Monday 19 October 2015

penyebab diare

Penyakit diare - pengertian diare - gejala diare - penyebab diare dan pencegahan diare


wikipedia.org

Penyakit diare adalah sebuah penyakit dimana sipenderita akan mengalami rasa mules pada perut / rasa buang air besar terus menerus dengan tinja yang encer dan masih memiliki kandungan air yang berlebihan. Pada orang dewasa normal buang air besar sebanyak satu atau dua kali dalam sehari,
sedangkan orang dewasa dikatakan diare jika dalam sehari buang air besar lebih sering atau lebih dari tiga kali. Sedangkan pada anak bayi dalam sehari buang air besar bisa lebih dari 3 kali, lebih sering bila dibandingkan dengan orang dewasa.
Menurut para pakar kesehatan frekuensi normal buang air Besar pada bayi sebagai berikut:

Usia 0 – 6 bulan (ASI): biasanya sehari 1-7 kali atau bahkan hanya 1-2 hari sekali. {normal}
Usia 0 – 6 bulan (non-ASI): biasanya sehari 3-4 kali atau sampai hanya 1-2 hari sekali. {normal}
Usia di atas 6 bulan - 4 tahun : Biasanya 3-4 kali sehari atau 2 hari sekali. {normal}

Diatas adalah frekuensi normal buang air besar pada bayi, jadi jika sang bayi buang air besar berbeda dari rentan waktu diatas anda perlu memeriksakan ke dokter / ahli medis lainya. Karena diare jika tidak ditangani dengan segera entah itu pada bayi ataupun orang dewasa bisa berdampak fatal pada penderita.
Jenis-jenis diare
1. Diare akut
Diare akut adalah diare yang dialami seseoraang kurang yang biasanya berlangsung kurang lebih 14 hari, sehingga penderita sering mengalami dehidarasi. Dehidrasi inilah yang menjadi penyebab kematian bagi penderita diare.

2. Diare desentri
Diare desentri adalah diare yang pada umumnya tinja yang dikeluarkan disertai dengan darah. Akibat yang ditimbulkan dari diare ini adalah penderita akan mengalami penurunan berat badan dengan cepat.

3. Diare persisten
Diare persisten adalah diare yang berlangsung lebih dari 14 hari. Akibat dari diare ini penderita akan mengalami gangguan metabolisme tubuhnya dan mengalami penurunan berat badan dengan cepat

Gejala diare
Gejala diare perlu anda ketahui agar supaya tidak terlambat untuk mengobatinya, berikut gejala diare yang umum dirasakan kebanyakan orang
1. sakit perut
2. bung air besar terus menerus
3. nafsu makan berkurang
4. tinja/fases encer
5. perut sering berbunyi ketika merasakan sakit perut/mules
6. badan lemas
7. perut kembung

Penyebab diare pada anak dan orang dewasa

pada umumnya diare pada anak ataupun orang ewasa adalah infeksi usus. Sedangkan infeksi usus sendiri terjadi karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi virus ataupun bakteri. Sebagai contoh makanan kadaluarsa, makanan basi dan terlalu banyak makan makanan yang pedas juga menjadi salah satu penyebabnya.
Diare juga bisa timbul akibat faktor-faktor berikut ini:

1. Efek samping obat-obatan tertentu.
2. Gelisah yang berlebihan atau kebanyakan pikiran juga dapat memicu timbulnya diare.
3. Mengkonsumsi alkohol dan kopi yang berlebihan juga dapat menmbulkan diare.

Pencegahan diare

Setelah mengetahui pengertian, jenis-jenis dan penyebab diare diatas, maka kita juga perlu mengetahui cara-cara mencegah penyakit diare tersebut.

1. Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan merupakan kunci utama agar tidak terkena diare, dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama air misalnya. Karena dalam keseharian berumah tangga pasti tidak akan jauh dari air, misalnya mandi, untuk memasak, cuci muka dan lain sebgainya.

2. Olahraga
Dengan rajin berolahraga maka tubuh kita akan selalu sehat, sedangkan virus {virus penyebab diare} biasanya menyerang ketika seseorang sedang dalam kondisi tubuh yang tidak fit.

3. Hindari makan pedas berlebihan
Mungkin semua orang sudah tau bahwa terlalu makan makanan pedas bisa menyebabkan diare, selain makanan pedas, makanan asam dan bersantan jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan diare.

4. Hindari makanan basi/kadaluarsa
Jangan cocba-coba makan makanan yang basi/kadaluarsa, karena makanan tersebut sudah tercemar oleh bakteri yang bisa menyebabkan diare.

5. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan
Tangan adalah salah satu bagian tubuh kita yang berpotensi besar dalam membawa/menularkan penyakit. Dalam keseharian entah apa yang kita sentuh pasti terdapat bakteri-bakteri jahat yang dapat menularkan penyakit. Maka pentingnya cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan itu untuk membunuh kuman yang menempel ditangan kita.

Sekian artikel singkat tetang pengertian diare, penyebab, dan pencegahanya, sedangkan untuk pengobatan/obat diare dapat anda baca disini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment