Saturday 21 November 2015

Obat flu alami yang aman


obat flu alami yang aman

Flu adalah suatu infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan dengan diikuti oleh berbagai gejala yang disebabkan oleh virus influenza. Karena gejala-gejalanya yang beragam membuat seseorang sulit untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari.


Flu sendiri sering dialami oleh banyak orang dan terutama anak-anak. Ada beberapa jenis flu, mulai yang tidak berbahaya sampai yang mematikan karena Virus influenza sendiri banyak jenis-jenisnya. Akan tetapi pada artikel ini sya akan membahas mengenai flu biasa yang sering dialami kebanyakan orang.

Ciri/gejala flu yang umum terjadi


1. Seseorang yang terkena flu pasti mengalami demam dan dengan suhu badan bisa mencapai 38 drajat C.
2. Batuk tidak berdahak, perlu diketahui bahwa flu batuknya tidak berdahak
3. Pegal-pegal yang disakan oleh tubuh
4. Hidung tersumbat akan tetapi lendir atau ingusnya sedikit
5. Pusing/sakit kepala
6. Walau flu akan tetapi jarang bersin
7. Nafsu makan berkurang

Penyebab  flu

Itulah gejala flu yang umum dialami seseorang, gejala-gejala tersebut dialami kurang lebih selama 2 minggu. Akan tetapi gejala yang parah terjadi diminggu pertama setelah itu gejala-gejala tersebut berangsur menghilang dan di minggu kedua kondisi membaik akan tetapi rasa lelah serta sedikit batuk kering masih tersisa hingga tubuh pulih sepertu sedia kala.

Lalu apakah penyebab flu itu? Penyebab utama flu adalah virus, dan virus ini menyerang melalui udara . Udara yang dimaksudkan disini adalah, saat penderita bersin virus tersebut akan keluar dan berterbangan lewat udara. Apabila ada orang disekitarnya maka orang tersebut akan tertular virus penyebab flu tersebut.

Selain lewat udara virus ini juga bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita. Misalnya penderita salaman dengan dengan orang sehat, padahal tangan penderita tersebut selalu digunakan untuk mnutup hidung ketika bersin. Sealin itu virus ini juga dapat menempel pada benda-benda disekitar tempat penderita yang bersin, dengan tidak sengaja benda tersebut dipegang oleh orang sehat yang kemudian mereka makan, atau mengusap hidung tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Pencegahan flu

Pencegahan flu dapat kita lakukan dengan cara sederhana, Walaupun sederhana tetapi dampaknya luar biasa. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati

1. Jagalah kebersihan badan pakaian ataupun area sekitar anda
2. Menjaga jarak dengan penderita flu
3. Selalu cucilah tangan sebelum makan ataupun setelah dekat dengan penderita flu
4. Menutup mulut saat bersin ataupun batuk agar virus tersebut tidak bertebangan {untuk penderita}
5. Memakai masker baik penderita ataupun orang sehat yang dekat dengan penderita
6. Istirahat yang cukup agar kondisi badan selalu sehat/fit sehingga virus tidak dapat menyerang
7. Berolahraga dengan teratur
8. Cukupi asupan gizi, banyak makan buah dan sayur

Pengobatan flu


Flu {biasa} sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi dengan gejala-gejala yang ditimbulkanya penderita akan mengalami sakit jika tidak diobati. Sebagai contoh demam atau panas yang ditimbulkanya jika tidak diedakan pastinya akan sangat mengganggu. Ada cara-cara alami dan sederhana yang dapat anda lakukan untuk meringankan gejala flu tersebut. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Banyak minum air mineral yang hangat

Cobalah anda rasakan ketika flu lalu minumlah air mineral yang hangat, pastinya akan meringankan rasa gatal penyebab batuk tidak berdahak tersebut. Selain itu air yang banyak juga dapat mencegah dehidrasi pada penderita.
Selain mengkonsumsi air hangat untuk menghangatkan badan, bisa juga mengkonsumsi jahe.

2. Menjaga suhu badan

Jagalah suhu badan anda, jika pada saat demam menyerang cobalah memakai baju yang tipis, dan misal saat suhu udara dingin cobalah untuk memakai baju yang tebal.

3. Istirahat

Perbanyaklah istirahat ketika flu, hal ini dimaksudkan pada saat flu nafsu makan akan berkurang, maka dengan banyak istirahat kondisi fisik akan tetap terjaga.

4. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur adalah sumber berbagai macam vitamin, vitamin c salah satunya, yang sangat berperan menjaga kondisi badan supaya tetap sehat.

Dengan mengenali gejala, penyebab, pencegahan serta pengobatnya diharapkan kita untuk bisa membiasakan diri dan selalu menjaga kesehatan supaya tidak terinfeksi berbagai macam penyakit, dan flu salah satunya.

No comments:

Post a Comment