Wednesday 28 October 2015

gula darah normal

Pengertian gula darah - kadar gula darah normal - tips menjaga agar gula darah normal

gula darah normal

Apa sich gula darah itu? Dan berapa kadar gula darah normal itu?
Gula darah menurut para pakar kesehatan/medis diartikan sebagai tingkatan glukosa didalam darah yang disebarkan oleh insulin ke seluruh sel-sel tubuh untuk diproses menjadi energi. Apa itu itu insulin? Insulin merupakan hormon yang sangat penting yang diproduksi oleh pankreas.


Bayangkan jika tubuh tidak mempunyai insulin, Yang pastinya tubuh akan mengalami lemas karena tidak mendapatkan pasokan energi dari glukosa yang disebarkan oleh insulin. Oleh karena itu kadar gula darah normal keberadaanya sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Akan tetapi jika kadar gula darah rendah ataupun kdar gula darah tinggi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kadar gula darah tinggi jika lebih dari 200 mg/dl, sedangkan dikatakan kadar gula darah rendah bila dibawah 70mg/dl.
Lalu berapakah kadar gula darah normal itu? Untuk mengetahui kadar gula darah pada tubuh, anda bisa mengecek/memeriksakan ke ahli medis ataupun dokter. Dan berikut kisaranya:

Kadar gula darah normal menurut ahli kesehatan sebagai berikut:


Sebelum makan: 70 - 130 mg/dl
90 menit setelah makan: kurang dari 180 mg/dl
Malam hari sebelum tidur: 100 - 144 mg/dl
Setelah bangun pagi {selama tidak makan kurang llebih 8jam}: 70 - 110 mg/dl

Lalu bagaimana cara menjaga agar kadar gula darah kita tetap pada batas normal?


1. Olahraga secara rutin
Olahraga adalah aktifitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit. Dan bisa menstabilkan kadar gula darah anda agar berapada pada kisaran batas yang normal. Lakukanlah olahraga minimal 2,5 jam/ minggu secara teratur.

2. Asupan makanan
Selalu ingatlah bahwa suatu penyakit bisa menyerang jika seseorang mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Karbohidrat, protein, dan gula, kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi jika asupan kandungan-kandungan tersebut berlebihan akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh.
Sebagai contoh: Jika asupan gula berlebihan maka akan mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi {darah tinggi}

3. Makan tepat waktu
Untuk menghindari makan yang berlebihan salah satu upayanya adalah makan tepat waktu. Kenapa bisa begitu? Karena jika kita menunda makan, maka rasa lapar akan meningkat dan membuat kita ingin makan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut yang dapat memicu kadar gula darah dalam tubuh.

4. Hindari stres
Stres salah satu penyebab kadar gula darah anda tidak normal. Karena kondisi stres yang terus menerus dapat membuat kadar gula anda menjadi tinggi. Jadi usahakan untuk menghindari stres



Dengan menjaga kebiasaan-kebiasaan tetap normal, Anda tidak perlu khawatir akan resiko diabetes. Dan jika kadar gula anda lebih tinggi dari batas normal segeralah hubungi dokter dan lakukanlah diet gula seperti yang dokter sarankan. Lakukanlah dengan sabar, karena baisanya seseorang yang menjalani diet gula pasti ada-ada aja godaan yang dilami. Cukup sekian artikel kali ini, dan semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment