Tuesday 10 November 2015

Ciri anak cacingan

ciri anak cacingan
gambar hanya ilustrasi


Cacingan adalah salah satu penyakit yang bisa dibilang berbahaya, dikarenakan kita tidak bisa melihat langsung cacing tersebut. Dan bisa juga dibilang vampir didalam tubuh, karena menyerap/memakan nutrisi makanan-makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.
Sehingga tubuh menyebabkan tubuh kurus, lemah, dan lesu. Cacingan bisa menyerang siapa saja, entah itu orang dewasa, anak-anak, wanita ataupun laki-laki, akan tetapi cacingan sering kali dialami oleh anak-anak. Ada beberapa penyebab seseorang terkena cacingan yang perlu anda ketahui agar bisa mencegahnya.

Penyebab cacingan


1. Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan adalah faktor utama untuk terwujudnya suatu kesehatan. Maka tak heran mengapa cacingan sring dialami oleh anak-anak, karena pada masa anak-anak yang mereka pikirkan hanyalah bermain dan bermain maka dari itu orang tua sangat berperan untuk menjaga kebersihan sang anak agar tidak terkenana cacingan.

2. lingkungan yang tidak bersih/kotor

Kenapa lingkungan yang kotor bisa menyebabkan cacingan? Hal itu dikarenakan bakteri/kuman/larva cacing suka ditempat yang kotor, sedangkan anak-anak jika bermain tidak meghiraukan berbagai tempat. Dan sering kali sebelum makan mereka jarang mencuci tangan, oleh karena itu larva penyebab cacing itu masuk melalui makanan yang mereka makan.

3. Makanan

Makanan juga menjadi salah satu penyebab cacingan, makanan yang tidak sehat atau kurang higienis bisa dihinggapi oleh berbagai macam bakteri/jamur. Dan apabila makanan yang tertempel bakteri/larwa tersebut dimakan maka sesampai diperut lama-kelamaan akan menetas/berubah menjadi cacing.

4. Minum air mentah

Apa gunanya kita memasak air samapai mendidih sebelum kita minum?? Mungkin semua sudah mengetahui jawabanya, ya air mentah memang mengandung berbagai macam bakteri atau larva yang apanila terminum dapat menyebabkan cacing pada tubuh.

Itulah 4 penyebab cacingan yang perlu anda ketahui. Cacing yang sering hidup pada tubuh seseorang ada 4 macam antara lain: cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang. Keempat jenis cacing tersebut juga mempunyai ciri atau gejala yang berbeda-beda.

Ciri dan gejala cacingan

1. Cacing Kremi

Cacing kremi sering dialami oleh kebanyakan anaka kecil, bahkan saya sendiri semasa kecil dahulu pernah mengalaminya. Ciri umum yang ditimbulkan oleh cacing jenis ini adalah perut mulas dan tidak bisa tidur karena rasa gatal pada anus. Dan jenis cacing ini dapat menular yang disebabkan oleh anak itu juga, ketika anus anak tersebut gatas lalu sang anak menggaruknya, tanpa sadar telurnya ikut terbawa di jari-jari mereka dan bersentuhan dengan temanya, lalu temanya makan dan bakteri/telur tersebut ikut tertelan memalaui makanan tersebut.

2. Cacing pita

Cacing pita merupakan parasit didalam tubuh yang berbahaya, penularan cacing ini biasanya terjadi karena makan makanan yang terkontaminasi oleh larva/telur cacing pita tersebut. Cacing pita bisa berkembang dimana saja, tidak hanya diusus, bisa juga berkembang di otot, atau bagian organ lainya. Ciri atau gejala cacing pita adalaha sebagai berikut:

-gatal pada anus
-mual
-pusing
-nafsu makan yang meningkat
-selalu merasa lapar
-diare
-badan lemas, letih, pegal-pegal
-berat badan menurun

3. Cacing Gelang

Cacing gelang mempunyai ukuran yang bisa dibilang cukup besar, karena ukuranya mendekati ukuran cacing tanah pada umumnya. Cacing jenis ini biasa hidup di usus besar dan usus kecil, dan tidak menunjukkan gejala yang khas seperti halnya cacing kremi yang memiliki gejala yang khas yaitu gatal pada area anus. Akan tetapi ada ciri/gejala umum yang bisa diketahui, antara lain sebagai berikut:

-Nyeri pada perut
-Mual-mual hingga Muntah
-Diare
-Kadang disertai Batuk kering
-Berat badan menurun
-Terdapat cacing pada muntahan atau tinja

4. Cacing Tambang

Gejala umum cacing tambang antara lain:

-Anemia
-Nyeri diperut
-Demam disertai batuk dan bunyi {mengi}
-Ruam yang menonjol dan terasa gatal pada bagian masuknya larva

Dan perlu anda ingat cacing tambang bisa masuk lewat kulit yang tidak beralaskan kaki kemudian masuk ke sirkulasi darah dan ikut terbawa ke dalam paru-paru dan tenggorokan. Oleh karena itu gejala batuk serta mengi sering dialami oleh seseorang yang terkena cacing tambang tersebut.

Itulah ciri-ciri atau gejala cacingan di atas sebaiknya anda ingat-ingat, khususnya bagi para Ibu yang mempunyai anak kecil, karena anak kecil yag mereka pikirkan hanyalah bermain tanpa memperdulikan kebersihan badanya, oleh karena itu sangat rentan oleh serangan cacing tersebut. Dan apabila gejala seperti yang telah saya uraikan diatas terjadi, maka segeralah hubungi dokter.

No comments:

Post a Comment