Thursday 29 October 2015

Makanan yang baik untuk ibu hamil

Ibu hamil - Makanan yang yang dianjurkan untuk ibu hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil

Makanan bergizi sangat bermanfaat bagi semua orang, entah tua, muda, balita ataupun janin yang masih dalam perut siIbu. Sedangkan untuk janin yang masih berada didalam kandungan, sang Ibulah yang memegang peranan penting untuk menjaga asupan gizi yang dibutuhkan janin.


Baik dalam segi jenis, kualitas ataupun kuantitas gizi dari makanan yang Ibu makan saat sedang hamil. Oleh karena itu pentingnya mengetahui apa saja makana-makanan yang baik dikonsumsi ketika sedang hamil sangat diperlukan, agar calon bayi tersebut tercukupi kebutuhan gizinya. Percuma makan banyak dan terasa kenyang kalau makanan tersebut tidak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh janin.

Lalu makanan apa saja yang dianjurkan ketika ibu hamil,? makanan yang baik untuk ibu hamil muda adalah makanan yang mengandung kalori 2000 kalori perhari yang berasal dari protein 10%, dari karbohidrat 55%, dan dari lemak 35%. Selain itu Zat besi, kalium, magnesium, folat serta vitamin juga sangat diperlukan untuk mencukupi asupan nutrisi untuk janin.

Lalu makanan bergizi jenis apa yang dianjurkan untuk ibu hamil itu?

Berikut jenis-jeis makanan bergizi yang dianjurkan untuk ibu hamil:


1. Sayur {bayam, brokoli, dan kacang-kacangan}

- bayam
 Kandubgan yang paling banyak pada bayam adalah asam folat, selain itu serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K juga ada didalamnya.
 Kandungan Asam Folat yang banyak sangat diperlukan ketika usia kehamilan masih muda. Hal itu dikarenakan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang).

-Kacang-kacangan
 kenapa kacang-kacangan dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil? Karena kacang-kacangan mempunyai kandungan seperti asam folat, zat besi, protein dan serat yang dibutuhkan oelh ibu hamil untuk mengatasi sembelit. Selama kehamilan wanita mempunyai resiko sembelit, hal itu dikarenakan tekanan rahim yang semakin membesar dan hormon progesteron yang memperlambat pencernaan.

-Brokoli
 Kandungan seperti kalsium, asam folat, serat, dan anti oksidan sangat baik untuk melancarka sistem pencernaan paa ibu hamil.

2. Buah

-Pisang
 ketika usia kehamilan masih muda semua wanita/ibu hamil pasti mengalami yang namanya mual-mual. Oleh karena itu pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi, karena pisang banyak mengandung vitamin B6 yang dapat menguangi rasa mual-mual {morning sicknees}

-Semangka
 Membantu proses pencernaan pada ibu hamil
 Hal yang sering dialami seorang wanita ketika hamil adalah sistem pencernaan dan panas dalam. Oleh karena itu kadar air yang tedapat pada buah semangka bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

 Menncegah terjadinya pembengkakan
 Kadar air pada buah ini dapat membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada wanita/ibu hamil. Karena semua wanita/ibu ketika hamil pasti mengalami yang namanya kaki bengkak ataupun tangan.

-Pepaya {matang}
 Pepaya sudah dipercaya sebagai buah untuk mengatasi masalh sembelit. Selain itu kandungan yang terdapat pada buah ini seperti vitamin C, asam folat, serat, dan potasium sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Buah pepaya disarankan untuk ibu hamil dikarenakan, ketika masa kehamilan pasti sering mengalami sembelit.

3. Telur

 Ketika hamil janin {calon bayi} sangat perlu diberi asupan makanan yang mengandung banyak choline {zat gizi yang ikut membantu mengatur penghentian pertumbuhan sel normal}. Karena seorang wanita/ibu ketika hamil harus mendapatkan asupan makanan yang mengandung cholin sebanyak kuang lebih 450 setiap hari.
 Selain telur cholin dapat anda dapatkan pada daging sapi, susu, dan kacang kedelai.

4. Lemak ikan

 Ketika hamil pasti seorang ibu juga memikirkan kesehatan serta kecerdasan otak janin kelak ketika sudah lahir. Maka dari itu makanan/ikan laut snagat disarankan, karena lemak pada ikan laut tersebut banayak mengandung omega 3 yang berguna untuk kesehatan jantung dan kecerdasan otak baik untuk ibu ataupun calon anaknya.

Itulah makanan-makanan untuk wanita/hamil yang disarankan oleh para ahli medis/kesehatan. semoga bisa menjadikan wawasan bagi anda. cukup sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment