Thursday 21 April 2016

Faktor penentu keberhasilan proses pemasteran kenari

Penggemar burung kicauan pasti sudah paham betul apa saja yang harus diperhatikan untuk menunjang proses pemastran agar cepat berhasil. Entah itu burung pleci, cucak ijo, maupun burung kenari. Karena tidak hanya langkah-langkah memaster burung kenari saja yang harus kita perhatikan. Namun faktor-faktor pendukung lain juga harus kita ketahui. Lalu apa saja faktor agar memaster burung kenari dapat berjalan dengan lancar??

Baca juga>> cara memaster kenari

Faktor yang harus diperhatikan agar proses memaster kenari berhasil


1. Asupan nutrisi

Asupan nutrisi merupakan langakah awal disaat proses memaster burung kenari, brung yang sehat pasti akan selalu senag untuk berkicau. Selain itu kenari juga akan mudah untuk berkosentrasi disaat proses memaster burung kenari kita lakukan. Dan yang jelas burung tersebut tidak mudah sakit karena asupan nutrisinya kita jaga. Asupan nutrisi yang baik seperti pemberian pakan berupa, vitamin yang bisa kita beli ditoko pakan burung, telur puyuh, sayur dan buah tentunya juga harus diberikan.

2. Tempat pemasteran

Seperti halnya manusia, belajar akan mudah paham dan berkosentarsi di tempat yang tenang. Burung kenari pun demikian, burung kenari akan lebih mudah dan paham untuk mengingat suara-suara burung lain yang kita masterkan dilingkungan yang tidak digunakan oleh lalu lalang seseorang. Selain itu, lingkungan yang aman juga harus kita perhatikan untuk memaster burung kenari, maksud aman disni adalah dari gangguan hewan pemangsa, entah itu tikus cicak maupun semut. Jadi usahakan untuk mencari/membuatkan tempat khusus yang aman dari hewan pemangsa ataupun jauh dari lalu lalang seseorang.

3. Waktu pemasteran

Yang dimaksut waktu pemasteran disini adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan/memaster burung kenari yang akan kita masterkan. Waktu yang tepat adalah disaat burung kenari tersebut sedang santai ataupun tidur. Jadi tidak hanya pas tidur saja, ketika kenari sedang bersantai atau bertenger kita juga bisa memanfaatkan waktu tersebut.

4. Durasi pemasteran

Berapakah durasi pemasteran yang baik?? Yang dimaksut durasi pemasteran disni adalah seberapa lama kita mendengarkan suara burung yang akan kita masterkan. Apakah 1 jam, 2 jam, atau 3 jam??
Durasi pemasteran disaat kita memaster burung kenari yang baik dan ideal adalah 15 - 30 menit. Kenari juga merupakan hewan yang mempunyai nyawa dan perasaan, dia juga bisa merasakan bosan. Maka dari itu durasi pemasteran yang ideal tidak sebentar, tidak juga terlalu lama.

5. Suara burung yang dimasterkan/didengarkan

Burung kenari tidak bisa menirukan jenis semua suara burung, tidak mungkin kan kita memberikan suara cucak rowo agar bisa ditiru oleh burung kenari yang kita masterkan. Jadi disaat kita memaster burung kenari, berikanlah suara-suara yang standar saja, seperti blackstrot, atau yang lain.

Mungkin itu saja sedikit tips keberhasilan dalam proses pemasteran burung kenari.

Baca juga>> cara memaster kenari untuk pemula




No comments:

Post a Comment