Tuesday 6 October 2015

Penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut yang sering terjadi

penyebab bau mulut


Bau mulut dalam istilah medis disebut halitosis merupakan salah satu hal yang sangat menggangu dan memebuat kita tidak percaya diri. Bau mulut sendiri bersumber dari dalam mulut kita, lalu apa sich penyebabnya? langsung aja yuk kita cari tau penyebabnya.

penyebab bau mulut:

1. Makanan
Makanan disisini dapat diartikan sebagai sisa-sisa makanan, lalapan dan bumbu pembutan makanan tersebut. Karena bumbu makanan tertentu mempunyai bau yang tajam yang dapat meninggalkan bau dimulut, antara lain bawang merah, pete, jengkol dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sisa-sisa makanan sendiri yang tertinggal di dalam mulut juga dapat meninggalkan jejak bau, apalagi bila terselip diantara gigi.

2. mulut kering

Salah satu penyebab bau mulut adalah mulut kering. Jika asupan air dalam ubuh kita kurang dapat membuat mulut kering dan mengeluarkan bau tidak sedap.
contoh sederhana saja:
 ketika kita puasa, coba anda hirup bau mulut anda dengan cara yang anda bisa. Pasti bau yang tidak sedap yang anda cium. Contoh yang kedua saat anda tidur, dan saat bangun pagi cobalah cium bau mulut anda pasti akan mengeluarkan bau tidak sedap. Mengapa itu bisa terjadi? Jawabanya karena asupan air dalam tubuh kita berkurang sehingga produksi air liur juga berkurang dang mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.

3. Rokok

Para ahli kesehatan mulut telah menyarankan untuk menghindari rokok, karena selain bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap merokok juga dapat menyebabkan gigig kuning, gusi bengkak dan kerusakan gigi. dan mengunyah tembakau selain menyebabkan penyakit gusi atau kanker mulut, dapat menjadi pemicu penyebab bau mulut.

4. Masalah gigi dan gusi

Masalah gigi dan gusi sering juga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. contohnya gigi yang berlubang, yang dapat menyimpan sisa-sisa makanan jika kurang bersih saat sikat gigi. Sisa akar gigi yang tidak dicabut pun bisa juga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Sedangkan untuk gusi, ketika gusi yang meradang (membengkak) yang biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap, ataupun banyaknya karang gigi yang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kondisi-kondisi tersebut merupakan tempat tertimbunnya bakteri.

5.Kurangnya kebersihan mulut

Ketika seseorang tidak menyikat gigi secara teratur, maka sisa makanan yang tersisa di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

6. Masalah Kesehatan

Yang terakhir adalah bau mulut yang disebabkan oleh masalah kesehatan, Diantaranya adalah Infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, sariawan, bronchitis, diabetes, refluks asam, intoleransi laktosa, masalah perut lainnya. Masalah-masalh kesehatan tersebut yang juga sering menimbulkan bau mulut.
Sekarang gimana caranya mendeteksi apakah mulut kita itu bau? berikut ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk mendeteki apakah mulut kita itu bau atau tidak.

 Cara sederhana mendeteksi bau mulut


1. Cara Pertama

Jilat sedikit bagian belakang pergelangan tangan anda, kemudian Tunggu beberapa saat dan cium pergelangan tangan anda.

2. Cara Kedua

Tutupkan gelas kemulut dan hidung, Hembuskan nafas bersamaan antara mulut dan hidung hirup dan rasakan apakah bau atau tidak.

3. Cara Ketiga

Pakai salah satu jari, kemudian tempelkan dibelakang lidah anda. Semakin jauh lokasi belakang lidahnya maka semakin baik untuk mengetahui bau mulut anda, kemudian keluarkan jarinya dan hirup. Apabila berbau tidak sedap berarti napas anda memang bau.

Penyebab bau mulut diatas yang sering dialami masyarakat adalah mulut kering dan kurangnya kebersihan dalam mulut, dengan menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi secara teratur adalah salah satu cara sderhana untuk mencegah timbulnya bau mulut. Jika bau mulut anda masih terus anda alami, silahkan konsultasikan kedokter gigi ataupun ahli kesehatan lainya. Cukup sekian dari saya dan semoga ada manfaatnay..

No comments:

Post a Comment