Friday 13 May 2016

2 Cara beternak burung kenari untuk pemula

Burung kenari merupakan burung hias dengan berbagai keunikan baik suara maupun warna bulunya yang beraneka ragam, burung yang satu ini meskipun postur tubuhnya kecil namun sura yang dikicaukanya tidak seperti postur tubuhnya. Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu. {wikipedia.org}

cara ternak kenari


Sedangkan diIndonesia sendiri talah didatangkan burung tersebut dari negara belanda, dan akhirnya diIndonesia menjadi populer sehingga banyak masyarakat yang menyukai burung ini. Ditahun kemari 2014-2015 burung yang satu ini memiliki harga yang fantastic, sehingga banyak peternak yang berlomba-lomba untuk beternak burung kenari untuk usaha sampingan, banyak pula yang beternak untuk penghasilan utama.

Banyaknya peternak dari hari kehari yang semakin bertambah sehingga membuat kebutuhan dipasaran pun melebihi permintaan konsumen, akibatnya harga yang dulunya dikisaran 150 ribu - 200 ribu untuk kenari lokal anakan /ekor, sekarang anjlok dikisran harga 30 ribu - 40 ribu /ekor th 2016.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah meskipun harganya anjlok kita tidak perlu khawatir, sebab harga pakan burung tersebut relatif murah, sehingga meskipun harganya murah kita masih bisa mendapatkan untung dari beternak kenari tersebut, selain itu ada alternatif/cara lain yang bisa kita lakukan supaya bisa mendapatkan utung yang lebih besar.

Cara lain tersebut adalah memaster burung kenari yang kita pelihara, burung kenari anakan saja jika kita master/kasih suara isian burung blactroot semula yang harga jualnya hanya 100-150 ribu bisa menjadi 350-400 ribu rupiah jika pemasteran tersebut berhasil. Jadi kesimpulanya, beternak kenari itu menguntungkan meskipun harganya yang relatif murah.


Cara beternak burung kenari untuk pemula


1. Persiapan


- Rencana membeli kenari

Ada 2 rencana yang bisa kita pilih disaat membeli kenari, mau membeli kenari siap kawin atau mau memulai beternak kenari dari anakan. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika memulai beternak kenari dari siapan kelebihanya adalah waktu yang dibutuhkan untuk kenari bertelur relatif cepat namun kekuranganya harganya relatif mahal.

Sedangkan jika memulai dari anakan kelebihanya adalah harganya yang relatif murah namun kelemahanya waktu yang dibutuhkan untk sampai masa produksi relatif lama. Itu semua tergantung pilihan masing-masing seseorang.

- Menetukan kenari apa yang mau diternak

Saat ini sudah banyak jenis kenari yang diternak. kita bisa tentukan mana yang mau dibeli, apakah jenis AF, seri F dari yorkshire (YS), RI, YS lokal,lokal, dan sebagainya. Anda bisa sekalian mencari info berapa harganya melalui teman, melalui survey harga pasar, dan lain sebagainya. Dan anda bisa membelinya dimana saja, namun disarankan membeli kenari melalui peternak langsung.

- Persiapan tempat beternak


Sebelum membeli burung kenari persiapkan dulu tempat yang akan kita gunakan untuk beternak, jangan malah kebingungan ketika kita membeli burung namun belum menyiapkan tempat untuk beternaknya. Siapkan tempat yang jauh dari hewan pemangsa, tikus, cicak, ataupun kucing.

2. Perawatan

Setelah persiapan kita siapkan maka langkah selanjutnya adalah proses perawatan, karena kenari memerlukan perawatan seperti penjemuran, pemandian dan proses penjodohan.

- pemberian pakan

Kenari merupakan burung dari jenis burung pipiy yang makanan utamanya adalah bijian seperti biji kenari, otek, biji sawi dan lain sebagainya. Didalam beternak yang harus diperhatikan disini adalah porsi pemberian pakanya, jangan berlebihan didalam memberi pakan kenari, karena ditakutkan kenari tersebut menjadi gemuk, jika kenari gemuk maka akan malas berkicau dan sukar untuk birahi.

Selain akan bijian, kita juga harus memberinya pakan tambhan seperti telur puyuh rebus, sayuran, dan buah. Sayur yang baik berupa sawi, ceme, dan mentimun, sedangkan buah yang baik yang sering diberikan adalah buah apel dan buah peer.

- Memandikan dan penjemuran

memandikan serta menjemur burung kenari bertujuan untuk menghilangkan kutu dan membasmi bakteri-bakteri yang ada dikandang. Selain itu burung yang rutin dimandikan dan dijemur akan semakin sehat dibandingkan dengan burung yang jarang dimandikan.
Proses memandikan dan menjemur burung kenari sebaiknya dilakukan tidak lebih dari jam 10. Karena setelah jam 10 terik matahari sudah mulai panas.

3. Penjodohan

Jika kita memilih bisnis kenari untuk diternakkan maka proses penjodohan harus kita pelajari agar kenari yang kita pelihara cepat menuai hasil seperti yang kita harapkan. Untu tahap cara menjodohkan burung kenari hal pertama yang harus kita ketahui adalah, apakah kenari yang mau kita jodohkan tersebut sudah masuk usia produksi/usia kawin?

Usia produksi burung kenari tidak sama, maksutnya antara jenis kenari kecil seperti lokal dengan jenis kenari besar seperti yorkshire berbeda. Untuk kenari lokal usia produksi/siap kawin dikisaran usia 6 bulan {betina}, dan dikisaran 8 bulan untuk kenari jantan, sedangan kenari besar seperti f1, f2 dan yorksire usia produksi betina dikisaran umur 9-10 bulan dan jantan mulai siap kawin dikisaran umur 1 tahun.

Langkah selanjutnya didalam proses menjodohkan burung kenari adalah, ketika sudah masuk usia produksi antara jantan dan betina maka dekatkanlah kedua burung tersebut. Dengan mendekatkan kedua sangkar burung kenari yang mau kita jodohkan maka mereka akan saling mengenal, stelah keduanya saling mengenal dan menunjukkan tanda-tanda sperti saling meloloh, tidur saling berdekatan, dan sibetina memanggil-manggil sijantan maka segeralah mencampurkan kedua kenari tersebut.
untuk lebih jelasnya mengenai cara menjodohkan kenari bisa anda lihat pada artikel sebelumnya>> cara menjodohkan kenari yang baik..


Itulah sedikit gambaran singkat didalam beternak kenari yang dapat anda praktekkan sendiri, untung tidaknya usaha beternak kenari yang anda jalani tergantung dari ketelatenan, dan kesabarab kita masing-masing. Sekian dan semoga bermanfaat..

Baca juga: cara membuat pakan sapi fermentasi





No comments:

Post a Comment