Saturday 31 October 2015

kalkulator masa subur

Kalkulator / cara menghitung masa subur wanita

kalkulator masa subur

 

Semua orang yang baru menikah tentunya pengen segera punya momongan, akan tetapi masih banyak pasangan yang belum sgera dikaruniai momongan yang dikarenakan oleh beberapa sebab. Dan salah satu sebab tersebut adalah kurangnya pengetahuan akan masa subur wanita, sehingga proses kehamilan bisa tertunda.


Masa subur wania adalah masa dimana indung telur didalam rahim wanita berada pada puncak kesuburanya. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi pasangan suami istri untuk mengetahuinya, supaya proses kehamilan bisa segera terjadi.
Oleh karena itu disini akan saya berikan cara untuk menghitung / mengetahui masa subur wanita.

Menghitung masa subur wanita yang siklus haid / menstuasinya teratur


Untuk mengetahui puncak masa subur anda dengan siklus haid/menstruasinya teratur sangatlah mudah. Anda cukup mengingat kapan hari pertama haid / menstruasi. Bisa dibilang rumusnya kayak gini " HARI PERTAMA HAID + 12 HARI ". Itulah rumus untuk wanita yang siklus haid / menstruasinya teratur yang mudah dan bisa anda ingat-ingat dengan mudah.
Agar lebih mudah anda memahaminya akan say berikan contoh dibawah ini.

Katakanlah haid / menstruasi pertam wanita jatuh pada tanggal 1. jadi puncak masa subur wanita tersebut tanggal "13", karena rumusnya haid pertama + 12 hari seperti yang telah saya jelaskan diatas. Tanggal 13 itu adalah puncak masa suburnya, sedangkan masa subur biasa terjadi pada 3 hari sebelum puncak masa subur dan 3 hari setelah puncak masa subur yaitu tanggal 10,11,12 dan 14,15,16.
Untuk kesimpulanya bahwa seorang wanita dengan siklus haid teratur tersebut mempunyai 7 hari masa subur dan 1 hari puncak masa subuh yang jatuh pada tanggal "13" seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Mengetahui masa subur wanita yang siklus haid / mentruasinya tidak teratur

Untuk mengetahui mas subur wanita dengan siklus haid tidak teratur sedikit berbeda dengan yang teratur, akan tetapi sebelum menghitungnya anda harus mempunyai patokan / hitungan tentang siklus haid anda setidaknya 6 bulan terakhir.
Jika anda sudah mengetahui siklus haid terpendek dan siklus haid terpanjang anda maka rumusnya seperti ini:

> Siklus haid terpendek anda: Hari/tanggal terakhir kali haid - 18 hari = masa subur dihari pertama

> Siklus haid terpanjang anda: Hari/tanggal terakhir kali haid - 11 hari  = masa subur dihari terakhir

Itulah rumus untuk menghitung masa subur bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur, untuk lebih jelasnya akan saya berikan contoh dibawah ini:

> Misal siklus haid terpendek anda 25 hari: Maka 25 - 18 = 7
> Misal siklus haid terpanjang anda 30 hari: maka 30 - 11 = 19

Untuk itu hasilnya adalah masa subur anda terjadi dari hari ke 7 setelah haid sampai hari ke 19.
Jika siklus haid anda tidak teratur disarankan menggunakan kalender saat anda menghitungnya, anda bisa mencoret-coret kalender tesebut sehingga bisa memudahkan anda dalam menghitungnya.

Selain cara diatas ada beberapa cara lain untuk mengetahui masa subur wanita, cara tersebut antara lain
Cek lendir serviks
Dengan cek temperatur tubuh
Alat tes kesuburan




No comments:

Post a Comment