Friday 25 September 2015

penyakit asam lambung


penyakit asam lambung


Penyakit asam lambung adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung yang menuju esofagus/kerongkongan dan menimbulkan rasa nyeri di ulu hati/dada. Asam lambung sendiri berperan penting dalam membantu proses pencernaan. Makanan tidak dapat dicerna dengan sempurna tanpa adanya asam lambung. sehingga zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat diserap dengan baik.

Oleh karena itu, kadar asam lambung yang seimbang sangat dibutuhkan di dalam tubuh. Asam sendiri berfungsi sebagai pencerna atau untuk menggiling makanan di dalam lambung. Kadar asam yang terdapat pada asam lambung seperti  pH 1,5-3,5 (asam) yang terdiri dari asam hidroklorida, kalium klorida dan natrium klorida.

Asam lambung dapat naik karna disebabkan oleh lingkaran otot pada bagian bawah kerongkongan/esofagus yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Lingkaran otot pada bagian bawah kerongkongan sering disebut juga dengan LES, LES sendiri berfungsi sebagai pintu otomatis, dia akan terbuka ketika ada makanan/minuman yang masuk kedalam lambung.

Dan sebaliknya, LES sendiri akan menutup jika makanan sudah masuk kedalam lambung untuk mencegah asam dan makanan agar tidak kembali lagi kekerongkongan. Aktifitas les dapat kita rasakan sewaktu kita muntah/mabuk, rasa yang tidak nyaman seperti kayak dicekik sewaktu makanan kembali naik kekerongkongan.

Sedangkan gejala asam lambung sendiri dapat kita rasakan dibagian dada seperti terbakar/panas dan rasa nyeri diulu hati. Dan akibatnya, setelah kita mengkonsumsi makanan/minuman akan merasakan kondisi/rasa yang tidak nyaman dibagian tersebut.

Penyebab penyakit asam lambung naik:

1. kelebihan berat badan/obesitas, selain beresiko rentan terhadap penyakit yang lain, ternyata obesitas juga menjadi faktor/penyebab asam lambung.
2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, seperti: kue, keju, coklat, kacang dan lain-lain.
3. Terlalu banyak makan, hal-hal yang berlebihan itu biasanya dampaknya kurang baik. seperti halnya makan berlebihan yang dapat menyebabkan asam lambung naik.
4. Telat makan, telat makan selain beresiko terkena maag juga beresiko menaikkan asam lambung.
5. Dan yang terakhir adalah merkok.

Dan kalau sebab diatas terjadi biasanya asam lambung akan terjadi dengan ditandai dengan rasa mual dan perut kembung, rasa perih dibagian lambung, sakit ditenggorokan dan susah untuk menelan, sering bersendawa dan rasa sakit dibagian dada.
Sedangkan untuk mecegah asam lambung kita dapat mengkonsumsi makanan sehat yang telah direkomendasikan oleh dokter, antara lain:

Makanan sehat untuk asam lambung

1. sayur dan buah-buahan yang tidak memiliki kandungan asam, seperti apel, pisang dan strawberry. sedangkan untuk sayurnya antara lain: brokoli, kacang polong, kubis,wortel dan kacang hijau.
2. Daging tanpa lemak dan ikan laut/kali.
3. Makanan biji-bijian, contohnya nasi dan sereal gandum, selain banyak karbohidratnya ternyata nasi da gandum juga bisa mencegah asam lambung.

 

Obat herbal penyakit asam lambung

penyakit asam lambung

jika sudah tahu tentang sebab, ciri dan cara pencegahanya kita juga perlu tahu obat dan cara membuatnya. Disekitar kita ada beberapa tumbuhan obat yang bisa dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi asam lambung tinggi. Ramuan tersebut antara lain:

1. kencur.

Ternyata kencur bisa dijadikan obat asam lambung tinggi dengan cara langsung dikunyah dan bisa juga dijadikan minuman.
Cara pembuatannya pun mudah, kencur dicuci bersih dikupas dan langsung dikunyah dengan garam seperlunya, kemudian disusul dengan minum air hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari dan Insya Alloh asam lambung akan segera sembuh.
Mungkin cara alami ini lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kita nantinya. Terlebih jika obat-obatan kimia dikonsumsi dalam waktu yang lama.

2. lidah buaya.

Selain mudah ditanam sebagai tanaman ternyata lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan asam lambung. Dengan menambahkan sedikit garam langsung dimakan lidah buaya juga bisa dijadiakan campuran es atau nata decoco.

3. Soda.

Perlu kita tahu bahwa soda/baking soda memiliki sifat basa, sedangkan sifat basa bisa menetralisir asam, yang artinya jika asam lambung terjadi kita dapat meminum air putih yang dicampur dengan 1 sendok teh soda ini supaya asam lambung mereda.

4. jahe dan kunyit

Tidak cuma kencur, ternyata jahe dan kunyit juga berperan dalam menyembuhkan asam lambung. cara pembuatan/mengkonsumsinya tidak jauh beda dengan mengkonsumsi kencur yang telah saya jelaskan diatas tadi.

Mungkin cukup sekian artikel yang membahas tentang penyakit asam lambung, dengan begitu besar harapan saya bagi teman-teman semua yang belum tahu-tentang penyakit asam lambung dan cara pengobatanya. mudah-mudahan setelah membaca artikel ini jadi tau dan menjai manfaat.

No comments:

Post a Comment