Saturday 14 November 2015

10 cara mengatasi insomnia dengan mudah


10 cara mengatasi insomnia dengan mudah

Pegertian insomnia


Tahukah anda insomnia itu? Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang kesulitan/susah tidur. Ada 3 keadaan dimana seseorang dikatakan insomnia, pertama susah sekali untuk tidur, susah tidur beberapa jam dimalam hari, dan bangun terlebih awal sebelum pagi menjelang.
Insomnia sendiri bukan merupakan suatu penyakit akan tetapi merupakan suatu keadaan yang tidak normal yang memiliki berbagai macam gejala dan penyebab. Lalu apa gejala dan penyebab insomnia itu?

Gejala dan penyebab insomnia

Faktor utama penyebab insomnia adalah keadaan psikologis sesorang, dimana keadaan psikologis tersebut sedikit ada tekanan yang diakibatkan oleh stres karena pekerjaan, karena masalah asmara, karena masalah hutang, dan lain sebagainya. Selain itu faktor-faktor lain seperti terlalu sering begadang, kebanyakan tidur disiang hari, dan sebelum tidur terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga dapat mengakibatkan insomnia.

Gejala yang sering dialami insomnia adalah susah untuk tidur dimalam hari, merasa kelelahan, sering buang air kecil, dan sedikit merasa pusing karena . Itulah Gejala yang sering mendampingi penderita insomnia dimalam hari. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya dengan mudah.

Cara mengatasi insomnia dengan mudah dan aman


1. Berolahraga

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang, selain itu olahraga teratur juga dapat menjaga kondisi kesehatan anda.

2. Konsumsi pisang

Pisang adalah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi. Kandungan yang terdapat pada pisang seperti triptofan yang dapat membuat hormon pada otak lebih tenang. Oleh karna itu anda lebih cepat dan mudah untuk tidur.

3. Hindarilah bergadang

Sering bergadang adalah kebiasaan yang tidak baik dan sebaiknya ditinggalakan. Karena dengan kebiasaan tersebut tubuh akan beradaptasi atau terbiasa untuk tidak tidur dengan teratur. Dengan menhindari bergadang dna membiasakan tidur dan bangun tidur pada waktu yang ditentukan akan memberikan kualitas tidur yang baik serta terhindar dari insomnia.

4. Hindari cafein

Cafein adalah salah satu zat yang bisa melawan rasa kantuk, cafein bisa diperoleh dari kopi dan teh. Walaupun cafein baik dikonsumsi oleh sebagian orang dipagi hari, akan tetapi hindarilah menkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein sebelum tidur agar anda bisa terhindar dari insomnia, setidaknya 3 jam sebelum tidur.

5. Hindari rokok

Selain cafein, nikotin juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Jika anda seorang perokok dan sering mengalami susah tidur, maka hindarilah rokok paling tidak 2 jam sebelum anda mau tidur. Karena dalam 2 jam tersebut efek dari nikotin akan segera hilang.

6. Atur jadwal tidur

Selain tidak bergadang kebiasaan mengatur tidur juga harus dilakukan agar tubuh bisa beradaptasi untuk tidur pada waktunya. Jika tubuh sudah terbiasa untuk tidur pada waktu yang telah dijadwalkan, maka pada waktu tersebut secara biologis tubuh akan mengalami kantuk.

7. Hindari tidur siang

Durasi tidur yang sehat orang deawasa dalam satu hari sekitar 7-8 jam. Jika melebihi durasi waktu tersebut maka seseorang akan kesulitan untuk tidur pada malam harinya.

8. Hindari cahaya lampu

Dengan mematikan lampu sebelum tidur atau mengganti lampu yang terang dengan lampu yang redup dapat mempercepat tidur anda. Kenapa bisa begitu? Karena Semakin sedikit cahaya maka semakin banyak produksi hormon melatonin yang bisa membantu melelapkan tidur dan menjadikan tidur berkualitas.

9. Jangan memikirkan apa-apa

Salah satu penyebab utama seseorang kesulitan untuk tidur adalah strees/terlalu banyaknya pikiran yang membebaninya. Untuk menenangkan pikiran atau menghilangkan strees tersebut anda bisa mendengarkan musik supaya pikiran anda bisa tenang dan dapat segera tidur.

10. Lakukanlah aktifitas disiang hari

Cara mengatasi insomnia yang terakhir ini dapat anda lakukan dengan menambah aktifitas disiang hari. Aktifitas yang padat disiang hari bisa membuat tubuh anda merasa lelah sehingga dimalam harinya anda lebih budah untuk tidur.


Itulah 10 cara mengatasi insomnia yang dapat anda lakukan sendiri, Jika cara-cara diatas belum memberikan hasil yang anda inginkan. Segeralah menghubungi dokter untuk mengetahu kondisi yang sesungguhnya serta mendapatkan saran yang terbaik untuk kesehatan anda.


No comments:

Post a Comment