Friday 20 November 2015

Tanda-tanda demam berdarah yang harus diwaspadai


tanda-tanda demam berdarah yang harus diwaspadai

Demam berdarah, adalah  suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk pembawa virus dengue ini banyak ditemuai didaerah tropis, dan salah satunya indonesia.
Nyamuk aedes aegypti habitatnya diair bersih dan air yang tidak menyentuh tanah langsung, jadi bisa dipastikankan nyamuk ini berkembang biak tidak jauh dari rumah-rumah. Yang harus kita ketahui bahwa nyamuk aedes aegypti tidak seperti nyamuk pada umumnya, nyamuk ini menggigit pada pagi hari antara jam 6 - jam 9 dan sore hari antara jam 15 - jam 17.

Demam berdarah sering juga disebut dengan DBD, penyakit ini dapat menyerang siapa saja entah itu balita, anak-anak, ataupun orang dewasa. Gejala demam berdarah pada umumnya tidak begitu terlihat, karena hanya seperti demam pada umumnya. Gejala atau ciri dapat terlihat kurang lebih satu minggu setelah virus dengue masuk kealam tuuh melalui gigitan nyamuk aedes aaegypti.  

Bagaimanakah gejala demam berdarah yang dapat terlihat?

Tanda-tanda demam berdarah yang harus diwaspadai
ruam/bintik pada DBD


1. Demam tinggi

Panas/demam tinggi pada penyakit demam berdarah terjadi secara tiba-tiba dan suhu badan bisa mencapai 42 drajat cc. Demam/panas tinggi berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Dan pada hari ke 3 atau ke 4 suhu badan turun, seolah mnandakan sakitnya sembuh. Akan tetapi hari berikutnya suhu badan naik lagi, dan kemudian mereda lagi hingga tahap penyembuhan. Inilah ciri khas dari demam berdarah, panas tubuh naik turun.

2. Rasa nyeri dibelakang mata

Gelaja yang kedua adalah rasa nyeri dibelakang mata, berbeda dengan nyeri ketika kurang tidur atau ketika kepala pusing. Nyeri dibelakang mata pada demam berdarah disertai demam dan badan panas.

3. Ruam pada kulit

Ciri/gejala yang ketiga ini salah satu ciri khas dari demam berdarah, bintik-bintik merah kehitaman ini akan muncul setelah gejala panas, dan nyeri dibelakang mata muncul. Bintik-bintik tersebut muncul diarea mana saja, entah itu ditangan, kaki, paha, muka ataupun badan. Dan pada kondisi tertentu demam berdarah juga menimbulkan gejala seperti, mimisan, mutah darah dan berak {BAB} dengan warna merah kehitaman.

Pencegahan demam berdarah sedini mungkin

Bagaimanakah cara untuk mencegah demam berdarah itu? Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue melalui perantara gigitan nyamuk aedes aegyti, maka dari itu kita bisa mencegahnya dengan membasmi nyamuk tersebut, atau bisa juga mengkondisikan tubuh kita supaya tidak digigit nyamuk tersebut. Salah satu cara yang efektif adalah, menghindari untuk tidak tidur pada jam-jam berkeliaranya nyamuk tersebut, pagi jam 6-9, dan sore jam 15-17.
selain itu ada beberapa pencegahan/cara untuk membasmi/menghindari nyamuk-nyamuk tersebut, antara lain:

1. menguras bak mandi atau tempat penampungan lainya secara teratur agar jentik-jentik nyamuk tersebut mati
2. menutup tempat/media-media yang dapat menampung air.
3. Jika barang yang dapat menampung air sudah tidak lagi dipakai sebaiknya dikubur
4. memasang kawat anti nyamuk pada ventilasi-ventilasi rumah anda, agar nyamuk tidak dapat masuk
5. Memasang kerambu pada tempat tidur anda
6. Membasmi nyamuk dengan obat semprot nyamuk
7. Memakai lotion anti nyamuk {jangan gunakan lotion anti nyamuk pada balita yang berusia kurang dari 2 tahun}

Pengobatan penyakit demam berdarah
Tidak ada obat yang bisa membunuh virus dengue penyebab demam berdarah tersebut. Obat yang diberikan hanya untuk meringankan rasa sakit/demam pada si penderita. Jika gejala-gejala tersebut muncul hal yang paling utama dan yang palin penting adalah memriksakan kondisi kedokter atau rumah sakit secepatnya untuk mendapatkan penangnan dan pengobatan dengan baik dan benar.

Jika demam tinggi apa saya harus segera kedokter?
Demam tinggi memang salah salah satu gejala dari demam berdarah, akan tetapai jangan terburu-buru/panik. Kenalilah ciri/gejala-gejalanya, jika gejala awal panas tinggi terlihat, tunggulah 2-3 hariterlebih dahulu. Kenapa harus menunggu 2-3 hari terlebih dahulu? Karena kalau belum 2-3 hari mungkin hanya demam biasa. Akan tetepi jika demam terjadi secara tiba-tiba/mendadak entah apapun itu penyebabnya sangat disarankan untuk memeriksakan diri kedokter/rumah sakit. Karena dokterlah yang bisa memastikan dan memberi penanganan yang tepat.




No comments:

Post a Comment