Friday 29 April 2016

Cara pemberian pakan sapi potong yang tepat

Cara beternak sapi potong merupakan peluang bisnis yang menjanjikan, karena untung yang bisa kita dapatkan sangatlah besar. Sebelum beternak sapi potong ada beberapa langkah yang harus kita pahami, mulai dari cara memilih bibit sapi potong yang baik, pemberian pakan yang tepat, dan cara perawatan yang baik. Namun pada artikel kali ini akan saya berikan sedikit tips pemberian pakan sapi potong yang tepat supaya berat badanya bisa segera bertambah.

cara beternak sapi



baca juga>> cara beternak sapi potong

Akan tetapi sebelumnya perlu anda perhatikan bahwa setelah anda membeli sapi untuk dibudidayakan/diternak, langsung berikanlah obat cacing. Karena secara kasat mata penyakit cacingan pada sapi tidak bisa dilihat, tidak ada gejala-gejala yang berakibat fatal, namun disisi lain cacing yang menghinggapi tubuh sapi akan memakan zat-zat pakan yang anda berikan. Sehingga sapi yang anda ternakkan berat badanya pasti tidak akan bertambah/ malah semakin kurus. Maka dari itu peran obat cacing disni sangat penting untuk perkembangan sapi potong yang anda pelihara.

Jika obat cacing sudah diberikan maka saatnya kita untuk memulai pembahasan mengenai cara pemberian pakan sapi potong yang baik. Jika kita berbicara masalah berat badan, pasti tidak akan jauh dari kebutuhan pakan. Berapakah kebutuhan pakan /hari untuk satu ekor sapi itu? Kebutuhan pakan sapi dalam sehari adalah hijauan 10% dari bobot badan, konsentrat 1-2% dari bobot badan, dan air minum 20-30 L /ekor/hari. Itu kebutuhan idealnya saja, kita bisa memberikan lebih dari itu, itu pasti malah lebih bagus asalkan pakan yang kita berikan tidak membeli.^_^

Waktu pemberian pakan sapi potong yang baik


1. Pada pagi hari berikanlah pakan kosentart terlebih dahulu. Rata-rata para peternak sapi potong tidak begitu memperhatikan hal ini, mereka asal saja memberikan pakan, entah itu hijauan maupun kosentrat, mana yang harus didulukan mana yang seharusnya lebih awal diberikan jarang mereka sadari. Padahal ini berpengaruh pada berat badan sapi tersebut, hal ini sudah dibuktikan oleh peternak ... yang tidak bisa saya sebutkan namanya. Mereka mempunyai prosedur untuk memberikan pakan kosenrat terlebih dahulu dibandingkan dengan pakan hijaun. Jadi dipagi hari setelah membersihkan kandang sapi, para anak kandang memberikan pakan kosentart terlebih dahulu. Pakan kosentart bisa berupa dedak padi, brand, ampas tahu dan lain sebaginya.

2. Setelah itu pagi kurang lebih jam 10, baru diberikan pakan hijauan, bisa rumput, bisa kolonjono dan lain sebaginya.

3. Jam 12 diberikan lagi pak rumput seperti pada jam sebelumnya.

4. Pada jam setengah 3 diberikan lagi rumput seperti jam 12 tadi.

5. Setelah itu jam setengah 5 baru diberikan kosentrat lagi.

6. Dan yang terakhir pada malam hari sekitar pukul setengah 9 baru diberikan rumput lagi.

Langkah-langkah diatas tentunya harus dilakukan secara konsisten dan telaten. Gemuk tidaknya sapi yang kita pelihara tidak hanya bergantung dari pemberian pakanya saja, kesehatan dan pemilihan bibit sapi unggul juga salah satu faktor keberhasilan dalam beternak sapi potong.

Baca juga>> Cara beternak sapi potong

No comments:

Post a Comment