Tuesday 6 October 2015

penyebab gigi berlubang

penyebab gigi berlubang yang sering terjadi


penyebab gigi berlubang


Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab utama sakit gigi. Gigi berlubang sendiri dapat terjadi pada siapa saja entah itu balita, anak-anak, remaja, dan nenek-nenek. Sebenarnya gigi berlubang dapat kita hindari dengan mejaga kebersihan gigi, karena sebenarnya foktor utama penyebab gigi berlubang adalah kebersihan mulut.
Untuk lebih jelasnya langsung aja yuk kita simak penyebab-penyebab gigi berlubang dibawah ini:

1. makanan manis

Apakah makanan manis memicu gigi berlubang?? jawabanya adalah ya sangat benar. Karena makanan dan minuman yang manis kandungan gulanya difermentasi oleh bakteri dan membentuk asam di dalam mulut dan gigi. Kadar keasaman mulut yang terus bertambah akan mengerosi enamel pada gigi dan menyebabkan keropos/gigi berlubang. Jika dalam keseharian anda sering mengkonsumsi makanan manis, maka kemungkinan resiko gigi berlubang semakin besar.

2. Bakteri

Mitos mengatakan bahwa gigi berlubang terjadi akibat di makan ulat. Mungkin yang dimaksut ulat itu hanyalah ungkapan masyarakat tentang bakteri, agar anak-anak lebih mudah dalam memahaminya.

Ada 3 jenis bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

-Bakteri Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini hidup dipermukaan gigi, dan merupakan pemicu utama dari gigi berlubang.
-Bakteri streptokokus. Bakteri ini menyerang permukaan halus di sisi gigi, yaitu sisi yang biasanya menyentuh gigi yang berdekatan.
 -Bakteri Odontomyces viscoses. Bakteri ini hidup di belakang lidah dan menyerang daerah sementum{lapisan luar yang keras dari akar gigi}

Mulut kita sebenarnya mengandung berbagai jenis bakteri yang berkembang melalui makanan ataupun minuman yang mengandung zat tertentu seperti gula. Jika tidak segera dibersihkan, maka bakteri-bakteri tersebut akan cepat menyerang gula yang telah memproduksi asam, kemudian bakteri tersebut membentuk plak {lapisan tipis (biofilm) yang melapisi gigi dan mengandung mikroorganisme baik maupun jahat yang bergabung dengan sisa-sisa makanan}.

3. Memilih sikat gigi yang Kurang Tepat

Maksutnya disini adalah, Memilih sikat gigi yang tidak sesuai dengan karakter rongga mulut juga berpotensi memicu gigi berlubang.
Mengapa bisa begitu?
Karena sikat gigi yang tidak sesuai dengan rongga mulut mengakibatkan tidak terjangkaunya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Dan jika bulu sikat yang dipilih terlalu kasar bisa juga mengikis email gigi.

4. Kebersihan mulut

Kebersihan mulut menurut saya adalah patokan utama agar kita terhindar dari masalah mulut, entah itu gigi berlubang, gusi bengkak, bau mulut dan lain sebagainya.Alangkah baiknya menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan tentunya dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar terhindar dari rusaknya gigi dan bau mulut.

5. Cara menyikat gigi yang salah

Kebanyakan orang mengalami gigi berlubang karena cara menyikat gigi yang tidak benar. Maka dari itu alangkah baiknya jika  menyikat gigi dilakukan didepan cermin, supaya kita bisa memastikan bahwa sisa-sisa makanan penyebab gigi berlubang tidak ada lagi. Dalam hal kesehatan, cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan menyikat gigi dari atas ke bawah atau dari bawah keatas. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Dan jangka waktu yang baik itu, sebaiknya dilakukan selama 1 sampai 2 menit.

6. Mulut kering

Air liur merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam menjaga permukaan gigi agar tetap bersih serta dapat menetralisir asam di mulut. Maka dari itu orang-orang yang memiliki kandungan air liur yang rendah rentan resiko kerusakan gigi. Maka dari itu banyak-banyaklah minum air putih agar mulut kita selalu basah dan terjaga air liurnya, untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab gigi rusak/berlubang.

7. Memakai tusuk gigi yang kurang benar

Apa benar tusuk gigi salah satu penyebab gigi berlubang? ya jawabanya adalah benar sekali. Selain sikat gigi, tusuk gigi juga termasuk salah satu benda yang sering digunakan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, biasanya makanan itu adalah daging. Kebanyakan orang memakai tusuk gigi untuk membersihkan gigi diarea yang sulit dijangkau, pengguaan tusuk gigi yang kurang tepat dapat menyebabkan gigi berlubang.
Sebagai contoh: Gigi anda berlubang tetapi cuma kecil, lalu anda makan makanan dan menyisakan sisa makanan di gigi anda yang berlubang kecil tadi. kemudian dengan tusuk gigi anda berusaha untuk menghilangkan sisa makanan tersebut, lama kelamaan jika anda terus begitu maka gigi berlubang anda akan semakin besar. Untuk itu sangat disaranan membersihkan sisa makanan dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Setelah kita tau apa saja penyebab gigi berlubang, tentunya kita harus tau juga obat alami/bagaimana penanganan khusus untuk gigi berlubang. Karena beda sakit gigi beda pula obatnya.

obat tradisional khusus untuk gigi berlubang:


1.  Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk menyembuhkan/meredakan sakit gigi berlubang.
cara pemakainya cukup mudah, kalau untuk gigi berlubang. Tumbuk/haluskan bawang putih, kemudian ambil timbukan bawang tersebut di dalam gigi berlubang anda.
sedangkan khusus gigi sensitif, anda bisa langsung mengunyahnya.

2. Merica

Merica juga salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang. Cara pemakaianya tidak beda dengan bawang putih yang teah saya jelaskan diatas.

3. Biji alpukat

Biji alpukat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang. Caranya yaitu siapkan 1 biji alpukat, cuci sampai bersih. Selanjutnya sangrai biji tersebut sampai benar-benar kering. Setelah kering, haluskan sampai membentuk bubuk halus. Gunakan bubuk tersebut untuk dimasukkan kedalam gigi yang berlubang..

Kesehatan gigi pada dasarnya tergantung kitaa. Dengan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi serta rutin gosok gigi minimal 2 kali sehari, rsiko gigi berlubang ataupun penyakit gigi lainya bisa diminimalisir. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment