Saturday 3 October 2015

Penyebab gusi bengkak

penyebab gusi bengkak

Gusi bengkak/radang gusi yaitu penyakit yang terjadi di dalam mulut dengan rasa yang menyakitkan. Rasa sakit yang dirasakan kadang terasa sampai di kepala, kadang susah untuk makan, dan susah pula untuk berbicara.


Gusi bengkak  salah satu penyebab dari sakit gigi, sedangkan sebab-sebab dari gusi bengkak sendiri bermacam-macam. Sebelum mengobati tentunya kita perlu tau penyebab gusi bengkak itu sebenarnya apa? Agar nantinya kita lebih mudah untuk mengobati. Dari pada ngelantur kemana-mana langsung aja yuk kita cari tahu penyebab gusi bengkak yang paling sering terjadi.

Penyebab gusi bengkak yang sering terjadi


1. Kebersihan mulut

Kebersihan mulut adalah faktor utama penyebab terjadinya peradangan atau iritasi pada gusi sehingga mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Radang gusi dalam dunia kedokteran sering juga disebut gingivitis, Radang pada gusi itulah yang akhirnya menimbulkan plak-plak pada gigi dan lama kelamaan akan menumpuk sehingga bisa menancap di gusi anda.

2. Yang kedua adalah kekurangan vitamin C

Banyak manfaat yang terkandung dalam vitamin C, salah satunya untuk menyehatkan gusi. Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah. Tidak cuma itu saja, selain bisa menyebabkan gusi bengkak, kekurangan vitamin C juga dapat mengakibatkan sariawan, dan bibir pecah-pecah.

Jadi agar gusi kita selalu sehat rutinlah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C. Tidak cuma vitamin C yang mempunyai peranan penting dalam memicu gusi bengkak, Karena nutrisi lain seperti asam folat juga punya peranan penting. Asam folat diperlukan tubuh untuk melakukan sintesis protein, mendorong proses produksi sel darah merah, menjaga fungsi sel normal, dan mencegah penyakit pada gusi seperti gingivitis.

3. Penyebab selanjutnya adalah bakteri/plak gigi

Bakteri yang menumpuk bisa juga disebut dengan plak. Seperti yang sudah saya jelaskan pada nomer satu diatas jika terinfeksi oleh bakteri yang menempel pada sela-sela gigi bisa memperburuk kondisi kesehatan gusi. Apabila tidak dibersihkan segera, maka resiko terkena masalah kesehatan gusi pun semakin besar.

4. Sisa-sisa makanan

Kadang kita tidak menyadari bahwa sisa-sisa makanan bisa memicu timbulnya pembengkakan pada gusi. Hal itu bisa terjadi ketika ada sisa makanan di sela-sela gigi lalu kita membersihkannya tidak dengan hati-hati dan malah mendorong sisa makanan tadi kedalam sela-sela gigi. Umumnya hal ini yang sering terjadi dikalangan masyarakat.

5. Yang terakhir adalah alkohol

Baik itu minuman beralkohol ataupun obat-obatan yang mengandung alkohol semacam obat kumur, tidak disarankan untuk dipakai terlalu sering memakai obat kumur yang mengandung alkohl. Karena efek samping dari alkohol sendiri antara lain:

Dapat menyebabkan iritasi pada jaringan gusi jika sering-sering digunakan {khusus untuk obat kumur}. Sedangkan alkohol dalam minuman dapat menjadikan  gigi dan gusi mengalami kerusakan permanen.  Karena pecandu minuman beralkohol biasanya mengabaikan gejala awal penyakit gusi yang timbul.

Itulah lima penyebab gusi bengkak yang sering dialami seseorang. Sedangkan untuk mengobati gusi bengkak sendiri, ada 2 tips yang sering saya praktekkan, berikut tips alami yang khusus untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat.

Cara mengobati gusi bengkak dengan cepat


1. Dengan garam.

Garam mempunyai kandungan antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab gusi bengkak. Caranya cukup mudah, siapkan garam dan air hangat, campurkan kedua bahan tersebut lalu gunakan untuk berkumur secara rutin, insya Alloh dalam waktu yang cepat gusi anda akan kempes seperti semula

2. Dengan mengeluarkan nanah

Cara yang satu ini cukup ampuh dan perlu anda coba. menurut kebanyakan orang rasa sakit yang ditimbulkan gusi bengkak tersebut berasal dari nanah yang ada didalamnya. Jadi jika anda ingin segera sembuh maka mau tidak mau harus mengeluarkan nanah tersebut.

Caranya terserah anda, yang jelas cara yang anda gunakan nyaman dan tidak membahayakan. Sedikit penjelasan tentang cara saya, gunakanlah jarum/duri pohon jeruk, sambil menghadap kaca tusukkan jarum/duri tadi pada gusi bengkak yang anda alami sampai keluar cairan yang rasanya asin. Setelah selesai berkumurlah dengan air garam yang hangat, dan coba rasakan pasti rasa sakitnya sudah hilang atau bahkan sudah sembuh.

Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengobati khusus gusi bengkak, Tetapi alangkah baiknya melakukan pencegahan sebelum terjadinya gusi bengkak atau masalah tentang gigi dan gusi. Dengan membiasakan sikat gigi secara teratur dan makan makanan yang mengandung vitamin c dan sebagainya, akan meminimalisir terjadinya gusi bengkak ataupun sakit gigi..

No comments:

Post a Comment