Friday 9 October 2015

Penyebab dan jenis-jenis sariwan

Jenis-jenis sariwan

penyebab dan jenis-jenis sariawan
bibir sariawan

Stomatitis atau dalam bahasa keseharian disebut dengan sariawan. Merupakan radang yang terjadi pada bibir bagian dalam ataupun pipi bagian dalam dan biasanya berupa bercak putih kekuningan.
Sariawan tergolong sebagai penyakit ringan, walaupun tergolong sebagai penyakit ringan kebanayakan orang sangat terganggu dengan penyakit ini. Rasa yang perih sehingga menyulitkan kita untuk makan, minum, bicara dan tentunya selera makan kita akan berkurang.
Perlu kita ketahui bahwa ada 3 jenis sariawan, dan tentunya dengan penyebab-penyebab yang berbeda pula. Sebelum lanjut ke masalah penyebab sariawan, berikut jenis-jenis sariawan yang perlu anda ketahui

1. Sariawan Stomatitis Aphtous

Jenis sariawan ini yang sering dialami oleh kalngan masyarakat dengan ciri seperti ada luka, berwarna putih pucat atau kuning dengan pinggir luarnya berwarna kemerahan baik tunggal maupun berkelompok yang terletak didalam mulut, biasanya terjadi pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam dan lidah.
Sariawan jenis ini biasanya berlangsung selama 5 sampai 10 hari dan tidak disertai demam, untuk lebih jelasnya mengenai ciri sariawan ini bisa anda lihat pada gambar diatas.

2. Sariawan Herpes Simplex

Sariawan jenis ini disebabkan oleh infeksi virus herpes. Sariawan ini memiliki ciri luka yang berkelompok pada bibir bagain dalam, sedangkan pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lambat laun akan menjadi berkerak. Sariawan yang disebabkan oleh herpes ini jarang terjadi pada gusi atau langit-langit mulut.
Sariawan jenis ini biasanya berlangsung sekitar 7 sampai 10 hari, lebih lama dibandingkan jenis sariawan stomatitis apthous. Yang dirasakan sebelum sariawan ini muncul adalah kesemutan, nyeri, atau pedih panas seperti terbakar. Terkadang disertai dengan gejala yang mirip flu.

3. Sariawan Iritasi

Setelah mendengar namanya mungkin anda sudah sedikit ada bayangan pastinya tentang sariawan jenis ini. Ya memang benar, sariawan ini terjadi seperti yang anda bayangkan. Contoh sederhana ketika kita makan tiba-tiba lidah/bibir tergigit, setelah kemudian menjadi sariawan di bagian lidah yang tergigit tadi. Atau ketika keasyikan makan yang keras-keras dalam jumlah yang banyak, keesokan harinya mulut terasa pada lecet, dan akhirnya menjadi iritasi dan iritasi tersebut yang akhirnya menjadi sariawan.

Kebanyakan orang menganggap penyakit sariawan disebabkan karena kekurangan vitamin C, namun sebenarnya tidak hanya vitamin c saja penyebab sariawan. Kekurangan vitamin lain pun dapat menyebabkan sariawan, vitamin tersebut adalah vitamin B. Selain kekurangan vitamin tersebut sariawan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, faktor-faktor tersebut antara lain:

Penyebab sariawan


1. Penyebab Sariawan Aphtous

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab sariawan jenis ini, akan tetapi banyak faktor yang mungkin memicu timbulnya sariawan ini, seperti kekurangan  vitamin C, B12, kekurangan gizi, stres, sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat penyakit pilek atau flu misalnya.
Jamur Candida albicans juga diebut-sebut sebagai pemicu sariawan jenis ini. Jamur ini hidup di dalam mulut dalam jumlah kecil dan mengakibatkan sariawan. Beberapa faktor pemicu meningkatnya jumlah jamur tersebut antara lain:

    Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, contohnya jarang sikat gigi.
    Sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat sakit. misalnya pas demam, flu dan lain sebagainya.
    Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya obat antibiotik.
    Yang terakhir penggunaan gigi palsu.
   
2. Penyebab Sariawan Herpes

Sariawan jenis ini disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1, virus ini akan tetap berada dalam tubuh dan akan aktif ketika daya tahan tubuh seseorang sedang menurun/drop seperti ketika stres, demam, trauma, perubahan hormonal (seperti menstruasi). Jenis virus ini {herpes simpleks} tidak hanya menyerang di bagian bibir {sariawan} tetapi juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya misalnya pada mata, telinga dan sekitar alat kelamin.

3. Penyebab Sariawan Iritasi

Penyebab Sariawan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Pipi bagian dalam, lidah, atau bibir tergigit ketika kita sedang mengunyah makanan.
b. Pemakaian kawat gigi atau peralatan gigi lainya.
c. Penyakit gusi (gingivitis) atau infeksi mulut lainnya juga dapat memicu timbulnya sariawan ini.
d. Makanan atau minuman yang panas, pasti kebanyakan orang pernah mengalaminya saat tidak sengaja minum air yang sangat panas. Setelah itu bagian mulut kita terasa kayak tergores-gores.
e. Alergi terhadap hal-hal tertentu, seperti makanan atau obat-obatan.
f. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, antibiotik, obat yang digunakan untuk rheumatoid arthritis , atau obat epilepsi.
   
Dengan mengetahui jenis dan penyebab-penyebab sariawan diatas mungkin dapat memudahkan kita dalam memilih obat alami untuk sariawan dan cara mengobati sariwan tersebut. Semoga artikel mengenai penyebab sariawan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment