Thursday 5 November 2015

Cara alami menghilangkan bau ketiak

Cara alami menghilangkan bau ketiak


Bau badan adalah bau yang ditimbulkan oleh tubuh dan berasal dari ketiak ataupun tempat lain. Bau badan merupakan masalah yang biasa tetapi dampaknya luar biasa, makst dari dampak luar biasa ini adalah rasa percaya diri kita akan menjadi berkurang bila tidak segera diatasi.
Biasanya bau badan itu berasal dari area tubub tubuh yang memiliki lipatan2 seperti ketiak.

Lalu kenapa ketiak bisa bau? Tubuh kita mempunyai 2 kelenjar keringat yang namanya aprocine/kelenjar keringat dalam dan accrine/kelenjar keringat luar. Kelenjar keringat luar/accrine menghasilkan keringat yang tidak berbau yang biasanya berada di kening telapak tangan dan kaki. Sedangkan kelenjar aprocine/kelenjar keringat dalam menghasilkan keringat yang berbau dan sbagian besar kelenjar ini berada di ketiak.

Ketika kelenjar ini menghasilkan keringat diketiak maka akan mengundang bakteri yang bisa menyebabkan bau badan. Itulah mengapa ketiak merupakan area/tempat yang menimbulkan bau. Bau badan umumnya disebabkan oleh beberapa sebab, sebab tersebut antara lain:


penyebab ketiak bau


1. disebabkan oleh kringat

sperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa salah stufktor yang paling utama penyebab bau adalah keringat. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar aprocine dan mengundang bakteri penyebab bau badan.

2. oleh makanan

Selain kelenjar aprocine, ada beberapa makanan yang dapat memicu bau pada keringat. makanan makanan tersebut antara lain:

-Bawang
bawang memiliki zat yang bernama volatile sulfurous. Zat yang dapat menahan bau bawang tersebut agar tidak hilang setelah dikonsumsi, sehingga jika kita mengkonsumsiny maka zat yang menempel pada bawang tersebut dapat menyebabkan keringat kita menjadi bau.

-Daging merah
daging merah juga slah satu penyebab bau badan, seseorang yang sering mengkonsumsi vegetarian bau badanya lebih enak kalu dibandingkan dengan seseorang yang sering mengkonsumsi daging. Selain bawang dan daging, kunyit dan makanan pedas juga dapat memicu bau badan.

3. disebabkan oleh alkohol

Alkohol juga menjadi salah satu penyebab bau badan, kandungan yang terdapat pada alkohol tidak semuanya dapat diproses oleh tubuh. Ada sebagian dari alkohol yang dikonsumsi akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Oleh karena itu keringat yang bercmpur alkohol tersebut akan menimbulkan bau yang tak sedap.

4. cafein

Cafein juga menjadi salah satu penyebab bau badan, konsumsi kafein yang berlebihan akan memicu bau badan yang tak sedap.

cara mengatasi bau ketiak dengan alami

1. Mandi teratur

Mandi adalah salah satu aktifitas yang harus rutin dilakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit dan bau badan. Jika keringat yang bercampur debu tidak dibersihkan dengan mandi maka dapat mengakibatkan bau badan yang tidak sedap.

2. Memakai deodorant

Ketiak yang selalu basah karena keringat bisa memicu timbulnya bakteri penyebab bau badan, untuk itu penggunaan deodorant dapat menjaga agar ketiak selalu kering dan bau badan berkurang.

3. Rutin mengganti pakaian

Pakaian yang lembab karena keringat adalah salah satu sarana yang memicu berkembangnya berbagai macam bakteri, salah satunya bakteri penyebab bau. Maka rutinlah mengganti dan mencuci pakaian agar bakteri tersebut hilang.

4. hindari aktifitas berlebih

Jika bukan tuntutan kerja maka hindarilah aktifitas yang berlebih agar tidak menimbulkan bau badan. Karena aktifitas berlebih akan banyak mengeluarkan keringat dan memicu kuman-kuman penyebab bau badan mendekat.

obat bau badan alami

1. kemangi

Taukah anda daun kemangi itu seperti apa? Kalau belum tahu silahkan lihat gambar dibawah ini


Aroma khas daun kemangi ternyata menurut penelitian berkhasiat dalam mengurangi bau badan yang tak sedap. Dengan tinggi sekitar 1 meter, panjang daun sekitar 2-3cm, dan sering dijadikan lalapan ini memiliki senyawa yang dapay mengurangi berat badan.

2. daun sirih

zat anti oksidan serta senyawa-senyawa lain yang terkandung didalan daun sirih dipercaya mampu membunuh kuman/bakteri penyebab bau badan. oleh karena itu daun ini sering disebut-sebut tanaman multi manfaat dari akar sampai daunya yang mempunyai manfaat bagi kesehata. Selain meminum rebusan daun sirih, anda juga dapat memakai untuk campuran air mandi untuk mencegah kuman penyebab bau badan.

3. bunga melati

Untuk bunga melati cara penggunaanya bisa dengan dioles-oleskan keketiak atau bisa juga dimasukkan kedalam saku agar mengurangi bau badan.

4. jeruk nipis

Untuk menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini sudah menjadi tradisi jaman nenek moyang kita. Mereka meramu perasan air jeruk nipis ini kemudian dicampur dengan kapur sirih. Dengan campuran air jeruk nipis dan kapur sirih ini anda bisa memakainya dengan mengoleskan pada ketiak.

Cukup sekian artikel tentang cara menghilangkan bau badan dengan cepat, anda bisa langsung mempraktekkan cara-cara diatas agar bau badan segera teratasi. Selain itu cara/obat tradisional selain murah harganya juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kita.



No comments:

Post a Comment