Tuesday 29 September 2015

Penyebab sakit kepala


penyebab sakit kepala

Penyebab sakit kepala yang sering terjadi


A. Penegertian Sakit Kepala

Sakit kepala dapat diartikan dengan rasa sakit yang muncul diarea kepala. jenis, sebab dan cara/obatnya pun berbeda-beda. Jadi sebelum memilih obat yang akan anda makan, sebaiknya anda pastikan dahulu jenis sakit kepala apa yang anda rasakan. Berikut jenis sakit kepala yang perlu anda ketahui: sakit kepala biasa
, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala cluster, sakit kepala vertigo dsb.  Diantara sakit kepala tersebut penyebabnya pun berbeda-beda, berikut adalah sebab-sebab sakit kepala yang dialami seseorang:

B. Penyebab sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai hal, Dan berikut adalah hal-hal yang umum penyebab sakit kepala, karna  stres/terlalu banyak beban pikiran, karna cuaca misalnya suhu udara yang terlalu panas, kurang tidur, telat makan, kurang minum/dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala. Namun ada juga hal-hal lain penyebab sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain.

C. Obat sakit kepala

Bagi anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin anda dapat melakukan tips untuk mengurangi dan menyebuhkan sakit kepala tersebut. berikut ini :

1. Dengan minum air putih

8 - 10 gelas setiap hari, itulah takaran kebutuhan cairan didalam tubuh kita. Bisa diartikan bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah karena kekurangan cairan pada tubuh/dehidrasi. Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, cobalah untuk segera minum air putih.

2. Mengatasi sakit kepala dengan minum kopi

Dalam hal apapun berlebihan itu dampaknya negatif untuk kita, slah satunya minum kopi yang berlebihan dapat bisa berdampak buruk untuk kesehatan kita. Tetapi bila diminum sewajarnya ternyata bisa meringankan atau bahkan menghilangkan sakit kepala.
Karena caffein didalam kopi mempunyai manfaat yang positif jika dikonsumsi tidak berlebihan. Untuk itu bagi anda yang sedang merasakan sakit kepala cobalah minum kopi dengan sedikit gula 1 atau 2 gelas .

3. Mengatasi sakit kepala dengan tidur

Tidur normal balita sekitar 8 - 12 jam setiap harinya, sedangkan untuk orang dewasa sekitar 6 - 8 jam. Sudah selayaknya atau sudah menjadi kebutuhan kita menyempatkan diri untuk istirat/tidur. Karena tubuh kita bukanlah mesin/robot yang didesain mampu untuk beraktifitas selama 24jam. Tidurlah sejenak jika anda merasakan sakit kepala, karna bisa jadi sakit kepala anda dikarenakan kurang istirahat/tidur.

4. Mengatasi sakit kepala dengan es batu

Tahukan anda bahwa es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya  cukup mudah, cukup mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Rasa dingin pada es batu itulah yang bisa membuat nyaman dan mengurangi rasa sakit kepala.

5. Mengatasi sakit kepala dengan memijat bagian yang sakit

Ternyata pemijatan di area yang sakit dapat mengurangi bahkan menyembuhkan sakit kepala tersebut. Selain diarea yag sakit pemijatan juga perlu dilakukan di dahi, tulang rahang, area sekitar mata dan belakang leher. Lakukan pemijatan ini sekitar 15 menit agar saraf yang tegang bisa kembali normal dan sakit kepalapun berkurang bahkan bisa sembuh.

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint

Nah, kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perutmenjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

7. Mengatasi sakit kepala dengan mengkonsumsi ikan

Selain rasanya enak ternyata ikan juga dapat membantu meredakan sakit kepala terutama ikan yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial karena berguna untuk mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain, contohnya ikan tuna dan salmon. Jadi jika anda sedang merasakan sakit kepala dan ingin makan yang enak, mungkin ikan tersebut bisa menjadi solusinya.

8. Mengobati sakit kepala dengan daun alpukat

Bagi anda yang sedang mengalami sakit kepala berkepanjangan, daun alpukat adalah solusinya. cara pembuatanya pun cukup mudah, siapkan daun alpukat, cuci bersih, seduh daun tersebut dalam 1 gelas air panas. setelah dingin minum air tersebut 1 kali sehari sebanayk 1 gelas.

9. Mengatasi sakit kepala dengan makan pisang

Buah ini ternyata memiliki kandungan magnesium yang dapat meredakan sakit kepala migrain. jadi jika anda mengalami sakit kepala migrain, buah pisang adalah solusinya, selain mudah didapat dan tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan.

Itulah informasi seputar kesehatan mengenai sakit kepala.  Mudah-mudahan informasi seputar kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan temen-temen sekalian. Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment