Wednesday 13 April 2016

Penyebab kenari sukar dijodohkan

Kenapa kenariku sulit berjodoh??


Burung kenari meskipun sampai saat ini harganya masih anjlok namun masih banyak orang juga yang memeliharanya/menernaknya. Kenapa bisa begitu?? Karena burung tersebut jika dipelihara meskipun harganya murah tapi kita masih tetep bisa mendapatkan untung, karena harga pakanya yang murah, proses penjodohan yang mudah, dan waktu bertelur hingga bertelur selanjutnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berbicara masalah menjodohkan kenari, meskipun mudah namun banyak juga yang masih kebingungan dan sering kali gagal dalam menjodohkanya. Maka dari itu pada artikel kali ini akan saya berikan sedikit informasi mengenai penyebab kenari sulit berjodoh:

Baca juga >> cara menjodohkan kenari

1. Kenari belum masuk umur produksi

Kadang ada juga yang kurang memperhatikan umur burung kenari yang mau dijodohkan. Padahal kenari yang mau dijodohkan harus masuk umur siap produksi terlebih dahulu. Umur kenari yang siap produksi adalah Jantan lebih dari 8 bulan ke atas dan betina lebih dari 6 bulan keatas {kenari lokal}. Meskipun pada beberapa kasus pernah terjadi penjodohan burung kenari pada umur 5 bulan, namun umur yang lebih baik diatas 6 bulan {betina} dan 8 bulan {jantan}.

2. Jenis kenari yang mau dijodohkan

Meskipun banyak yang berhasil menjodohkan kenari besar {f2, yorkshire} dengan kenari kecil {AF,lokal} namun lebih banyak yang gagal ketika mereka menjodohkan antara kenari besar dengan kenari kecil. Jika anda ingin memulai bisnis kenari, maka ketika menjodohkan pilihlah kenari yang sama jenisnya saja. Misalnya kenari lokal dijodohkan denga kenari lokal, kenari yorkshire dengan kenari yorkshire, dan lain sebagainya.

3. perbedaan umur kenari jantan dan betina

Berbedaan umur antara jantan dan betina juga menjadi peran penting dalam penjodohan. Kenari dengan perbedaan umur yang jauh bisa menjadi penyebab kegagalan dalm proses menjodohkan kenari. Misalnya betina umur 2 th, akan dijodohkan dengan pejantan umur 6 bulan. Akan lebih mudah jika kita menjodohkan kenari misal pejantan umur 8 bulan dan betina umur 6 bulan, selisih sedikit perbedaan umurnya.

4. Riwayat perkawinan

Yang dimaksud riwayat perkawinan disini adalah, kenari jntan sudah pernah kawin {pejantan} dan kenari betina belum pernah kawin {tembean}. Hal berikut ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita, meskipun bisa berjodoh namun harus memerlukan kesabaran yang ekstra.

Itulah 4 penyebab kenari yang sukar untuk dijodohkan, semoga informasi diatas bisa membantu...

Baca juga>> cara menjodohkan kenari



No comments:

Post a Comment