Tuesday 13 October 2015

Obat batuk alami


obat batuk alami

Obat batuk kering

Semua orang pasti pernah merasakan sakit disemasa hidupnya, tak ada pengecualian, entah dia seorang doktor, presiden, ataupun seorang petani, maka dari itu kita yang diberikan kesehatan patut untuk selalu mensyukuri dan menjagaya, karena suatu penyakit tidak akan membedakan siapa yang akan diserangnya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penyakit batuk kering {batuk tidak berdahak}, Batuk Kering merupakan batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Meskipun penakit ini meruapakn penyakit yang sederhana akan tetapi jika batuk terjadi dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak yang besar bagi para penderita.
Batuk kering dan batuk berdahak dalam pengobatanya tidak sama, sedangkan obat batuk berdahak yang alami mungkin tidak begitu berbeda dengan obat batuk kering. Akan tetapi pengobatan untuk batuk kering lebih menekankan untuk pencegahan, hal itu dikarenakan batuk kering terjadi akibat kebiasaan yg kurang baik seperti {merokok} yang memicu radang atau iritasi pada tenggorokan sehingga batuk kering terjadi.

Penyebab Batuk Kering.

1. Penyakit Asma.

Asma adalah satu penyebab batuk kering adalah penyakit asma, seseorang yang mengidap penyakit asma salah satu gejalanya adalah batuk kering yang berlebihan, selain itu gejala lain mungkin menyertai termasuk mengi, sesak napas, atau perasaan sesak di dada.

2. Akibat virus.

Virus disebut-sebut sebagai penyebab batuk kerig yang sangat umum dialami masyarakat. Dan batuk jenis ini dapat berlangsung beberapa minggu lebih lama dari gejala lain dan sering kambuh di malam hari.

3. Dikarenakan obat-obatan

Komplikasi obat-obatan tertentu biasanya memicu timbulnya batuk kering. Sebagai contoh seseorang yang mengidap penyakit gagal ginjal, jantung, dan tekanan darah tinggi, sering mengalami batuk setelah diberikan obat-obatan, walaupun alasan yang tepat menegenai kondisi ini belum diketahui tapi para pakar kesahatan meyakini akibat perubahan kimia dari obat-obatan tersebut.

4. Rokok.

Semua orang mungkin sudah mengetahuinya tentang bahaya merokok, tetapi banyak pula yang mengabaikanya tentang bahaya tersebut. Kebanyakan merokok dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan iritasi sehingga memicu timbulnya batuk kering. Selain virus, rokok juga menjadi salah satu penyebab batuk kering yang sering dialami masyarakat.

5. Alergi

Reaksi alergi juga menjadi salah satu penyebab batuk kering. Biasanya batuk diikuti dengan kondisi tenggorokan gatal, dan mata yang memerah atau iritasi.

Obat batuk kering alami


1. madu

Madu alami, siapa yang tidak mengenal madu, rasa manisnya membuat orang selalu ingin menikmatinya lagi. Kandungan-kandungan yang dimilikinya ternyata dipercaya meringankan batuk, baik batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak.

2. Jahe merah

Dari dulu jahe dikenal sebagai rempah berkhasiat mengobati penyakit, salah satuya batuk kering. Caranya mengkonsumsinya bisa langsung dikunyah dan ditelan airnya, bisa juga dibuat minuman yang hangat.

3. Daun kayu putih 

biasanya tanaman ini diambil minyaknya sebagai bahan dasar pembuatan minyak telon yang sifatnya menghangatkan. Namun ternyata daun kayu putih juga berkhasiat menyembuhkan batuk.
Untuk cara pembutaya, siapkan daun kayu putih secukupnya, rebus daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Kemudian airnya diminum sekaligus selagi masih hangat.

4. Asam jawa dan gula aren


obat batuk alami
Manfaat asam jawa {Tamarindus indicasudah} tidak tergantikan terutama untuk mengobati batuk kering. Lnagsung aja ke cara pembuatanya ya..
Siapkan daging buah asam jawa dangula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.
Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, dan tambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat, lakukan secara rutin, sebelum dan setelah bangun tidur.

5. Umbi bidara upas

https://id.wikipedia.org/wiki/Bidara_upas

Salah satu manfaat umbi ini antara lain dapat mengobati demam, serak, difteri, radang tenggorok, radang paru; radang usus buntu, typhus, sembelit, muntah darah, kencing manis, Keracunan, gigitan ular, kusta, syphilis (Luns), dan batuk.
Cara mengkonsumsinya cukup mudah, siapkan umbi bidara upas secukupnya. Kemudian potong tipis-tipis lalu dicuci, habis dicuci langsung bisa dikunyah dan telan airnya. Sementara ampasnya dibuang.

Obat untuk batuk kering tidak jauh berbeda dengan obat batuk berdahak, jadi apapun jenis batuk anda bahan-bahan diatas bisa anda gunakan. Dan hal yang palimg penting yang selalu diingatkan oleh semua orang adalah selalu melakukakan pencegahan dari pada mengobatinya. Demikian artikel tentang obat batuk kering, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment