Tuesday 20 October 2015

Obat diare alami

Obat diare - makanan untuk kesehatan pencernaan

obat diare alami

 

Pengobatan diare dan obat alami untuk diare
Seperti yang telah saya tuliskan diartikel sebelumnya mengenai gejala diare, penyebab diare dan  pencegahan diare , untuk itu diartikel kali ini akan saya ulas mengenai obat alami untuk diare.
Kebanyakan orang mengalami diare karena disebabkan oleh konsumsi makanan pedas yang berlebihan.
Untuk mengobatinya anda bisa membeli obat diapotek ataupun menggunakan bahan-bahan tradisional. Dibawah ini akan saya jelaskan bahan-bahan alami untuk mempercepat penyembuhan diare, kenapa saya hanya menjelaskan bahan-bahan alami saja, jawabanya adalah karena bahan-bahan alami jika dikonsumsi itu aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Bahan-bahan alami untuk diare


1. Daun jambu biji muda.
obat diare alami

Sebelum lanjut mengenai cara mengkonsumsinya, Tak ada salahnya kita mengetahui kandungan apa saja ya terdapat pada daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki kandungan asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tannin. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk meringankan/menyembuhkan sariawan, penurun kolestrol, sering buang air kecil, perut kembung dan yang paling umum diketahui kebanyakan orang adalah sebagi obat diare.
Untuk cara mengkonsumsinya, anda bisa memakanya langsung dengan dicampur sedikit garam, bisa juga diseduh seperti halnya ketika anda membuat/menyeduh teh. Untuk cara pengolahanya sebetulnya sama saja, tidak mengurangi khasiat daun tersebut, yang harus digaris bawahi adalah rutinitas/teratur dalam mengkonsumsinya.

2. Buah salak.

Mengkonsumsi buah salak yang masih terdapat kulit arinya berguna untuk melancarkan pencernaan, karena kulit ari pada buah salak tersebut mengandung serat yang sangat tinggi. Beda halnya dengan mengkonsumsi buah salak yang sudah dibersihkan kulit arinya, karena dapat menyembuhkan diare. Dengan kandungan zat tanin yang jumlahnya setara dengan yang terkandung pada daun jambu biji membuat buah ini bermanfaat untuk menyembuhkan diare.
Jadi sebelum mengkonsumsi buah salak, ingatlah selalu untuk membuang kulit arinya jika anda bermaksud untuk menjadikanya sebagai obat diare alami.

3. Kunyit.

Kunyit atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan kunir, mempunyai kandungan kurkuminoid, minyak atsiri, Lemak, Karbohidrat, Protein, garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium. Yang bermanfaat sebagai obat keputihan, telat haid {datang bulan}, radang amandel, bahan untuk kecantikan dan sebagai obat diare. Selain manfaat dari kandungan-kandungan tersebut, kunyit juga mempunyai efek samping yang perlu diperhatikan terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Efek samping yang ditimbukan tersebut adalah stimulan rahim/dapat mendorongaliran menstruasi dan dapat memicu pendarahan, maka dari itu pengambilan dosis yang tidak berlebihan sangat disarankan untuk meghindari efe samping tersebut.
Sedangkan cara pengolahanya cukup mudah, bisa diparut ataupun dijus dengan dicampur madu atu bisa juga dicampur dengan gula jawa.

4. Daun singkong.

Daun singkong mempunyai berbagai macam kandungan antara lain vitamin seperti vitamin A, Vitamin B 17 dan Vitamin C, kalsium seperti fosfor, protein, lemak, zat besi dan hidrat arang. Dengan kandungan yang dimiliki daun singkong tersebut, ternayata salah satunya bermanfaat dalam meredakan diare.
Cara pengolahanya cukup mudah, anda tinggal memasaknya saja.

5. Daun sirsak dan kulit manggis.

Siapa sich yang tidak mengenal manfaat dari kedua bahan tersebut, karena manfaat dan kandunganya yang sangat banyak akan saya bahas dilain kesempatan. Dan salah satunya sebagai obat  meredakan diare.
Cara pengolahanya, siapkan kedua bahan tersebut secukupnya saja, lalu tambahkan air sedikit dan direbus hingga mendidih, setelah dingin minumlah secara teratur sampai diare anda sembuh.

Selian obat alami diatas anda juga dapat mengkonsumsi makanan sebagai berikut untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah timbulnya diare:
1. Yogurt
2. Pisang
3. Apel
4. kentang
5. Air putih

Kelima bahan diatas memiliki kandungan antiseptik/bakteri yang dapat menyehatkan pencernaan kita. Dengan menjaga kebersihan dan makan-makanan yang bergisi seperti yang telas saya tulis diaatas dapat memperkecil timbulnya diare.
Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment