Friday 16 October 2015

cacar air

cacar air

Penyakit cacar air atau dalam bahasa jawa disebut cangkrangen dan dalam bahasa medis disebut varisela, penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Hampir semua orang pernah mengalaminya dan jika orang dewasa pernah mengalami cacar air, maka orang tersebut akan kebal dan tidak akan tertular lagi.
Cacar air merupakan penyakit yang menyerang kulit dan mudah menular, ketika cacar air menyerang seseorang biasanya diserai dengan demam, rasa gatal dan kondisi tubuh yang lemah setelah itu muncul bintik-bintik merah yang terjadi pada dada, perut, wajah, punggung serta bagian tubuh lainnya, kemudian bintik-bintik merah tersebut akan bergelembung dan berisi air.

cara penyebaran cacar air

1. Cacar air dapat menular melalui cairan dari cacar air tersebut yang menempel ke kulit orang lain.

2. Cacar air dapat menular melalui benda yang terkena cairan cacar air tersebut, kemudian benda tersebut tersentuh oleh orang lain.

3. Yang terakhir, cacar air dapat menular melalui udara. Jika penderita cacar air berdekatan dengan seseorang yang sehat kemudian sipenderita bersin atau batuk, maka virus varicella simplex tersebut dapat menular melaluinya.

Gejala cacar air

1. Gejala/tanda awal seseorang terkena cacar air adalah, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah dan kadag disertai pusing.

2. Setelah beberapa hari maka akan muncul bentol pada kulit, dan biasanya dimulai dari dada, perut, leher, telinga, wajah, dan bagian tubuh lainya.

3. Setelah itu bentol-bentol tersebut berisi cairan dengan dinding tipis dan mudah pecah.

4. Bentol-bentol tersebut terasa gatal dan nyeri, sehingga tak jarang si penderita menggaruknya.

5. Bentol-bentol tersebut akan mengering sekitar 2-3 hari dan meninggalkan bekas.

Karena tidak semua orang yang tertular cacar air dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis, maka perlu diperhatiakan langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat mengalami cacar air.

Tips saat terkena cacar air


1. Langkah yang pertama ketika terkena cacar air adalah segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, seprti diberi obat penurun panas, vitamin untuk daya tahan tubuh, obat atau salep untuk mengurang rasa gatal.

2. Segera bersihkan bentol merah yang pecah tersebut dengan kapas, karna bentol tersebut berdinding tipis maka sangat mudah untuk pecah ketika bergesekan dengan baju.

3. Mandilah secara teratur dengan sabun antisptik, dan bisa juga anda tambahkan obat tradisional untuk cacar air

4. Janagan menggaruk kulit yang gatal dengan keras, karena bentol-bentol yang berisi cairan tersebut dapat pecah.

5. Gunakan lotion yang mengandung fenol atau mentol untuk mengurangi rasa gatal, biasanya setelah diperiksakan kedokter pasti dikasih lotion untuk mengurangi rasa gatal.

6. Gunakan obat tetes mata untuk menghindari mata anda dari infeksi cacar air.

7. Banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan misalnya jeruk, apel, pear, jambu biji dll.

8. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan/buah yang banyak mengandung vitamin C, dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

semoga sedikit artikel tentang gejala cacar air ini dapat bermanfaat.
obat cacar air

1 comment:

  1. cacar air memang salah satu penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun penyakit ini tergolong penyakit yang cukup mengerikan.. karena jika kita terkena cacar air tentunya rasa kepercayaan diri kita akan hilang...
    addeliya

    ReplyDelete