Saturday 26 September 2015

Obat asam urat


obat asam urat

Apa sich asam urat itu? Asam urat adalah suatu penyakit yang terjadi karena kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal sehingga membentuk kristal-kristal diantara sendi. Kristal-kristal tersebut yang menyebabkan rasa nyeri sendi, bengkak dan peradangan. Penyakit ini biasanya diderita oleh orang dewasa yang berumur sekitar 30-an th keatas. Ada juga sich orang yang berumur kurang dari 30an th terkena asam urat
, tetapi sangat jarang. Asalkan pola hidup kita sehat rutin olahraga, makan makanan bergizi dan tidak berlebihan serta istirhat yang cukup Insya Alloh akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk asam urat. Semua penyakit ada gejalanya, ada penyebabnya, ada ciri-cirinya dan ada pula obatnya. Langsung saja akan saya jelaskan gejala, penyebab dan obat dari asam urat.

Gejala asam urat yang sering terjadi


Sering mengalami rasa sendi. coba berhati-hatilah jika anda sering mengalami nyeri sendi, karna mungkin saja itu gejala asam urat, berikut beberapa gejala penyakit asam urat secara umum yang perlu anda ketahui:

1. Area persendian seperti lutut, siku,pergelangan tangan dan jari jemari terasa ngilu,nyeri,linu,rasa kesemutan dan ada juga yang sampai bengkak kemerahan.
2. Rasa nyeri biasanya terjadi pada pagi setelah bangun tidur dan malam hari setelah beraktifitas.
3. Rasa nyeri terjadi terus-menerus/berulang-ulang
4. Jika sudah parah asam uratnya, biasanya sakit bila dipakai buat bergerak.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di klinik/rumah sakit.

Berapakah kadar asam urat itu?

Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.
Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, karena dapat berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan kemudian menjadi gagal ginjal jika tidak segera ditangani dengan baik dan benar. Penanganan yang paling baik adalah segera memeriksakan kedokter. Ada beberapa faktor yang diyakini sebagai penyebab asam urat, faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

Penyebab asam urat

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat purin secara berlebihan, seperti jeroan,seafood,coklat dan lain sebagainya.

2. Gaya Hidup, maksutnya gaya hidup disini adalah makan berlebihan dan tidak megkontrol apa yang dimakan.
  
3. Kondisi Kesehatan, biasanya asam urat ada hubunganya dengan penyakit hipertensi,kolesterol tinggi dan diabetes

4. mengkonsumsi obat-obatan, janagan membiasakan sering minum obat. contohnya disini adalah, pusing sedikit aja langsung beli obat diwarung, merasa capek sedikit langsung beli minuman penambah energi. Kebiasaan inilah yang harus segera ditinggalkan, karena dampaknya pada penyakit yang berbahaya.

5. Penyakit turunan ( Genetika ) Asam urat juga salah satu penyakit turunan, jika anda mengidak penyakit asam urat bawaan maka bersabarlah. Selama pola hidup kita sehat Insya Alloh akan meminimalisir kambuhnya penyakit tersebut.

6. Faktor usia, usia diatas 30 th diketahui lebih beresiko terkena asam urat, jadi berhati-hatilah saat makan dan hindari makanan yang banyak mengandung zat purin seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Saran untuk penderita asam urat:

1. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, tomat dan pisang

2. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur seperti: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat

3. Perbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk,

4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum, singkong, roti dan ubi

5. Kurangi makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup

6. Hindari minum aspirin {obat untuk meringankan rasa sakit}

7. Jangan bekerja terlalu berat, hal ini yang sering terjadi dikalangan masyarakat

8. Sering-seringlah berolahraga

9. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh anda

10. Banyak-banyak lah minum air putih/air mineral setiap hari

Obat asam urat tradisional

1. Sambiloto.

Rasa pahit menjadi ciri khasnya,sambiloto sering digunakan sebagai penawar racun.selain itu bisa juga sebagai obat peradangan,dan penghilang nyeri.
Siapkan sambiloto baik daun maupun tangkainya
Rebus dengan air secukupnya samapai mendidih
Minum air rebusan tadi sebelum tidur dan sehabis banguntidur

2. Daun Salam

daun salam ternyata sangat baik untuk mengobati penyakit asam urat,..ini dikarenakan kandungan flavoinoid,tanin serta minyak atsiri mampu menurunkan asam urat.
Siapkan Daun salam secukupnya, kemudian rebus dengan air 3 gelas sampai tinggal 1 gelas saja,hasil rebusan dimimun 1/2 gelas setiap kali minum,lakukan pagi dan sore

3. Kumis Kucing

Selain manjur sebagai obat kencing batu, ternyata kumis kucing juga berkhasiat untuk penyembuhan asam urat. Caranya tidak jauh beda dengan cara-cara diatas tadi.

4. Sarang Semut rang-rang

Minum air rebusan sarang semut secara rutin ternyata sudah terbukti mampu menyembuhkan penyakit asam urat.

No comments:

Post a Comment