Wednesday 21 October 2015

Batu ginjal

batu ginjal


Pda artikel kali ini saya akan membahas mengenai gejala dan pencegahan batu ginjal. Sebelumya yang perlu kita ketahui apa sich batu ginjal itu?? Batu ginjal adalah suatu kondisi seseorang dimana didalam ginjalnya terbentuk material keras yang menyerupai batu.
Dan material tersebut terbentuk dari sisa zat-zat makanan/minuman yang tidak dapat dinetralisir oleh ginjal sehingga mengendap dan mengkristal seiring bertambahnya waktu.
Endapan batu tersebut selain disebabkan oleh makanan/minuman juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Berikut penyebab batu ginjal menurut para ahli medis/kesehatan:

Penyebab batu ginjal karena makanan/minuman

1. Kopi
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kadar kalsium yang tinggi dalam urine, sehingga kadar kalsium tersebut bisa menumpuk dan membentuk material yang menyerupai batu. Selain kopi cafein bisa ditemukan dalam teh, dan soda.

2. Pemanis buatan, pewarna buatan, dan pengawet
Ketiga zat tersebut jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu terjadinya batu ginjal. Untuk itu usahakan memilih makanan/minuman yang mengendung zat-zat tersebut.

3. Protein
Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak diimbangi dengan makanan yang sehat lainya dan air putih maka dapat menyebabkan batu ginjal juga.

4. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi adalah penyebab penyakit ginjal yang umum terjadi, entah itu batu ginjal ataupun gagal ginjal. Minuman berkarbonasi contohnya soda, minuman energi, minuman penambah stamina dan jus kemasan, hindarilah minuman-minuman tersebut jika anda sering meminumnya, kalaupun tidak bisa anda dapat menguranginya.

6. Susu
Bagi seseorang yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium bukanlah teman. Karena kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang dan lama kelamaan akan memicu terbentuknya batu ginjal.

Selain Zat-zat yang terdapat pada makanan/minuman yang telah saya jelaskan, batu ginjal juga dapat disebabkan oleh faktor resiko. Faktor resiko tersebut antara lain:

Faktor resiko batu ginjal


1. Minum air putih yang kurang
2. Obesitas/kegemukan
3. Usia 40 tahun keatas, Usia 40 tahun keatas lebih rentan terkena batu ginjal dibanding dengan usia dibawah 40 tahun kebawah
4. Laki-laki menurut pakar kesehatan lebih beresiko terkena batu ginjal.
5. Masalah keturunan
6. Kondisi medis lain

Gejala batu ginjal

Gejala batu ginjal biasanya tidak terasa jika batu tersebut masih masih berukuran sangat kecil dan masih berada di dalam ginjal. Dan akan terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter {saluran yang menghubungkan ginjal dan batu kemih} karena megakibatkan iritasi yang disebabkan gesekan batu tersebut dengan ureter terjadilah rasa sakit yang tidak tertahankan.

Gejala sakit yang dirasakan berupa nyeri pada pinggang, perut bagian bawah, dan selangkangan. Selain rasa sakit tersebut kadang penderita mengalami muntah-muntah, menggigil dan demam.

Pencegahan batu ginjal


1. Olahraga
2. Minum air putih yang banyak
3. Menghindari makanan yang banyak mengandung pengawet ataupun pemanis buatan yang menjadi penyebab batu ginjal

Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Dengan pola hidup yang sehat dan banyak minum air putih adalah kunci agar kita terhindar dari penyakit batu ginjal. Cukup sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan artikel selanjutnya akan membahas mengenai obat Batu ginjal.

No comments:

Post a Comment