Monday 21 September 2015

Anemia


http://www.egafarizi.blogspot.com

Obat anemia yang ampuh

Anemia/kurang darah adalah suatu kondisi seseorang di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin berada di bawah normal. Sedangkan hemoglobin berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Untuk ukuran HB {hemoglobin} normal seseorang  tergantung dari usianya.
Sedangkan kadar hemoglobin menggunakan satuan gram/dl. Yang artinya banyaknya hemoglobin pada satuan gram dalam 100 mililiter darah.


Dan berikut nilai normal HB {hemoglobin} seseorang berdasarkan usianya:

    Bayi baru lahir : 17-22 gram/dl
    Umur 1 minggu : 15-20 gram/dl
    Umur 1 bulan : 11-15 gram/dl
    Anak anak : 11-13 gram/dl
    Lelaki dewasa : 14-18 gram/dl
    Perempuan dewasa : 12-16 gram/dl
    Lelaki tua : 12.4-14.9 gram/dl
    Perempuan tua : 11.7-13.8 gram/dl

Akibat dari penyakit anemia sendiri adalah transportasi sel darah merah akan terganggu sehinngga penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen untuk mengahasilkan energi. Beberapa hal yang sering menjadi penyebab anemia adalah; kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat dan gangangguan sunsum tulang. Maka tidak mengeherankan jika merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak nafas dan kelopak mata pucat merupakan gejala-gejala dar anemia. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa ciri/gejala dari anemia:

Gejala penyakit anemia

1. Sering Kelelahan/sering merasa lemas

Perlu diperhatikan jika anda sering merasa lelah selama berminggu-minggu atau lebih, bisa jadi HB {hemoglobin} dalam darah anda rendah. Karena HB sendiri tugasnya mengantar oksigen ke seluruh tubuh dan jika oksigen yg dibutuhkan tubuh kurang maka tubuh akan menjadi lemas.

2. Kelopak Mata Pucat

Salah satu cara untuk mendeteksi penyakit anemia adalah dengan melihat mata. Dengan meregangkan kelopak mata dan melihat bagian bawah mata. Anda akan melihat bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

3. Sering Mual/pengen muntah

Penderita anemia seringkali mengalami gejala mual/pengen muntah setelah mereka bangun dari tempat tidur.

4. Sakit kepala

Penderita anemia sering mengeluh sakit kepala dan biasanya saat duduk dan mau berdiri seperti melihat bintang-bintang. Hal ini dikarenakan otak kekurangan oksigen dan menyebabkan sakit kepala.

5. Ujung Jari Pucat

Bisa dibuktikan dengan menekan ujung jari, maka daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika Anda mengalami anemia, ujung jari tersebut akan menjadi putih atau pucat.

6. Sesak napas

Jumlah darah yang rendah menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini yang membuat penderita anemia sering merasa terengah-engah ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

7. Wajah Pucat

Jika Anda mengalami anemia, wajah Anda akan terlihat pucat dari wajah orang yang sehat, Dan kulitpun akan menjadi putih kekuningan.

8. Rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi gejala anemia. Ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, Anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat.

Penyakit anemia tidak bisa kita ketahui kapan datangnya, tetapi kita dapat mengenalinya melalui gejala yang telah saya terangkan diatas. Anemia sendiri dapat dicegah dan diobati baik dengan pengobatan modern maupun tradisional, sedangkan untuk pencegahanya sendiri dapat dilakukan dengan

* membiasakan makan makanan yang banyak mengandung zat besi yang dapat kita peroleh dari sayuran yang berwarna hijau, daging, ikan, serta kacang-kacangan.
* mengurangi minuman yang mengandung pengawet.
* Banyaklah makan buah-buahan yang mengandung vitamin C karena vitamin C sendiri dapat membantu penyerapan zat besi.

sedangkan untuk anda yang sudah mengalami anemia, berikut akan saya berikan tips mengobati anemia dengan cara alami dan tradisional:

Obat ampuh anemia

1. Telur
protein yang terkandung di dalam telur sangat baik untuk membantu memproduksi sel darah merah dengan mengkonsumsinya secara teratur. Untuk pengobatan siapkan telur ayam jawa dan bawang merah, kemudian rebus rebus telur dan bawang merah tersebut bersamaan selama kurang lebih 20 menit. Selain menambah cita rasa, kulit bawang merah juga bisa menambah protein yang ada dalam telur.

2. Hati ayam

Hati ayam juga ampuh sebagai obat anemia. Cara pengolahananya pun cukup mudah bisa direbus, bs juga dikukus dengan sedikit menambahkan garam. Hindari pengolahan dengan cara di goreng, karena bisa mengurangi kandungan yang ada di hati ayam tersebut.

3. Daun bawang merah

Ternyata daun bawang merah mempunyai khasiat tersendiri untuk mengatasi anemia. Cara pengolahanya pun cukup mudah yaitu rebus daun bawang merah tersebut sampai mendidih, lalu minum air rebusan tadi setiap hari dua kali.

4. Kacang Almond

Kacang-kacangan memang bagus untuk mengatasi anemia. Salah satunya kacang almond. Karena kaya akan zat besi yang baik untuk meningkatkan aliran dalam darah. Dengan demikian aliran pada darah bisa lancar dan anemia bisa sembuh dengan cepat.

5. Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin  akan meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh. Jadi, suhu tubuh akan merasakan nyaman dan gejala anemia bisa teratasi.

Berolahra teratur dan makan makanan yang bergisi serta istirahat yang cukup adalah kunci kesehatan. Sekian artikel dari saya, dan semoga ada manfaatnya.



No comments:

Post a Comment