Tuesday 17 November 2015

Cara menghilangkan ngantuk dengan cepat

cara menghilangkan ngantuk dengan cepat


Manusia adalah makluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang tidak bisa terlepas dari rasa lapar, haus,
senang, susah, ngantuk dan lain sebagainnya. Rasa-rasa tersebut akan datang dan pergi seiring berjalanya waktu dalam berbagai macam kondisi.


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai masalah tentang mengantuk. Tidak bisa kita pungkiri bahwa berbagai macam aktifitas seseorang setiap harinya membutuhkan berbagai macam energi yang membuatnya merasa lelah. Kelelahan tersebut yang nantinya akan menjadikan rasa kantuk, mengatuk dapat diartikan sebagai suatu kondisi alami dalam tubuh yang meminta haknya untuk beristirahat.

Jika megantuk terjadi pada malam hari, itu adalah hal yang normal dan bahkan kebanyakan orang menginginkanya agar terhindar dari insomnia. Akan tetapi beda ceritaya jika mengantuk terjadi disiang hari pada saat sedang sibuk-sibuknya beraktifitas. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan bahkan bisa mengacaukan aktifitas kita.

Lalu bagai mana caranya agar kita bisa mengatasi rasa kantuk saat kita beraktifitas? Sebelum kita mengetahui cara-cara mengatasi rasa kantuk saat beraktifitas, kita harus tahu dulu apa saja yang menyebabkan rasa kantuk itu??

Penyebab sering ngantuk

1. Kurang tidur

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan rasa kantuk. Anggapan itu memang sangat bener, karena dalam sehari tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat kurang lebih 6-8 jam setiap harinya bagi orang dewasa. Dan jika kurang dari itu pastinya tubuh kita akan meminta kekuranga tersebut. Maka dari itu cukupilah waktu istirahat anda agar selama beraktifitas tidak mengalami rasa kantuk.

2. Kurang berolahraga

Menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga {Slim+ Health Sport Therapy}. mudah mengantuk salah satu penyebabnya adalh kurang berolahraga.

”Olahraga yang tepat dalam intensitasnya dan dilakukan secara teratur dapat memberikan kebugaran pada tubuh, akan tetapi jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo dan mudah mengantuk. Ataupun sebaliknya, tubuh mudah mengantuk jika terlalu lelah akibat olahraga yang berlebihan,” kata dr. Michael.

3. Kurang cairan

Selain dapat menyebabkan kepala pusing kekurangan cairan juga dapat menyebabkan seseorang sering mengantuk. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat menurunkan konsentrasi dan fokus anda pada suatu aktifitas. Belajar misalnya, jika anda tidak fokus atau kurang konsentrasi pasti tidak lama kemudian rasa kantuk akan datang menyerang anda.

4. Kurangnya oksigen

Kurangnya oksigen bisa terjadi saat seseorang terlalu banyak makan, kenapa bisa begitu? Karena jika makan sescara berlebihan oksigen yang diperlukan otak berkurag dikarenakan terpaki oleh tubuh untuk mencerna makanan tersebut. Maka tak salah jika ada ungkapan yang mengatakan habis makan pasti mengantuk.

5. Akibat kurang darah

Gampang mengantuk, pasti ada kaitanya dengan lelah dan lesu. Itulah mengapa penyakit anemia {kurang darah} menjadi salah satu penyebab dari mengantuk. Hal itu dikarenakan suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu, dan akibatnya tubuh menjadi lemas. Tubuh lemas itulah yang menyebabkan mengantuk.

Itulah 5 hal penyebab sering mengantuk yang perlu anda ketahui. Dan jika anda sudah sering mengalami kantuk/ngantuk pada jam-jam aktifitas kerja disiang hari. Berikut akan saya berikan tips untuk menghilangkanya dengan cepat.

Cara menhilangkan rasa kantuk dengan cepat dan aman


1. Cuci muka

Biasanya disaat bekerja sering kali kita mengalami ngantuk yang tak tertahankan, apalagi yang kerjanya didalam ruangan entah itu dikantor ataupun dipabrik. Hal-hal yang memicu kantuk tersebut biasanya kerjaan yang sifatnya monoton, seperti didepan komputer terus, atau menjahit dan lain sebagainya. Jika anda mengalaminya cobalah untuk bercuci muka, karna dengan cuci muka tersebut ajah dan mata anda akan terasa lebih segar sehingga rasa kantuk pun bisa teratasi.

2. Ngemil

Ngemil yang sehat juga salah satu cara untuk menghilangkan kantuk yang sangat mudah. Yang dimaksud ngemil sehat disini adalah ngemil makanan-makanan yang bukan merupakan pantangan anda, kalau makanan buat ngemil yang sehat umumnya seperti kacang, buah, yougurt, popcorn dan lain sebagainya.
Dan kenapa ngemil bisa menghilangkan rasa kantuk? Hal itu dikarenakan gerakan-gerakan mulut saat anda makan makanan tersebut membuat mata kembali lebih segar.

3. Ngobrol dengan rekan kerja

Ketika anda kantuk pastinya pada keadaan yang diam, lelah, serta menjenuhkan, maka dari itu ngobrol dengan teman bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa jenuh pada pikiran anda sehingga rasa kantuk tidak jadi menghampiri anda.

4. Tarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Sehingga dapat memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, yang pada akhirnya membantu kinerja otak dan energi. Sehingga tubuh anda akan kembali segar dan pastinya rasa kantuk itu akan hilang.

5. Minum air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi sendiri dapat menyebabkan kelelahan, sedangkan kelelahan itulah yang memicu terjadinya kantuk. Maka dari itu pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran agar kebutuhan cairan dalam tubuh anda tidak kurang.

6. Cafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein juga salah satu cara menghilangkan ngantuk yang sangat ampuh, akan tetapi ada sebagian orang yang tidak mau mengkonsumsi kopi. Jika anda salah satunya, anda bisa menggantinya dengan teh hijau atau teh herbal.


Itulah 5 penyebab dan 5 cara menghilangkan kantuk dengan cepat, cukup sekian, semoga bermanfaat.. dan selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment