Sunday 24 April 2016

panduan sebelum beternak kambing

Beternak kambing merupakan peluang usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Byangkan saja satu ekor kambing saja bisa menghasilkan keuntungan diatas 1 juta rupiah, itu kalau kita memeliharanya kurang lebih 10 bulan dan memeliharanya mulai dari anakan/cempe. Itu hanya 1 kambing saja, banyangkan jika kita memelihara kambing 20 ekor.?

Sumber artikel: campusternak



cara beternak kambing



Meskipun keuntungan yang bisa kita dapatkan besar, namun masih banyak oramng yang enggan beternak kambing. Ada aja alasanya, tidak punya tempat, tidak punya waktu, malas untuk mencari rumput, dan lain sebagainya. Sebetulnya jika kita niat dan bersungguh-sungguh, pasti ada jalan keluarnya. Buktinya banyak juga yang memelihara kambing untuk sampingan meskipun mereka tempatnya hanya terbatas, meskipun mereka sibbuk kerja, dan meskipun mereka jauh dari keberadaan rumput.

Jika anda salah satu orang yang gemar akan beternak dan ingin beternak kambing, berikut ini sediki tips panduan sebelum anda memulai beternak kambing.


Cara beternak kambing yang baik


1. Persipan
Persiapan pasti harus kita lakukan, dalam beternak kambing persiapan yang harus kita lakukan tentunya adalah kandang. Kandang yang baik untuk beternak kambing adalah kandang panggung, karena kelebihan dari kandang ini adalah: kotoran kambing dan air seni kambing bisa langsung turun kebawah. Dengan itu kambing yang kita pelihara bisa dalam keadaan kering terus, karena jika keadaan kandang basah maka kambing yang kita pelihara mudah terserang penyakit. Selain itu kandang panggung juga bisa kita buat secara sederhana dan menghemat tempat, dengan cara menyekat-nyekat disetiap kandangnya maka dapat kita isi banyak kambing meski ukuran kandangnya tidak begitu besar. Tujuan penyekatan sendiri agar kambing satu dengan yang lain tidak saling berkelahi.


Setelah kandang kita persipakan, maka tugas selanjutnya adalah membeli kambing, Namun sebelum membeli tentukan terlebih dahulu tujuan anda beternak kambing. Maksutnya mau beternak kambing jangka panjang atau jangka pendek? Jangka panjang misalnya kita mau memelihara berapa bulan? 8 bulan, 9 bulan, 10 bulan atau 1 tahun? Jika ini tujuan anda, maka mulailah beternak kambing dengan membeli kambing yang masih muda. Dengan membeli kambing yang masih muda, dipastikan dalam jangka waktu sepanjang itu kambing yang kita pelihara akan tumbuh menjadi besar, dapat kita pastikan juga keuntungan pasti kita dapatkan "dengan catatan pakan yang diberikan hasil dari kita mencari rumput/tidak membeli".

Sedangkan untuk tujuan kita beternak kambing dengan jangka pendek maksutnya jangka yang kita gunakan hanya 3 - 5 bulan saja. Jika ini tujuan anda sebaiknya membeli kambing yang sudah dewasa dengan postur tubuh yang kurus sangat disarankan, postur tubuh yang kurus bukan berarti sakit, namun karena perawatanya kurang baik, kurang diberi makan sehingga enjadi kurus. Dengan waktu singkat tersebut kita bisa memanfaatkan untuk mengenjot pertumbuhan daging kambing tersebut agar cepat menjadi gemuk. Kita bisa memberinya ampas tahu, ampas kedelai, dan memberinya rumput secara cuku, dengan perawatan baik dan konsisten insya Alloh dalam waktu singkat tersebut akan menjadi gemuk. Dengan tubuh yang gemuk, tentunya harga jualnya juga menjadi tinggi, dengan itu keuntungan yang kita dapatkan juga tinggi.


2. Perawatan

Pemberian pakan dan minum

jika persipan sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah perawatan. Perawatan kambing yang baik adalah dengan konsisten dan menjaga kebersihan. Konsisten dalam artian waktu pemberian pakanya, dalm sehari pemberian pakan kambing dapat kita lakukan 6 kali sehari "tergantung kebutuhan". Biasanya para peternak akan memeri kmakan kambing di pagi hari sekitar jam 7, jam 10 pagi, siang jam 12, siang jam 3, sore jam 5, dan malam sekitar jam 7. Untuk pemberian minumnya tergantung dengan kebutuhan si kambing, karen pada musim penghujan biasanya kambing tidak bernafsu minum, sedangkan musim panas kambing minumnya banyak. Namun umunya pemberian minum dapat kita lakukan 2 - 3 kali sehari, pagi sktr jm 10, siang skitar jam 12 dan sore sekita jm 3-4. Tergantung kebutuhan si kambing.

Kebersihan

Kebersihan dalam dunia peternakan sangat diperlukan agar ternak yang kita pelihara tidak mudah sakit/terserang penyakit. Untuk ternak kambing, kebersihan yang dapat kita lakukan meliputi kebersihan kandang dan tubuh si kambing. Untuk kebersihan kandang panggung seperti yang telah dijelakan diatas bahwa untuk memberishkan kandang dapat kita lakukan 1 minggu 2 kali, ini juga salah satu kelebihan dari kandang panggung, karena kita tidak setiap hari membersihkan.

Kebrsihan badan sikambing, Kebersihan badan dapat kita lakukan dengan cara memandikanya menggunakan sabun/shampo. Memandikan kambing dapat kita lakukan 2 minggu sekali jika cuaca mendukung, namun jika cuaca mendukung sebaiknya jangan dimandikan. Memandikan kambing bertujuan untuk menghilangkan kutu yang dapt membuat gatal, atau bisa juga membuat penyakit kudis.

Penganggulangan penyakit

Penanggulangan penyakit pada kambing adalah kebersihan kamdang dan kebersihan tubuh si kambing, namun selai itu kita juga harus memberinya vitamin ataupun obat cacing. Yang sangat dianjurkan disini adalah obat cacing, karena jika kambing yang kita pelihara terkena cacingan maka berat tubhnya akan sulit bertambah/terhambat. Untuk itu setidaknya dalam sebulan atau 2 bulan sekali juga harus diberikan obat cacing supaya terhindar dari cacing-cacing yang merugikan.


Cukup sekian sedikit informasi diatas mengenai panduan sebelum beternak kambing, terima kasih

No comments:

Post a Comment