Monday 2 November 2015

Ciri-ciri gejala diabetes

Ciri gejala diabetes yang sering terjadi

Ciri-ciri  gejala diabetes

 


Apa itu penyakit diabetes? apa bedanya dengan penyakit gula?
Penyakit gula tidak ada bedanya dengan penyakit diabetes. Itu hanyalah tutur kata orang indonesia saja yang lebih mudah dan mengingat dengan sebutan penyakit gula daripada dengan sebutan diabetes {sebutan medis}.


Penyakit gula/penyakit diabetes adalah penyakit yang dialami dengan kurun waktu yang lama dengan ditandai kadar gula darah diatas normal. Jika kadar gula darah normal didalam darah tidak seimbang maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya yang sedang saya jelaskan diartikel ini yaitu diabetes/penyakit gula.

Ada beberapa gejala/ciri diabetes yang perlu anda ketahui, mengingat penyakit ini adalah penyakit jangka panjang dan gejala-gejalnya baru terlihat ketika seseorang tersebut sudah lama mengidapnya. Jika jaman dulu orang-orang mendeteksi diabetes dengan cara melihat air seninya {air kencing} jika air seni dikrubungi semut berati orang tersebut mengidap diabetes.

Akan tetapi cara ini tidak akurat untuk menetahui seseorang terkena diabetes atau tidak, karena jika air seni seseorang dikerubungi semut berati kadar gulanya sudah sangat-sangat tinggi. Cara yang paling akurat dan aman adalah dengan memeriksakan kadar gula darah anda kedokter/tenaga medis lainya.

Adapun gejala/ciri diabetes yang umum terjadi dan perlu anda ketahui


1. Sering buang air kecil {terutama dimalam hari}

Dimalam hari biasanya seseorang buang air kecil 1 samapai 2 kali saja sebelum tidur dan tengah malam, itupun bila orang tersebut minum sebelum tidur. Kalau sebelum tidur tidak minum kadang hanya sekali saja buang air kecil,itupun dilakukan pada saat sebelum tidur. Dan jika anda mengalami sering buang air kecil tidak seperti biasanya maka anda patut untuk mencurigainya, dan segeralah periksakan kedokter/tenaga medis lainya.

2. Sering merasakan haus/sering minum

Gejala kedua ini ada kaitanya dengan gejala nomer 1. Jika anda sering merasakan haus pastinya anda juga sering mengeluarkan cairan dari tubuh, dan salah satunya sering buang air kecil.

3. Berat badan menurun

Bukan karna hasil diet, bukan pula karena jarang makan. Penurunan berat badan yang diakibatkan oleh penyakit diabetes ini terjadi karena insulin yang mengolah atau mengantarkan glukosa ke sel-sel darah untuk dijadikan energi sudah tidak berfungsi. Akibatnya tubuh akan mencari alternatif lain dengan membakar lemak dalam tubuh untuk dijadikan energi, Jika cadangan lemak tersebut habis maka tubuh akan ototlah yang menjadi sasaranya. Itulah mengapa penurunan berat badan merupakan salah satu gejala dari diabetes.

4. Sering kelelahan

Karena insulin sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka energi yang dihasilkanya pun tidak maksimal/kurang. sehingga seseorang yang terkena diabetes akan sering merasakan kelelahan.

5. Sering merasakan lapar

Rasa lapar ini terjadi akibat kekurangan energi, sehingga otak merespon untuk segera menambah bahan bakar/makan. Itulah mengapa seseorang yang terkena diabetes sering merasakan lapar.

6. Luka lama sembuhnya

Seseorang yang terkena diabetes pembuluh darahnya akan mengalami kerusakan, penderita diabetes sering tidak merasakan sakit jika mengalami luka. Jika sudah mencapai kondisi kadar gula darah sangat tinggi dan tidak adanya rasa nyeri pada area yang terluka, maka lama kelamaan luka tersebut akan membesar dan jika penanganan luka tersebut tidak perhatikan maka dapat mengakibatkan pembusukan. Jika sudah mencapai tahap ini maka amputasi merupakan jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya.

7. Selain 6 gejala diatas, ada beberapa gejala umum yang biasanya terjadi pada penderita diabetes. Gejala tersebut seperti:
- pandangan kabur
-tekanan darah tinggi
-sering kesemutan
-sering mengalami infeksi, seperti pada kulit, gigi dan saluran kemih

Itulah beberapa gejala/ciri yang umum terjadi pada penderita diabetes, Dengan mengetahui ciri-ciri diatas mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. cukup sekian informasi gejala diabetes dan terima kasih sudah membaca artikelnya.



No comments:

Post a Comment