Wednesday 11 November 2015

gejala campak

gejala campak
ruam kulit {campak}


Campak dalam bahasa medis disebut dengan rubeola/measles. Hampir semua orang mengenalinya hal itu dikarenakan setiap bayi pasti diberi imunisasi campak. Penyakit ini disebabkan oleh virus,  dan disertai demam, batuk, dan ruam pada kulit penderita.


Campak dalam bahasa jawa sering disebut dengan gabaken, penyakit ini sering menyerang pada anak-anak dan balita. Seperti halnya cacar air, campak merupakan penyakit kulit yang apabila penderita sudah pernah terinfeksi, maka seumur hidup kebal terhadap virus ini.

Perlu anda ketahui bahwa campak bisa menjadi penyakit yang berbahaya bila terinveksi oleh anak-anak dibawah usia 5th. Hal itu dikarenakan masa inkubasi yang lama serta rasa sakit seperti demam tinggi, mata merah, serta diare yang ditimbulkan penyakit ini bisa menyiksa sang anak jika tidak diberi pertolongan dengan baik.

Ciri/gejala penyakit campak yang sering terjadi


1. Masa inkubasi selama 7-14 hari
2. Mata merah dan peka/sensitif terhadap cahaya.
3. Sakit tenggorokan, batuk kering dan hidung beringus.
4. Lemas dan letih.
5. Demam tinggi hingga bisa mencapai 39 cc
6. Muncul bercak merah/ruam pada kulit berwarna merah kecil-kecil diseluruh tubuh.
7. Tidak bersemangat dan kehilangan selera makan.
8. Diare atau/dan muntah-muntah.
9. Bercak kecil berwarna putih keabu-abuan ditengahnya, yang ditemukan pada mulut.

Gejala penyakit campak diatas akan muncul kurang lebih 1 sampai 2 minggu setelah terinfeksi virus. Dan masa inkubasinya kurang lebih 14 hari, setelah 14 hari gejala-gejala diatas akan hilang dan bintik-bintik merah pada kulit juga memudar.

Dan seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya walaupun jarang terjadi. Komplikasi tersebut bisa terjadi pada orang yang memiliki kondisi kekebalan tubuh yang lemah dan anak-anak dengan gizi yang buruk.

Komplikasi campak yang bisa terjadi


1. Demam yang dapat mengakibatkan kejang-kejang.
2. Infeksi mata dan telinga.
3. Radang tenggorokan.
4. pneumonia dan bronkitis / infeksi pada saluran pernafasan.
5. Ganggunan pada kehamilan {keguguran/bayi lahir prematur}

Itulah penjelasan mengenai gejala campak dan komplikasi campak yang bisa terjadi, Oleh karna itu pengetahuan campak sangat perlu kita ketahui {terutama para ibu} agar bisa dengan segera melakukan pencegahan atau pengobatan campak dengan seksama.

No comments:

Post a Comment