Wednesday 26 October 2016

Makanan sehat untuk menambah berat badan

Memiliki tubuh yang kurus dan ingin mendapatkan tubuh yang gemuk/ideal banyak sekali cara yang dapat kita lakukan, menambah porsi makan, selalu olahraga, selalu makan cemilan dan lain sebagainya. Tidak sedkit pula diinternet mengenai cara menggemukkan badan yang disampaikan oleh beberapa ahli medis diantaranya seperti yang telah dijelaskan tadi.

Untuk mendapatkan badan yang gemuk pasti yang terpikirkan oleh banyak orang adalah menambah porsi makan, menambah porsi makan dan memperbanyak makan cemilah supaya berat badanya bisa bertambah sehingga tidak kelihatan kurus. Memang dibenarkan jika kita memiliki badan kurus dan ingin menggemukkanya disarankan untuk menambah porsi makan, namun yang jadi pertanyaan disini adalah apakah makanan yang dimakan untuk menambah berat badan menyehatkan??

Karena sebelum anda menambah porsi makan atau memperbanyak makan cemilan, perlu anda ketahui terlebih dahulu apakah makanan yang anda makan tersebut menyehatkan, karena setiap makanan mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda, ada yang baik untuk kesehatan meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dan ada juga yang dapat memicu datangnya penyeakit jika dikonsumsi terlalu banyak. Maka dari itu artikel ini saya tulis untuk memberikan informasi mengenai makanan sehat untuk menambah berat badan.



Makanan sehat untuk menambah berat badan

Macam macam makanan sehat menambah berat badan



1. Roti gandum atau oatmeal
Roti yang dibuat dari gandum atau oatmeal salah satu makanan yang direkomendasikan para dokter yang dapat anda manfaatkan untuk cemilan sehat menambah berat badan. Seperti yang diketaui bahwa gandum mengandung serat tinggi dan juga fiber yang berperan sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu gandum juga mempunyai kandungan karbohidarat yang dapat membantu menghasilkan energi unttuk beraktifitas.

2.Jagung rebus

Selain memiliki rasa yang lezat jagung rebus juga mengandung banyak energi sebesar 105 kilokalori, protein 2,6 gram, karbohidrat 21,1 gram, lemak 1,1 gram dari 60 gram jagung rebus yang diteliti. Selain 4 kandungan tersebut masih banyak kandungan nutrisi yang dimilikinya sehingga bisa kita jadikan makanan untuk menambah berat badan.

3. Keju

Keju merupakan bahan makanan untuk pendampin makanan yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap, kerena keju sendiri bahan dasar pembuatanya dari susu. Anda bisa mengkonsumsi keju secara langsung, bisa juga dicampurkan sebagai isi makanan seperti roti atau yang lainya. Keju dipercaya dapat membantu anda untuk menambah berat badan, karena keju mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti  Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A,B1,C.

4. Daging merah dan daging ayam tanpa kulit
Segala jenis daging mempunyai kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti menghasilkan tenaga, memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya. Bagi anda yang menginginkan tubuh gemuk jangan sampai ketinggalan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging, dan yang harus digaris bawahi adalah cara pengolahanya, hindari pengolahan digoreng dengan banyak minyak, pokonya hindari penggunaan minyak secara berlebihan ketika memasaknya.


5. Kentang

Kentang merupkan makanan yang kaya akan karbohidrat, tidak hanya itu saja kentang juga mengandung asam amino glutamin dan arginin yang mempunyai peran dalam meningkatkan berat badan. Jika anda ingin menambah berat badan agar telihat ideal jangan lupa untuk mencantumkan kentang kedalam daftar makanan agar cepat gemuk anda.

6. Telur rebus

Telur adalah makanan sumber protein terbaik, didalam 100 gram telur mengandung sebanyak 13 gram protein. Selain itu kandungan lain yang terdapat pada telur adalah vitamin A dan Vitamin B12 dan masih banyak kandunagan lainya yang baik untuk kesehatan tubuh. Pengolahan telur yang baik adalah dengan direbus atau didadar dengan sedikit minyak.

7. Susu rendah lemak

Menurut pendapat para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi susu secara teratur dapat membantu menambah berat badan anda. Karena susu banyak mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin D dan juga nutrisi-nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Susu yang dapat kita konsumsi adalah susu sapi, susu kedelai atau susu yang lainya, asalkan produk susu tersebut sudah terdaftar oleh BPOM RI {badan pengawasan obat dan makanan republik Indonesia}.


Selain tujuh makanan diatas masih banyak makanan lain yang sehat dan dapat kita jadikan  makanan harian untuk menambah berat badan, makanan tersebut antara lain singkong rebus, jus, yoghrut, kacang kacangan, buah, dan sayuran. Itulah beberapa makanan sehat penambah berat badan yang dpat anda konsumsi sehari-hari, namun yang perlu diingat tidak hanya makan saja, untuk menambah berat badan kita juga harus olahrga secara teratur, tidur cukup, hindari stress, dan minum banyak air putih.

baca juga: cara-mendekorasi-ruang-tamu-agar-terasa

No comments:

Post a Comment