Thursday 12 November 2015

gejala cikungunya


gejala chikungunya


Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang diperantarai oleh nyamuk nyamuk dan salah satunya adalah penyakit cikungunya. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes albopictus atau aedes aegypti, selain menyebabkan cikungunya nyamuk tersebut juga penyebab demam berdarah.

Sedikit pengenalan tentang penyakit cikungunya.
Nyamuk aedes albopictus atau aedes aegypti menyebarkan virusnya diberbagai belahan negara yang memiliki curah hujan tinggi, antara lain asia {khususnya asia tenggara}, afrika barat, dan afrika timur. sedangkan di Indonesia sendiri penyakit cikungunya mulai gempar-gemparnya pada tahun 2001-2002, walaupun sampai saat ini masih ada penderita yang terinfeksi virus tersebut tetapi tidak sebanyak pada tahun 2001-2002.
Walaupun penyakit cikunguya bukan merupakan penyakit yang mematikan. Akan tetapi penyakit ini dapat memberikan dampak yang berkepanjangan jika terinfeksi oleh penderita yang berusia lanjut dan akan mengalami sakit sendi yang begitu sakit, itulah ciri khas dari penyakit cikungunya.

Cara penularan cikungunya
gejala chikungunya


Penyakit ini juga bisa dikategorikan sebagai penyakit menular, namun penularanya melalui nyamuk. Orang yang menderita penyakit ini, dan kemudian nyamuk menggigit orang tersebut kemudian menggigit orang lain maka orang yang baru saja digigit tersebut akan menderita cikungunya, begitu seterusnya.

gejala/ciri penyakit cikungunya


1. Gejala yang pertama muncul adalah demam secara tiba-tiba. Hal ini yang harus diperhatikan, karena sangat bereda dengan demam pada penyakit masuk angin yang ditandai dengan gejala sebelum demam.
2. Gejala kedua adalah ciri khas dari cikungunya, yaitu nyeri pada persendian terutama sendi lengan dan sendi lutut sehingga si penderita kesulitan untuk bergerak/beraktifitas seperti biasanya.
3. Merasa kelelahan, karena nyeri sendi diatas maka penderita akan sering mengalami kelelahan
4. Merasakan sakit kepala yang sangat sakit
5. Menggigil kedinginan
6. Nyeri pinggang
7. Mual dan muntah
8. Terdapat bintik-binti merah di tangan, kaki, muka dan badan, bintik-bintik ini mirip dengan bintik-bintik penyakit demam berdarah

Itulah 8 gejala yang perlu kita ketahui agar penanganan untuk penyakit cikungunya segera dilakukan. Dan jika gejala tersebut terjadi pada keluarga/sanak saudara anda, maka segeralah memeriksakan ke dokter/rumah sakit terdekat.

Pencegahan dan pengobatan cikungunya


Ada beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan untuk menanggulangi penyebaran nyamuk pembawa virus penyebab cikungunya ini. Pencegahan yang sederhana tetapi berdampak luar biasa:

1. kuras bak mandi atau tempat-tempat untuk menampug air secara teratur
2. Tutup rapat tempat-tempat tempat yang menampung air
3. Vas bunga yang ada airnya kuras secara teratur
4. Aquarium usahakan selau ada ikanya, agar jika ada jentik-jentik nyamuk dimakan ikan tersebut
5. Kuburlah kaleng-kaleng bekas/benda yang tidak dipakai yang dapat menampung air

pengobatan

Belum ada obat yang sifatnya mematikan virus penyebab cikungunya, akan tetapi alternatif lain untuk menegobati/meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun panas, penghilang rasa nyeri sendi, dan obat sakit kepala.

Selain itu ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meringankan gejala-gejala tersebut, seperti jintan hitam dan jahe merah. Jahe merah dipercaya mampu menurunkan demam tinggi yang ditimbulkan oleh penyakit chikungunya ini, selain itu jahe merah juga berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi yang ditimbulkan oleh penyakit chikungunya tersebut.

cukup sekian artikel mengenai penyakit chikungunya, artikel diatas say tulis dari berbagai media yang yang dapat dipercaya dan saya jadikan bahan referensi penulisan artikel ini.

No comments:

Post a Comment