Thursday 21 April 2016

Kenapa kenariku tidak mau berjodoh?

Menjodohkan burung kenari | Jika anda adalah penggemar burung kenari dan saat ini sedang beternak burung kenari, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan supaya proses menjodohan burung kenari berjalan dengan lancar. Hal yang dimaksud adalah penyebab kenari yang sukar/tidak mau dijodohkan. Untuk itu perlu perhatian dari kita sebelum proses menjodohkan burung kenari tersesbut kita lakukan. Agar kita nanti tidak kesulitan/bingung, bingung karena burung tersebut tidak mau berjodoh.

Ok langsung saja berikut ini beberapa penyebab umum burung kenari tidak mau dijodohkan:


1. Perbedaan Usia yang Terlalu Jauh

Perbedaan usia kenari yang terlalu jauh sering kali menjadi masalah yang jarang disadari waktu menjodohkan burung kenari. Maksut dari perbedaan usia misalnya pejantan usia 2-3 tahun dijodohkan dengan betina muda berumur 6-8 bulan. Meskipun ada beberapa kasus yang berhasil menjodohkan, namun kasus gagal jodoh sering diperoleh para peternak kenari.
Begitupun sebaliknya, betina usia dewasa/tua misalkan berumur 2 tahun dijodohkan dengan pejantan muda berumur 6-8 bulan.

2. Perbedaan Ras Burung Kenari

Perbedaan ras burung yang dimaksud disini adalah Pejantan York Sire dijodohkan dengan betina lokal, Pejantan American Singer dijodohkan dengan kenari lokal. Perbedaan ras burung kenari ini juga memerlukan kesabaran ekstra ketika menjodohkan burung kenari. Dan tentunya membutuhkan kecermatan dan pengalaman kita dalam mnjodohkan karena masing-masing ras memiliki karakteristik tersendiri yang unik dan berbeda-beda.


3.  Perbedaan Jenis Burung Kenari

Pejantan Lokal dijodohkan dengan Betina F1 atau sebaliknya. Bisa juga pejantan YS  dijodohkan dengan betina lokal. Karena perbedaan jenis burung kenari inilah acap kali memperlama/mempersulit proses perjodohan. Pejantan Lokal dijodohkan dengan betina AF atau sebaliknya. Pada beberapa kasuh pernah juga berhasil namun membutuhkan kesabaran yang ekstra, namun kebanyakan peternak sering mengalami kegagalan. 

4. Perbedaan Warna Bulu Burung Kenari

Burung kenari juga merupakan salah satu jenis burung pemilih, jika kita mendapatkan burung yang mempunyai karakter pemilih maka proses menjodohkan burung kenari ini akan sangat susah dan membutuhkan kesabaran tingkat tinggi, atu bahkan sama sekali tidak mau berjodoh.

Perbedaan warna bulu yang dimaksut misalnya:

Betina warna kuning dijodohkan dengan pejantan warna merah (red intensive)
Betina warna putih dijodohkan dengan pejantan Starblue
Kadang betina pemilih ini harus digonta-ganti pasangan sampai beberapa kali agar menemukan yang cocok di hatinya. Pejantan yang sewarna hanya salah satu cara saja agar cepat jodoh.
Beberapa peternak banyak juga yang berhasil mengawinsilangkan burung kenari dengan warna yang berbeda.

5. Perbedaan Riwayat Perkawinan

Maksut dari riwayat perkawinan disini adalah: Betina sudah pernah produk (bertelur/beranak) dijodohkan dengan pejantan perjaka alias belum pernah ngawin, atau sebaliknya. Biasanya agak mengalami kesulitan, lebih mudah menjodohkan betina sudah pernah produksi dijodohkan dengan pejantan sudah pernah ngawin. Betina siap tembean (belum pernah produk) dijodohkan dengan pejantan muda (belum pernah ngawin). Ini juga butuh kesabaran kita dalam menjodohkan burung kenari.

6. Burung Kenari Sakit

Sudah dapat kita pastikan jika salah satu burung sedang mengalami sakit pasti proses menjodohkan burung kenari akan sulit kita lakukan. Soalnya burung yang sakit akan merasa selalu ingin istirahat, maka dari itu sebelum menjodohkan burung kenari pastikan terlebih dahulu brung tersebut sehat.

Catatan: Usahakan 6 faktor diatas kita cari solusinya terlebih dahulu sebelum kita memulai menjodohkan burung kenari, karena jika kita kesulitan disaat menjodohkan burug kenari pasti kita akan kehilangan semangat untuk beternak burung tersebut. cukuo sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga >> cara menjodohkan burung kenari

No comments:

Post a Comment