Tuesday 3 November 2015

Tips mencegah diabetes sejak dini

 Mencegah penyakit diabetes sejak dini yang perlu diketahui

Tips mencegah diabetes sejak dini


Pencegahan penyakit diabetes sangat diperlukan bagi semua orang, baik tua maupun muda. Hal itu perlu diperlukan karena penyakit ini sering tidak menunjukan gejala-gejalanya, dsn gejala baru terlihat / baru disadari ketika seseorang sudah lama mengidap penyakit itu.
Penanganan yang eksta hati2 dalam memilih makanan serta perawatan luka dan berolahraga sangat ditekankan, hal itu bertujuan untuk nebghindari resiko / sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu perlu kita ketahui cara seperti apa untuk mencegah penyakit diabetes agar tidak menyerng kita.

Berikut adalah tips mencegah penyakit diabetes

1. Kurangi makanan/minuman yang manis

Gula adalah racun termanis didunia itulah ungkapan para pepatah yang harus kita ingat-ingat. Hampir semua makanan yang mempunyai rasa manis bahan utamanya adalah gula. Sedangkan gula sendiri berasal dari bahan alami yang dikristalkan dengan urea, itulah mengapa gula bila dikonsumsi berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit yang berbahaya {diabetes}. Karena anda tahu sendiri urea yang digunakan untuk mengkristalkan gula-gula tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu mengurangi konsumsi makanan/minuman yang mainis sangat disarankan untuk mencegah timbulnya diabetes sejak dini.

2. kurangi makanan berlemak

Tingginya asupan lemak dalam tubuh dapat memicu resiko obesitas yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. Penelitian menunjukan bahwa hampir 90% sesorang yang mengidap diabetes dikarenakan mengkonsumsi makanan manis dan obesitas. Maka dari itu, selain makanan yang manis anda juga harus mengurangi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak untuk menghindari penyakit berbahaya yang merugikan tubuh.

3. Rajinlah berolahraga

Selain mengkonsumsi makanan berlemak yang berlebihan, obesitas bisa terjadi dikarenakan kurang gerak / kurang berolahraga. Selain konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit obesitas. Kebiasaan berolahraga secara rutin dipercaya mampu untuk meminimalisir datangnya penyakit-penyakit yang berbahaya.

4. Makan dengan teratur

Seperti yang diajarkan oleh islam tentang makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ternyata ungkapan tersebut dibenarkan oleh para ahli medis, jika makan setelah perut kita keroncongan/lapar dapat menimbulkan berbagai macam bahaya yang ditimbulkanya, begitu juga dengan makan terlalu banyak/berlebihan juga dapat menimbulkan dampak buruk pada tubuh salah satunya obesitas.

5. Banyak konsumsi sayur

Kandungan vitamin, mineral, protein, zat besi dan lain sebagainya, semua kandungan didalam sayur sangat bermanfaat dalam berbagai hal, seperti melancarkan sistem pencernaan, menjaga dari racun-racun berbahaya dengan anti oksidan yang dimilikinya, anti kanker dan mengontrol berat badan agar tidak terjadi obesitas.

6. Turunkan berat badan

Turunkan berat badan/diet juga sangat disarankan untuk pencegahan diabetes, jika anda merasa kegemuk'an maka mau tidak mau hal yang harus anda lakukan adalah menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan berat badan yang berlebih dapat mengganggu kerja insulin dalam membantu sel-sel untuk penyerapan glukosa untuk dijadikan energi karena terhalang lemak yang berlebih. Itulah mengapa seseorang harus menurunkan berat badanya jika mengalami kegemukan.

7. biasakan sarapan

Mengapa sarapan pagi dapat dikatakan dapat mencegah terjadinya diabetes?? Iya memang benar, para ahli medis telah meneliti dan menemukan hasil terbaik yang dihasilkan dari sarapan pagi yang sehat rendah lemak dan kaya akan nutrisi.
Lalu apa hubunganyq dengan diabetes? Karena sarapan pagi dapat menggantikan / mengembalikan kadar gula darah pada batas normal, setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi tidak makan sama sekali / tidur.

8. Hindari stress

Kadang sebagian orang menganggap stres bisa hilang dengan sendirinya, kl stress tinggal jalan-jalan aja psti nanti uadah g setres lagi. Kebanyakan orang mikirnya begitu, tetapi dibalik itu semua tak ada yang mengira bahwa stress yang berlebihan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti jantung, insomnia, gangguan pencernaan, sering pusing, dan diabetes. Maka dari itu hindarilah stres, biasakan berolahraga, makan teratur dan jangan terburu-buru kalau melakukan sesuatu. Agar tidak terkena penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan.

Itulah 8 tips sejak dini yang dapat kita lakukan/terapkan agar terhindar dari penyakit diabetes, adapun makanan-makanan setiap hari yang dianjurkan dan yang dilarang bagi penderita diabetes yang perlu anda ketahui.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes antara lain:


-Apel , aprikot dan pir
-Ikan makarel, sarden dan salmon
-Labu dan biji rami
-Sayuran
-Oat
-Roti gandum dan ubi jalar
-Beras merah

Makanan untuk penderita diabetes :

-Nasi putih yang baru saja selesai menanak
-Makanan instan
-Kentang
-Saus tomat
-Roti
-Pemanis buatan
-Minuman berenergi atau bersoda
-Makanan atau minuman yang mengandung kafein
-Nangka dan durian
-Makanan yang banyak mengandung gula

Pencegahan diabetes harus dilakukan sedini mungkin dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti yang telah saya rangkum diatas, karena mengingat tentang gejala diabetes yang tidak mudah untuk dikenali. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment