarenakan kebiasaan buang air besar dengan teratur dapat mengurangi mengejan. Karena sering-sering mengejan saat buang air besar akan mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di anus (wasir). Kita perlu cukup minum air dan makan makanan berserat seperti agar-agar,buah atau sayur agar bisa buang air besar dengan lancar.

3. Biasakan bergerak

Biasakan bergerak untuk mengurangi resiko terkena wasir. Karena itu, solusinya adalah lebih banyak bergerak. Banyak bergerak disini dapat diartikan aktif, maksutnya tiak cm duduk trs didepan tv/komputer dan hindari penggunaan kendaraan jika dira masih mampu dijangkau jalan kaki. Dan usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit seminggu.

setelah tahu ciri-ciri sakit wasir dan cara pencegahanya, sekarang hal yang perlu kita tahu adalah obatnya. Berikut akan saya paparkan bahan-bahan alami untuk mengobati sakit wasir:

Obat ampuh ambeien tradisional


1. Bawang Putih (eswete)

Ternyata bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa, kandungan yang ada didalamnya sperti kalsium,saltivine,belerang,protein,lemak,fosfor,vitamin a,b1dan c dapat mengobati bebagai macam penyakit salah satunya adalah wasir,  langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan anus/dubur dengan air hangat dan sabun antiseptik.
Kemdian tumbuklah bawang putih samapai halus dan balurkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi pada anus dan sekitarnya, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air saja, lakukan secara rutin insya Alloh akan sembuh.

2. Daun jambu muda

Selain bawang putih, daun jambu biji muda juga mempunyai khasiat yang luar biasa untuk penyembuhan berbagai macam penyakit dan diantaranya wasir. cara pengobatanya pun mudan dan sederhana dengan menumbuk setengah halus daun jambu biji muda ini kemudian dibalurkan pada luka atau daerah sekitar anus terbukti akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko peradangan serta infeksi.
Selain itu daun jambu biji muda dapat langsung dimakan untuk untuk mengobati sembelit, dan sudah terbukti hasilnya yang sangat luar biasa.

3. Daun cocor bebek dan batang bayam duri

Kali ini penyembuhan dari dalam dengan meminum air rebusan kedua bahan alami tersebut. caranya cukup sederhana, ambillah daun cocor bebek atau batang bayam duri dan bersihkan samapai bersih, rebus keduanya sampai airnya berubah warna karna kandungan dari bahan tersebut. Minumlah secara rutin setiap pagi usai bangun tidur sebelum makan dan jangan lupa berdo'a insya Alloh wasir akan segera sembuh.


No comments:

Post a Comment