Friday 30 October 2015

Makanan agar air susu {ASI} lebih banyak

Makanan agar air susu {ASI} lebih banyak dan Makanan ibu menyusui agar bayi cerdas


Makanan agar air susu {ASI} lebih banyak
Sebagai seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui pastinya akan selalu menjaga agar air susu yang dihasilkan tidak kurang untuk kebutuhan si bayi. Apalagi bagi seorang ibu yang baru pertama kali menyusui, kadang air susu sulit keluar dan kadang air susu keluar hanya sedikit.
Oleh karena itu pengetahuan tentang tata cara menyusui yang benar harus diperhatikan supa air susu tersebut bisa keluar dengan lancar, selain itu makanan-makanan yang bisa melancarkan asi juga harus dikonsumsi agar ASI yang dikeluarkan bisa mencukupi kebutuhan si buah hati.
Apa saja makanan agar bisa memperbanyak ASI?

1. Daun katuk
Makanan agar air susu {ASI} lebih banyak
pohon katuk


Sebagian besar para ibu sudah mengetahui khasiat daun katuk, Daun yang memiliki ukuran kecil yang panjangnya sekitar 5 - 6 cm, dengan warna hijau gelap dan bunga berwana merah gelap serta berbunga sepanjang tahun ini memiliki kandungan nutrisi yang dipercaya dan sudah terbukti untuk memperbanayak ASI. Akan tetapi hal yang harus diketahui juga, Bahwa daun ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping keracunan.


Kandungan yang terdapat pada daun ini antara lain: protein, serat kasar, vitamin K, pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Bagi ibu yang produksi ASInya kurang, mungkin daun ini bisa mnejadi solusi untuk memperbanyak jumlah ASI yang dibutuhkan sikecil.

2. Daun cenil {selada air}

Daun yang meliki ciri khas dengan batang dan daunya lunak ini sangat dipercaya dan sudah terbukti oleh banyak orang {termasuk istri sya sendiri} untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. Jika ASI istri saya sedikit saya langsung membelikan daun ini untuk diolah dan dimakan, setelah 1 - 2 jam kemudian ASInya lagsung lancar.

Selain untuk memperlancar ASI, daun yang memiliki kandungan zat besi, kalsium, asam folic, vitamin A, dan C ini juga dipercaya dapat memperlancar air seni, memperlancar pengeluaran dahak, sebagai anti oksidan, dan menurunkan tekanan darah.
Selain daun katuk, Daun cenil bisa anda jadikan solusi untuk memperbanyak ASI dan melancarkanya, karena selain harganya murah keberadaan daun ini mudah didapat.

3. Wortel

Dikalangan masyarakat keberadaan wortel yang berkhasiat dalam memperlancar ASI mungkin belum banyak yang mengetahuiya, akan tetapi menurut para ahli kesehatan wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Jadi jika anda kesulitan mencari bahan-bahan diatas tadi, anda bisa menggantinya dengan wortel.

4. Bayam

Kandungan yang terdapat pada bayam selain zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Ternyata mempunyai kandungan yang disebut dengan enzim Phytoestrogens yang bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Bukan hanya itu, kandungan pada bayam yaitu vitamin B6 sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Jadi jangan ragu2 mengkonumsi bayam ketika anda sedang dalam masa menyusui.

Makanan ibu menyususi Agar bayi cerdas

 


Selain makanan untuk memperlancar ASI tentuna sang ibu juga harus memikirkan makanan apa saja yang bisa membuat anak cerdas. Makanan apa sajakah itu? ikuti penjelasanya dibawah ini

1. Segala jenis ikan laut

Segala jenis ikan laut mengandung protein dan zat taurine yang dipercaya mampu merangsang pertumbuhan otak, terutama untuk balita. Dan menurut penelitian para pakar keshatan, bahwa anak yang diberi manfaat minyak ikan akan memiliki daya ingat lebih kuat. Oleh karena itu Ikan laut sangat berperan untuk kecerdasan otaknya, selain protein dan zat taurine asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA) yang terdapat pada makanana laut juga sangat dipercaya membantu perkembangan sel otak anak.

2. Telur

Kandungan protein yang terdapat pada telur juga sangat bermanfaat untuk merangsang perkembangan otak sang anak. Selain itu ternyata telur juga mempunyai manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan, antara lain untuk kesehatan tulang, memperlancar proses metabolisme tubuh, kandungan vitamin A sebagai kesehatan mata, dan penangkal kangker payudara. Selain makanan laut, telur dapat dijadikan solusi untuk mencerdaskan otak sang anak, karena harganya murah dan mudah didapat.

3. Kedelai

Kedelai disebut-sebut juga sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan sang anak. Meskipun olahan kacang kedelai sangat sederhana seperti tempe dan tahu, namun manfaatnya mampu membuat konsentrasi dan daya ingat yang sangat kuat.
Selain bahan makanan diatas sayuran dan buah seperti bayam, brokoli, buah pisang, dan jeruk juga dipercaya memiliki peran penting dalam perkembangan otak sang anak.

cukup sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment