Monday 24 October 2016

Penyebab badan kurus yang harus kita sadari

Mempunyai badan yang kurus merupakan masalah tersendiri bagi beberapa orang karena dengan badan yang kurus tersebut kita akan merasakan kurang percaya diri, dapat memicu berbagai penyakit dan masalah lainya. Meskipun badan yang kurus identik dengan tubuh yang seksi namun jika terlihat kurus kering/tidak berisi maka akan kelihatan seperti kurang gizi.


penyebab badan kurus


Bagi anda yang memiliki badan kurus pasti akan berpikir-pikir kenapa bisa begitu, padahal porsi makan juga sudah banyak, tidur juga teratur, tapi kok badanya masih saja kurus. Perlu anda ketahui bahwa badan kurus tidak selamanya terjadi jika kita kurang makan/selalu makan dengan porsi sedikit, namun masih banyak beberapa penyebab badan kurus/susah gemuk yang harus kita ketahui.


Beberapa penyebab badan kurus



1. Faktor genetik/keturunan


Faktor gen merupakan salah satu penyebab badan kurus yang umum terjadi, apabila kedua orangtua mempunyai postur tubuh kurus maka postur tubuh kurus tersebut akan menurun keanak-anaknya. Jadi kita tidak usah heran jika ada orang tua mempunyai postur tubuh kurus dan anak-anaknya juga ikut-ikuta kurus.

2. Kurangnya asupan gizi

Gizi merupakan kandungan yang sangat diperlukan untuk tubuh kita, baik untuk masa pertumbuhan, untuk kecerdasan, maupun untuk kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Asupan gizi berupa kandungan-kandungan yang bermanfaat seperti vitamin, protein, mineral, posfor dan lain sebagainya sangat diperlukan oleh organ tubuh kita supaya bisa bekerja dengan baik. Banyangkan saja jika tubuh kita kekurangan beberapa kandungan penting seperti diatas maka dapat menjadikan tubuh kita tidak sehat sehingga mengakibatkan berat badan turun.


3. Jarang Berolahraga

Banyak yang berpikir bahwa olahraga merupakan aktifitas yang dapat mnguruskan tubuh kita, ya memang benar seperti itiu apabila kita mempunyai tubuh yang gemuk dengan sering berolahraga maka lama-kelamaan akan menjadi kurus, karena lemak tubuh akan terbakar dengan olahraga tersebut. Namun apabila kita sudah mempunyai tubuh yang kurus dan tidak pernah olahraga maka tubuh yang kita miliki akan sulit bertambah berat badannya, karena otot-otot dalam tubuh akan kendor. Sebaliknya jika kita selalu berolahraga maka otot-otot dalam tubuh akan menjadi kencang dan massanya akan bertambah sehingga berat badan pun juga ikut bertambah dan tubuh kelihatan berisi.

4. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab badan menjadi kurus, yang dimaksut gaya hidup yang tidak sehat seperti tidur tidak teratur, makan tidak teratur, sering bergadang dan lain-lain. Karena gaya hidup tersebut dapat membuat tubuh kita tidak stabil untuk beradaptasi, karena kadang begini, kadang begitu dan seterusnya. Maka dari itu hindarilah gaya hidup yang tidak sehat seperti yang telah dijelaskan, dengan begitu berat badan kita akan ideal.

5. Merokok dan terlalu banyak minum kopi

Kenapa rokok dan kopi berhungan dengan berat badan kurus? Karena roko dan kopi mempunyai zat yang dapat menghilangkan nafsu makan seseorang, maka apabila kita sering minum kopi dan merokok dapat membuat nafsu makan berkurang sehingga makan akan tersa malas, dengan situasi sperti itu dan terjadi berulang-ulang bisa dipastikan tubuh kita susah menjadi gemuk.Untuk itu jika ingin minum kopi sebaiknya 4 jam-5 jam sebelum kita makan.

6. Kerja terlalu keras/terforsir

Dalam sehari tubuh kita membutuhkan asaupan kalori dari makanan yang dimakan, dan akan membuang kalori untuk beraktiftas. Apabila kalori yang kita makan lebih sedikit dengan kalori yang dibuang dampaknya dapat membuat tubuh menjadi kurus. Salah satu contohnya adalah kerja terlalu keras/terforsir, dengan kebiasaan seperti itu tentunya kita juga membutuhkan makanan yang lebih, apabila makanan lebih yang dimaksut tersebut tidak tercukupi maka tubuh akan mengambilnya dari lemak/daging untuk dijadikan energi.

7. Konsumsi alkohol berlebihan

Mengkonsumsi alkohol juga bukan lagi sebuah rahasia umum yang merupakan badan susah gemuk dan salah satu penyebab badan kurus. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada minuman alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, jauhi mengkonsumsi minuman beralkohol.

8. Penyakit

Penyakit merupakan momok yang menakutkan bagi siapapun, entah orang kaya, sedang, anak-anak, dewasa dan lain sebagainya dapat terserang penyakit apabila gaya hidup yang kuarang sehat sering dilakukan. Selain itu menurut para ahli medis ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan badan menjadi kurus.

Itulah beberapa penyebab badan kurus yang harus kita ketahui, dengan pola hidup sehat, makan bergizi, rutin berolahraga, dan menjauhi kebiasaan buruk seperti rokok dan minuman beralkohol pasti kita akan terjauh dari penyakit dan mempunyai berat badan ideal.

baca juga: khasiat madu untuk menambah berat badan

No comments:

Post a Comment