Thursday 22 October 2015

Obat tradisional batu ginjal

obat tradisional batu ginjal - cara mengobati batu ginjal

obat tradisional batu ginjal

Seperti pada artikel sebelumnya yang telang saya rangkum tentang pengertian, penyebab, dan pencegahan batu ginjal, pada artikel kali ini akan saya berikan tips tentang cara mengbati batu ginjal dan obat batu ginjal tradisional. Harus dibutuhkan kesabaran ekstra dalam mengobati penyakit ini baik pengobatan medis maupun obat batu ginjal tradisional.

Tujuan dari pngobatan tersebut adalah menghancurkan batu ginjal dan mengelurkanya melalui air seni. Dan jika batu ginjal tersebut sudah keluar maka rasa sakit dan gejala lainnya seperti telah saya terangkan diartikel sebelumya akan segera sembuh.

Pengobatan batu ginjal dibagi menjadi 3 berdasarkan ukuran batu gijal tersebut

1. Pengobatan dengan cara dioprasi

Walaupun pengobatan batu ginjal dengan cara dioprasi sangat jarang terjadi, namun cara ini akan dilakukan jika batu tersebut berukuran lebih besar dari saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kantung kemih {ureter} sehingga menyumbat saluran terebut dan menimbulkan rasa sakit yang sangat luarbiasa. Apabila tidak segera dioprasi, dikhawatirkan kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

2. pengobatan dengan cara dikasih obat

Pengobatan ini biasanya jika batu ginjal tersebut masih berukuran sangat kecil, walaupun ukuranya dibilang sangat kecil gejala-gejalanya sudah bisa dirasakan oleh penderita.  Jika sipenderita memeriksakan kedokter biasanya dokter hanya meresepkan obat pereda sakit untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari gejala-gejala tersebut, obat pereda rasa sakit tersebut misalnya parasetamol, ibuprofen atau kodein. Dan dokter biasanya menyarankan meminum air putih yang cukup, supaya batu ginjal tersebut ikut kelur bersamaan air seni.


3. pengobatan dengan obat tradisional


- Kumis kucing

Sejak dulu tanaman ini dipercaya sebagi obat tradisional berbagai penyakit, dan salah satunya adalah penyakit batu ginjal. Zat-zat yang terkandung didalam tanaman ini antara lain minyak atsiri, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium. Selain itu para pakar kesehatan sepakat menjadikan kumis kucing sebagai salah satu obat tradisional yang tidak memiliki efek samping.
untuk cara pengolahan:
siapkan daun kumis kucing secukupnya
cuci daun tersebut sebelum direbus
rebus daun tersebut secukupnya
dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari secara rutin, sebelum dan sesudah bangun tidur

-Daun kemuning
obat traisional batu ginjal

Mungkin kebanyakan orang belum mengetahuinya jika kemuning selain sebagai tanaman hias ternyata bisa juga dijadikan obat untuk penyakit kencing batu. Kandungan yang terdapat pada daun ini antara lain methyl-anthranilate,  bisabolene, cadine,  B-caryophyllene, geraniol, eugenol, carene-3, citronellol, methyl-salicylate, paniculatin, coumurrayin dan tanin. Senyawa/zat-zat tersebut diyakini mampu mengobati infeksi saluran kandung kemih akibat batu ginjal batu ginjal.
untuk cara pengolahan tidak berbeda dengan cara pengolahan daun kumis kucing diatas, hanya saja dosisnya diminum 3 kali sehari.

-Jamu jawa {jamu godhog/jamu pasar}

Mudah didapatkan, murah harganya, dan tentunya mempunyai khasiat yang sangat luar biasa. Jamu jawa/jamu ghodog adalah jamu yang terdiri dari bermacam macam bahan anatara lain daun brotowali, kunyit, jahe, dan daun sirih dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut mudah didapatkan, jika anda kebingungan dalam mencari bahan-bahan tersebut anda cukup datang kepasar dan bilang sama pembeli ingin membeli jamu godhog, sipedagang pasti sudah tanggap dan segera membungkuskanya.

Dan tentunya dengan harga yang sangat murah dan tidak ada patokan harga, anda bisa membeli cuma 5 ribu, 10 ribu ataupun 15 ribu.
Khasiat tersebut dialami sendiri oleh kakak saya, ketika itu kakak saya sering mengalami gejala-gejala batu ginjal yang telah saya terangkan diartikel sebelumya. Awalnya cuma dikira sakit biasa dan setelah beberapa hari kemudian merasakan sakit yang sangat luar biasa, sampai badanya lemas, kepalanya pusing dan demam. Setelah itu diperiksakan kedokter dan dikasih obat, karna obat yang diberikan dokter tidak kunjung memberikan kesembuhan kemudian kakak saya keesokan harinya membeli jamu godhog dipasar seharga 10 ribu rupiah.

Sesamapai dirumah langsung direbus, setelah dingin langsung diminum, siang harinya diminum lagi. Dan hal yang tidak dikira-kira terjadi disore harinya ketika mau buang air kecil. Ktanya pertama sakit, tapi tiba-tiba kayak ada sesuatu yang keluar bersama air seninya tersebut, kakakku penasaran kemudian mencari senter dan mencari apa yang tadi keluar bersamaan air seninya tersebut. Setelah dicari dan akhirnya ketemu, ternyata batu kecil berwarna putih yang ikut keluar bersamaan air seninya tadi. Setelah itu sampai saat ini kakak saya tidak pernah merasakan sakit, ataupun kambuh akibat batu ginjal tersebut.

Itulah beberapa cara dalam mengobati penyakit batu ginjal yang bisa saya sampaikan. Saran, jika mengalami batu ginjal, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksakan kedokter, karena dengan memeriksakan kedokter, anda dapat mengetahui seberapa berat batu ginjal yang diderita.
Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment