Friday 23 October 2015

Gagal ginjal

Gagal ginjal - pengertian, gejala, penyebab, dan penanganan

gagal ginjal

Apa sich ginjal itu, dan apa pula fungsinya? Mungkin ada juga orang yang masih belum paham tentang ginjal dan fungsinya. Ginjal adalah salah satu organ terpenting manusia dan mempunyai bentuk seperti kacang dan fungsinya sebagai alat untuk membuang atau mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh.
Dan apabila sisa-sisa tersebut tidak dikeluarkan akan menjadi racun yang sangat berbahaya.

Fungsi ginjal sangat berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh, jika ginjal tersebut rusak anda bisa membayangkan sendiri bagaimana dan apa yang akan terjadi bila ginjal tidak berfungsi secara normal atau sering disebut gagal ginjal.

Oleh karena itu kebiasaan baik seperti makan makanan yang bergisi dan menjauhi makanan yang yang mengandung pengawet, pewarna ataupun pemanis buatan sangat disarankan .
Apa saja tanda-tanda atau gejala awal dari gagal ginjal yang umum terjadi dikalangan masyarakat itu,?

Tanda atau gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai

1. Gatal-gatal secara terus-menerus di bagian tubuh atau badan, menyerupai jerawat.
2. Nafsu makan berkurang
3. Badan sering merasa lemas/kelelahan dan selalu ingin tidur
4. Muka terlihat pucat
5. Pinggang sering merasakan sakit
6. Sulit buang air kecil, jika volume atau kuantitas buang air kecil menurun anda harus mewaspadaiya
7. Hemoglobin menurun drastis pada kisaran 6-9

Gejala-gejala gagal ginjal diatas mungkin sepele dan bahkan kebanyakan orang menganggapnya hanya sekedar kelelahan. Karena secara bertahap biasanya tidak menimbulkan gejala awal yang jelas, sehingga penurunan fungsi ginjal tersebut sering tidak dirasakan, tahu-tahu sudah pada tahap yang parah dan sulit diobati.

Lalu apa saja penyebab gagal ginjal itu?

Penyebab gagal ginjal

Sebenarnya gagal ginjal disebabkan oleh banyak faktor, Beberapa kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dalam jangka yang panjang merupakan salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal. Selain itu faktor-faktor yang tidak disangka-sangka dan menjadi penyebab gagal ginjal antara lain:

1. Gaya hidup dan pola makan yang tidak seimbang juga menjadi faktor terjdinya gagal ginjal
2. Kelainan genetika serta serangan virus dan bakteri juga menjadi penyebab gagal ginjal
3. Kebanyakan mengkonsumsi bahan-bahn kimia seperti minuman penambah stamina, obat-obatan dan lain sebagainya.
penyebab yang terakhir ini yang sering terjadi dikalangan masyarakat.
Sedikit pengalaman dari kakak ipar saya. Sekitar 2 tahun yang lalu, dia suka dan sering mengkonsumsi minuman penambah stamina disaat lelah, kemudian badannya sering merasakan gatal seperti alergi, tapi gejala-gejala itu dianggapnya alergi biasa.

Beberpa bulan kemudian mukanya pucat, sering merasa lelah dan pengennya tidur terus. Akan tetapi gejala ini juga dianggapnya kecapainan biasa dan malah tiap hari minum minuman penambah stamina, agar rasa lelah tersebut cepat hilang. Dan akhirnya istrinya mengajak periksa kedokter, stelah diperiksa hemoglobin kakak saya cuma 5,7. Dokter mengatakan bahwa harus segera cuci darah, karena ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi secara normal akibat kebanyakan minum minuman penambah stamina tersebut. Dan samapi sekarang kakak saya selalu rutin untuk cuci darah.

Yang perlu saya tekankan dan garis bawahi serta dipertebal tulisanya adalah "mengkonsumsi bahan-bahan kimia"  seceperti contoh diatas. Karena kita tidak akan menyadari dampak dari bahan-bahan tersebut kalau kita tidak segera memeriksakan diri kedokter.

Untuk itu bagi anda yang saat ini sering mengkonsumsi bahan-bahan kimia secara rutin. maka segera tinggalkanlah, kalaupun susah untuk mengubah kebiasaan anda bisa mengantinya dengan jamu tradisional yang tidak memiliki efek samping yang membahayakan.

Cara penanganan gagal ginjal

cuci darah
hemodialisa
Mengidap penyakit gagal ginjal dapat membuat semua orang yang mengalaminya beserta keluarga merasa cemas. Hal ini dikarenakan memang tidak ada/belum ada obat secara medis yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Hanya perawatan cuci darah atau dalam bahasa medis hemodialisa yang dapat membantu pengidap gagal ginjal agar tetap hidup. Karena perawatan ini hanya bertujuan memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit dan mencegah munculnya kondisi serius lain seperti stroke dan serangan jantung.

Hal yang paling disarankan oleh pakar kesehatan adalah menghindari penyebab-penyebab gagal ginjal seperti yang telah saya jelaskan diatas, hal itu dikarenakan tidak ada obat untuk gagal ginjal selain keajaiban dari Yang Maha Kuasa.

Cukup sekian artikel singkat dari saya tentang gejala, penyebab dan penanganan gagal ginjal, dan kita doakan supaya saudara-saudara kita yang telah mengidap gagal ginjal diberi ketabahan dan keajaiban dari Yang Maha Kuasa.



No comments:

Post a Comment