Wednesday 30 September 2015

Penyebab sakit gigi

Pengetian sakit gigi, Penyebab sakit gigi.



penyebab sakit gigi

Sakit gigi dapat diartikan sebagai rasa sakit / nyeri yang dirasakan digigi. Mungkin semua orang pernah mengalaminya, karena sakit gigi biasanya terjadi dan seringkali muncul tanpa gejala sebelumnya. Ketika kita mengalaminya cobalah untuk bersabar, karena efek yang ditimbulkanya membuat kita susah tidur, susah makan
, susah untuk berbicara, sensitif terhadap berbagai suara yang keras karena dianggap bising, dan membuat kita mudah emosi / marah. Dan dari rasa sakit yang ditimbulkannya, tentu saja akan mengganngu aktivitas keseharian Anda. Maka dari itu sedini mungkin kita harus melakukan perawatan gigi dengan baik. Dengan membiasakan sikat gigi di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dan menjadikanya sebagai kebutuhan, adalah solusi terbaik untuk menjaga gigi kita agar selalu sehat.

Sakit gigi biasanya disebabkan kerena gigi anda berlubang ataupun radang pada gusi anda.
Radang pada gusi biasanya merupakan efek dari gigi yang berlubang dan didalamnya ada sisa makanan yang menumpuk dan menjadi kotoran sehingga menyebabkan radang pada gusi.
Maka dari itu  usahakan untuk sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, karena dapat mencegah penumpukkan makanan pada gigi yang bisa membuat gigi kita rusak.

Penyebab sakit gigi yang sering terjadi

penyebab sakit gigi


Segala macam penyakit pasti ada faktor-faktor penyebabnya, ada gejalanya, dan ada pula obatnya, salah satunya sakit gigi.  Tapi semua itu kembali kepada diri kita sendiri. Tentang bagaimana kita merawatnya, menggunakanya dan tentu mensyukurinya.

Berikut adalah penyebab sakit gigi yang umun terjadi di kalangan masyarakat:

1. Kerusakan gigi

Yang paling umun dialami masyarakat tentang penyebab sakit gigi adalah kerusakan gigi, kerusakan gigi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karna sering makan permen/yang manis-manis, minum kopi/teh yang terlalu panas, tak segaja memakan benda keras {misalnya kerikil yang ada didalam nasi karena kurang bersih dan teliti saat mencuci beras}.

Coba anda luangkan waktu sejenak didepan cermin, lalu amatilah gigi anda dengan teliti. pasti ada keretakan-keretakan kecil akibat minum kopi/teh yang terlalu panas. Dan lihatlah dibagian gigi geraham tepatnya di bagian enamel gigi, biasanya ada lubang kecil dibagian tersebut tanpa kita sadari.

Jika hal-hal kecil tersebut kita abaikan maka bisa memicu kerusakan pada gigi kita dan mengakibatkan rasa sakit. Untuk itu kita pelu membiasakan sikat gigi dengan teratur dan dengan pasta gigi yang telah direkomendasikan untuk mengatasi hal-hal tersebut.

2. Abses {sekumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada bagian dalam gusi/gusi bengkak}

Abses/gusi bengkak juga seringkali menjadi faktor utama sakit gigi, peradangan yang disebabkan bakteri ini dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, berdarah, diarea sekitar rahang atau leher pun kadang juga kelihatan bengkak. solusi yang paling tepat agar rasa sakitnya cepat hilang adalah dengan mengeluarkan nanah yang ada pada gusi bengkak tersebut.

3. Gigi bertumpuk {muncul gigi baru sedangkan gigi lama belum copot}

Terhambatnya pertumbuhan gigi sehingga sehingga tertimpa gigi lain juga salah satu faktor penyebab sakit gigi. Terkadang gigi baru yang akan tumbuh tidak berada pada posisi pertumbuhanya yang tepat, sehingga mengakibatkan hal tersebut. Jika hal ini terjadi segera lakukan pencabutan pada gigi lama tersebut.

4. Gigi miring

Tidak selayaknya manusia jika disuruh makan pasti akan makan, tetapi beda dengan gigi yg tidak dapat kita suruh untuk tumbuh sebagaimana mestinya. Salah satunya gigi yang tumbuh dengan posisi miring, karena gigi tersebut dapat menancap gusi disekitarnya dan mengakibatkan sakit. Untuk masalah ini, segera lakukan pencabutan sebelum gigi tersebut semakin tumbuh.

5. Makan permen / makan yang manis-manis

Seperti artikel-artikel sebelumnya bahwa semua yang berlebihan itu dampaknya tidak baik bagi kita, salah satunya makan permen/yang manis-manis. Karena bisa menimbulkan kerusakan pada gigi, gigi terkikis {giges}, gigi berlubang dan lain sebagainya. Untuk itu hindarilah makn permen yang berlebihan agar gigi kita selalu sehat.

Cukup sekian pembahasa tentang pengertian da penyebab sakit gigi, dan semoga ada manfaatnya.

BACA JUGA
>Obat sakit gigi alami
>Penyebab gigi berlubang
>Penyebab gusi bengkak 
>Cara memutihkan gigi

No comments:

Post a Comment