Saturday 10 October 2015

obat sariawan alami

https://id.wikipedia.org/wiki/Seriawan

bukan sebuah penyakit serius yang harus disembuhkan dengan cara ke dokter. Dan bukan pula penyakit yang harus anda pandang sebelah mata, meskipun bukan tergolong sebagai salah satu penyakit yang serius tetapi kehadiranya sangat mengganggu aktifitas keseharian anda. Seperti nafsu makan berkurang dan susah berbicara karna sakit yang ditimbulkannya.

Jika dibiarkan pun sebetulnya penyakit/sariawan ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun proses pemulihan secara alami cukup memakan waktu serta perlu kesabaran yang ekstra. Maka dari itu pengobatan dan penanganan sariawan sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhanya. Alangkah baiknya sebelum kita memilih obat atau mengobati sariawan anda juga perlu mengetahui penyebab dan jenis-jenis sariawan yang telah saya terangkan pada artikel sebelumya.

Dengan mengetahui penyebab dan jenis-jenis sariawan tersebut, diharapkan anda bisa dengan mudah mencegah ataupun mengobatinya.
Sedangkan untuk mengobati sariawan anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, harga terjangkau dan yang jelas tanpa efek samping yang berbahaya. Berikut bahan-bahan alami yang mudah didapat untuk mmengobati sariawan:

obat sariawan alami yang mudah didapat


1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B dan C

Kebanayakan orang bilang sariawan disebabkan kekurangan vitamin C, namun faktanya sariawan tejadi tida hanaya disebabkan kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin B yang menyebabkan mulut bermasalah juga bisa memicu timbulnya sariwan. Untuk memperolehnya vitamin B, Anda dapat konsumsi tiram, telur ikan, susu kedelai, dan susu beras secara rutin, sedngkan untuk memperoleh vitamin c, Anda dapat memperolehnya dari buah-buahan misalnya jeruk, tomat dan lain sebagaiya.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Zat besi

Selain memperkuat tulang dan otot ternyata zat besi juga dapat menyembuhkan sariawan. Anda dapat mendapatkan zat besi dengan mengkonsumsi bayam, daging sapi, hati ayam, wijen dan sereal.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Asam folat

Ketika sariawan terjadi biasakanlah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang dapat anda dapatkan pada sayuran hijau gelap, seperti bayam, asparagus, kacang polong, lobak dan kacang-kacangan. Karena dengan mengkonsumsi makann tersebut secara rutin ketika anda sariawan, dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

4. Minum Air kelapa

Selain dapat meghilangkan dehidrasi, ternyata air kelapa juga ampuh untuk menyembuhkan luka pada mulut {sariawan}. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada air kelapa seperti Vitamin C, Asam nikotinat, Asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat. Selain menghilangkan dehidrasi dan menyembuhkan sariawan, minum air kelapa juga dapat meredakan peradangan pada tenggorokan.

5. Berkumur dengan racikan kulit batang Jambu Air

Selain beguna utuk meredakan asama ternyata kulit batang jambu air juga dapat mempercepat penyembuhan sariawanLangsung aja ya, siapkan kulit batang jambu air yang masih muda secukupnya, kemudian bersihkan dan tumbuk kulit tersebut samapi halus, siapkan 1/2 gelas air masak, campurkan tumbukan tadi dan udak-udak, diamkan beberapa saat, kemudian saring dan pakai air saringan itu untuk bekumur.

6. Berkumur dengan air garam

Sudah banyak orang mengetahui tetang khasiat garam, salah satunya bisa untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Karena garam mempunyai kandungan antiseptik sehingga bakteri/jamur penyebab sariawan bisa mati karenanya.

7. Mengkonsumsi yogurt

Apakah Yogurt itu? yogurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi bakteri baik. Karena kandunganya yang begitu lengkap seperti Vitamin C, vitamin B kompleks, asam folat, asam pantotenat, dan biotin. Dengan kandungan tersebut, yogurt dapat di gunakan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

8. Tomat

Vitamin A, C dan Asam folat yang terdapat pada tomat ternyata juga ampuh mempercepat penyembuhan sariawan. Anda bisa langsung memakanya mentah atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

Sedangkan orang-orang dahulu ketika sariawan mereka sering meracik-racik jamu/bahan tradisioanl untuk mengobati sariawan.

Bahan - bahan;

1. tanaman adas secukupnya {bisa batang ataupun ranting dan daunya}
2. daun sembung ecukupnya
3. kunyit secukupnya
4. daun saga manis secukupnya
5. kayu manis secukupnya, dan air

cara meraciknya sebagai berikut:

Tumbuk tanaman adas, kayu manis, dan kunyit, kemudian jemur sampai kering.
Campurkan semua bahan tersebut kedalam panci dan rebus dengan air secukupnya.
Tunggu sampai air mendidih dan diamkan beberapa saat agar tidak panas.
Minum sehari 2 kali, lakukan dipagi hari dan sebelum tidur.

Ramuan yang kedua

1. buah alpukat matang
2. 2 sendok makan madu murni

Cara meraciknya:

Belah alpukat lalu ambil dagingnya, Masukkan pada wadah, lalu campurkan daging alpukat tadi dengan 2 sendok makan madu murni, Aduk amapai rata dan makan pasta tersebut 3 kali sehari.

Mungkin masih banyak lagi tanaman-tanaman tradisional yang sering dipakai sebagai obat untuk sariawan, yang paling penting adalah pencegahan penyakit dan mengkonumsi makanan sehat, karena pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. cukup sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment