Saturday 7 November 2015

Penghitam rambut alami

Cara alami menghitamkan rambut yang biasa dipakai oleh nenek moyang kita dahulu adalah bahan-bahan tradisional yang mudah didapat dan tentunya memberikan hasil yang memuaskan. Pada  dasarnya warna rambut seseorang diAsia tenggara khususnya indonesia adalah hitam.


Pada dasarnya juga warna rambut sseorang itu berdasarkan faktor genetik, sebagai contoh orang indonesia ras warna rambutnya hitam, negara diasia timur berwana pirang, dan eropa ada yang pirang, hitam, ada juga yang putih. Namun diartikel kali ini akan membahas mengenai cara menghitamkan rambut kusam, atau berwarna kecoklatan dikarenakan terik matahari atau kurang perawatan.

Karna tidak mungkin kita menghitamkan rambut yang putih/pirang yang dikarenakan faktor genetik.Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghitamkan rambut, bisa menggunakan cara modern, bisa juga dengan penghitam rambut alami.

Kebanyakan orang indonesia lebih memilih menhitamkan rambut dengan bahan alami, Hal itu dikarenakan bahan alami tidak menimbulkan efek samping yang bisa merusakkan rambut, selain itu harganya lebih murah dan mudah didapat.

Bahan-bahan penghitam rambut alami


1. Merang padi

Tahukah anda tentang khasiat merang padi untuk rambut anda?? Ya merang padi sangat berkhasiat dalam menghitamkan rambut. Hal itu telah dibuktikan oleh putri-putri kraton dahulu, mereka {para putri} mejadikan merang sebagai shampo untuk menghitamkan rambut. Tidak hanya itu, merang juga bermanfaat untuk menghaluskan rambut serta menghilangkan ketombe.
Cara pembutan untuk dijadika shampo sebagai berikut:
-Ambil merang padi secukupnya, taruh dibejana yang terbuat dari tanah liat, kemudian hanguskan merang sampai menjadi abu dengan cara dibakar
-Setelah itu tuangkan air kedalam merang yang sudah dibakar tadi
-Diamkan merang yang sudah dicampur dengan air tadi kurang lebih satu hari satu malam
-Setelah itu, ambil air yang bersih dan gunakan sebagai shampo

2. Urang-aring

Sebagaian orang mungkin kebingungan dalam mencari tanaman urang aring, meskipun tanaman tersebut mudah dan banyak ditemui diarea persawahan. Bagi yang masih belum paham maka lihatlah dibawah ini.
Penghitam rambut alami


ciri, tinggi rata-rata skitar 10cm, paling tinggi bisa mencapai setengah meter, bercabang-cabang dengan ranting berwarna keunguan, bunga berbentuk cakram dan berwarna putih.
Urang aring memang memiliki zat pewarna hitam alami, oleh karna itu banyak produk shampo yang menggunakan urang aring sebagai bahan utamanya. Dan jika anda ingin mencoba langsung menggunakan urang aring tersebut berikut caranya:
Ambil daun beserta tangkai urang aring secukupnya, tumbuk/remas remas urang aring tersebut, Taruh didalam bejana/mangkok dan campur dengan air bersih secukupnya, setelah itu aduk-aduk dan diamkan beberapa saat, setelah beberapa saat bisa anda gunakan untuk rambut, setelah menggunakan bahan tersebut jangan langsung membilasnya, diamkan beberapa saat.

3. Seledri

Seledri juga dipercaya berkhasiat dalam menghitamkan rambut, kandungan yang dimilikinya antara lain protein, lemak, kalsium, zat besi, serta vitamin A, B, dan juga vitamin C. Selain dianggap menghitamkan rambut, seledri juga berkhasiat menguatkan rambut.
Cra penggunaanya: Anda bisa menumbuk/meremas-remas seledri secukupnya, kemudian campur dengan sedikit air. Lalu dioleskan pada kulit kepala secara teratur untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut anda.

4. Lidah buaya

Seperti pada artikel sebelumnya tentang manfaat lidah buaya untuk menebalkan/melebatkan rambut, ternyata tidak hanya itu khasiat dari lidah buaya, banyak khasiat dan diantara sebagai penghitam rambut.
untuk cara penggunaanya cukup mudah, anda tinggal mengoleskan lendir lidah buaya tersebut sebelum kramas. Lakukan secara rutin, dalam beberapa hari kemudian pasti akan kelihatan hasilnya.

Bahan-bahan diatas adalah bahan tradisional yang mudah didapat, penggunaan secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal. cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.A

No comments:

Post a Comment