Thursday 29 October 2015

Pantangan ibu hamil

Makanan  pantangan ibu hamil - Minuman pantangan ibu hamil - Kebiasaan pantangan ibu hamil


Hamil merupakan sauatu kondisi yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru saja menikah. Maka dari itu diartikel kali ini akan saya rangkum kebiasaan dan makanan apa saja yang dilarang ketika seseorang sedang hamil. Dimana pada artikel sebelumnya saya telah merangkum tentang makanan apa saja yang dianjurkan ketika masa kehamilan.


Pada usia kehamilan yang masih muda ada banyak sekali aktifitas-aktifitas yang perlu dihindari, serta ada pula makanan-makanan yang tidak baik yang perlu diketahui. Karena saat usia kehamilan masih muda ada banyak sekali resiko yang dapat terjadi jika para ibu tidak berhati-hati dalam beraktifitas ataupun mengkonsumsi makanan.
Apa saja pantangan-pantangan tersebut

1. Melakukan aktifitas berat

Ketika masa kehamilan kalimat yang harus diingat oleh para ibu adalah "saat ini saya sedang hamil". Dengan selalu memngingat kalimat tersebut diharapkan para ibu bisa membedakan pekerjaan apa saja yang dirasa ringan dan pekerjaan apa saja yang dirasa berat.
Ketika pekerjaan ibu yang dirasakan berat maka segera jahuilah, karena disini yang bisa mengukur berat tidaknya suatu pekerjaan/aktifitas hanayalah ibu sendiri yang menjalaninya.
Kalau ditanya contohnya, salah satu contohnya adalah, mengangkat benda-benda berat, aktifitas yang berlebihan sehingga membuat ibu kecapaian, dan lain sebagainya.

2. Melakukan diet

Masa kehamilan adalah masa-masa dimana sang ibu dituntut untuk bersabar, baik dari segi aktifitas ataupun pola makan. Pada saat ibu hamil perubahan bentuk badan serta pola makan pasti tidak seperti biasanya. Mengalami kegemukan bukan merupakan sesuatu yang aneh bagi ibu hamil, hampir semua mengalami.
Seperti yang telah saya jelaskan diawal kalimat bahwa dituntut untuk bersabar, ibu harus bersabar dengan kondisi badan yang tidak ideal ini {kegemukan}. Jangan sekali sekali melakukan diet, hal itu dikarenakan janin yang ada dikandungan sangat membutuhkan berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembanganya.

3. Hindari strees

Realalita suatu kehidupan kadang bisa membawa seseorang menjadi strees, dengan sebab yang beraneka ragam. Bagi ibu yang sedang hamil, disarankan untuk menghindari kondisi stress ini karenena dapat mengganggu perkembangn janin. Untuk menghindarinya ibu bisa jalan-jalan ketika suntuk, ibu bisa bercerita ke saudara ketika ada masalh, dan lain sebagainya.

4. Hindari penggunaan kosmetik dan bahan penolak nyamuk

Bahan-bahan kimia yang terdapat pada kedua bahan diatas termasuk kedalam pantangan ibu hamil, karena dapat memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan sang janin. Hal ini ditegaskan oleh para ahli medis/keshatan. Lebih baik menghindarinya daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kosmetik memang merupakan andalan bagi para wanita, akan tetapi lebih baik bersabar tidak menggunakan dulu ketika masa kehamilan. Dan untuk penolak nyamuk, ibu bisa menggunakan bahan alami seperti daun sereh yang dioleskan kekaki dan tangan daripada memakai bahan kimia yang berbahaya bagi janin.

5. Hindari makanan

-Makanan yang mengandung mercury terlalu tinggi
Mercury yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak  si janin. Contoh makanan yang mengandung mercury tinggi adalah ikan hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish. Sushi {makanan jepang} juga harus dihindari karena mempunyai kadar merkuri yang tinggi. Kadar mercury yang tinggi biasanya diperoleh dari jenis-jenis ikan yang berukuran besar/ikan yang lama hidup dilaut.

-Makanan menntah/setengah matang
Daging mentah harus dihindari karena memiliki resiko terkontaminasi oleh bakteri sehingga dapat beresiko buruk untuk perkembangan janin. Maksut daging mentah disini adalah makanan-makanan yang masih mentah misalnya sasimi, susi, atau daging asap.

-Makanan/minuman yang mengandung kafein
Mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedang tidak masalah/baik bagi kesehatan, akan tetapi ada studi lain yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein dalam masa kehamilan dapat memicu keguguran. Maka hindari kafein selama usia kehamilan masih muda untuk mengurangi kemungkinan keguguran.

-Susu segar yang belum dipasteurisasi
Susu yang tidak dipasteurisasi atau susu segar yang lagsung dari peternak kemungkinan mengandung bakteri yang disebut listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu pastikan bahwa susu yang Anda minum telah dipasteurisasi.
Meskipun susu segar yang langsung dari peternak memeiliki manfaat yang luar biasa, akan tetapi selama masa kehamilan disarankan untuk menghindarinya agar tidak terjadi hal-hal yang buruk pda si janin.

-Hindari makan buah nanas
Mengapa dilarang mengkonsumsi buah nanas ketika hamil muda? Hal itu dikarenakan buah nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan mengganggu kehamilan dan bahkan juga dapat menyebabkan keguguran. Jadi hindarilah buah nanas selama masa kehamilan, ibu bisa megkonsumsi buah lain untuk menggantikanya.

6. Hindari rokok dan minuman beralkohol
Semua orang sudah mengetahuinya bahwa rokok dan minuman beralkohol tidak baik bagi kesehatan. Jadi hindarilah rokok dan minuman beralkohol selama masa kehamilan agar janin yang ada dikandungan tetap sehat sampai kelahiranya kelak.

7. Hindari minum obat sembarangan
Jika ibu sedang flu/batuk pada masa kehamilan, wajib untuk memeriksakan diri kedokter. Agar bisa diberi obat yang aman/tidak berdampak buruk bagi kesehatan sijanin. Dan jangan sekali-kali mencoba minum obat dari warung tanpa diberikan resep dari dokter/ahli medis lainya.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan ibu hamil dan harus dihindari oleh ibu hamil untuk kesehatan sang janin, Informasi diatas saya rangkum dari berbagai asumber media yang terpercaya..
cukup sekian dan semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment